Minum Air di Dalam Botol Plastik yang Diisi Ulang, Bahaya Nggak Sih?

Jumat, 14 Februari 2020 | 09:30 WIB Penulis :


Botol air minum kemasan, boleh diisi ulang nggak sih mom?

Kita simak penjelasan berikut yuk mom.

Sebagian dari kita tidak berpikir dua kali untuk mengisi ulang air minum di botol plastik. Meski hal ini bertujuan untuk mengurangi limbah, tapi nyatanya menggunakan botol plastik untuk yang kedua kalinya bisa berbahaya bagi kesehatan lho!

Dikutip dari Aol, bahan kimia yang digunakan untuk mengeraskan plastik, yaitu Bisphenol A (BPA) akan mudah larut di dalam air. Hal ini dapat menyebabkan bakteri mudah tumbuh di dalam botol.

Dalam sebuah penelitian terhadap 259 botol plastik yang berada di University of New York, para peneliti menemukan bahwa 93 persen botol tersebut terkontaminasi mikroplastik.

Botol plastik sekali pakai yang umumnya berada di pasaran sebagian besar terbuat dari polietilen tereftalat (PET) dan aman digunakan. Namun akan menjadi berbahaya bila digunakan kembali, lantaran bahan kimia yang terkandung dalam plastik ini dapat larut bila dipanaskan atau tergores.

"Hal tentang botol minum adalah bahwa semua wadah minuman itu bersentuhan dengan mulut dan tangan kita, yang merupakan rumah bagi para kuman," kata Profesor Stephanie Liberatore, di dalam jurnal akademik The Science Teacher.

"Lubang botol yang kecil dan sulit dibersihkan ini, ditambah lagi dengan suhu ruangan yang lembab, membuat botol air plastik menjadi tempat berkembang biaknya para bakteri," lanjutnya.

Oleh karena itu lebih dianjurkan untuk menggunakan botol minum yang tidak terbuat dari plastik. Misalnya terbuat dari kaca atau stainless steel, karena lebih aman untuk digunakan secara berulang-ulang.

 

Source : health.detik.com

Artikel Lainnya

Pola tidur adalah salah satu aspek krusial dalam tumbuh kembang anak. Untuk itu setting atau pengaturannya sudah harus diterapkan pada anak sejak dini. Penelitian terbaru yang dilakukan Pennsylvani...

Banyak larangan dan pantangan yang biasanya disarankan orang pada ibu hamil. Salah satunya ibu hamil dilarang minum air es karena nanti bayinya akan lahir besar, apakah hal tersebut benar? Ditegask...

Yuk, Moms cari tahu dulu penyebabnya! Moms yang sudah memiliki bayi, pasti tahu bahwa kulit bayi sangat sensitif dan rentan terhadap berbagai masalah kulit. Bahkan kulit bayi yang baru la...

Penyakit celiac adalah suatu kondisi di mana seseorang intoleran terhadap gluten seumur hidupnya. Gluten adalah protein yang ditemukan dalam sereal seperti gandum, oat, barley, rye dan beberapa makana...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................