Diaper Vs Clodi, Mana Yang Lebih Baik?

Senin, 15 Januari 2024 | 15:59 WIB Penulis :


Pilihan popok bayi kini kian banyak ragamnya. Selain popok sekali pakai atau yang sering disebut pospak, Anda juga bisa memilih clodi atau cloth diaper sebagai alternatif.

Clodi adalah popok kain yang bisa dipakai berulang kali oleh anak. Ya, karena bisa dipakai berulang kali, beberapa tahun belakangan, tampaknya banyak ibu yang beralih dari penggunaan pospak ke clodi.

Tapi sebenarnya, manakah yang lebih baik untuk bayi, pakai pospak atau clodi, ya?

Mengutip What to Expect, penggunaan clodi dan pospak sebenarnya sama-sama aman digunakan bayi. Yang perlu Anda perhatikan adalah rutinitas untuk mengganti popoknya.

Banyak produk popok sekali pakai yang mempromosikan produknya bisa dipakai selama 8 hingga 10 jam. Tapi sebaiknya, Anda sering mengecek kondisi popok si kecil tiap 2-3 jam sekali ya, Moms.

Popok yang sudah penuh--baik pospak ataupun clodi, harus segera diganti. Jika dibiarkan terlalu lama, maka bisa membuat kulit di sekitar paha dan kemaluan bayi lembap dan sulit bernapas. Akibatnya, kotoran pun akan menumpuk dan menyebabkan kulit bayi iritasi dan gatal-gatal.

Perhatikan pula reaksi penggunaan popok pada anak. Ya Moms, beberapa bahan popok, baik pospak ataupun clodi, mungkin tidak cocok di kulit bayi, sehingga bisa saja menimbulkan ruam popok. Jika sudah begitu, Anda harus mencari popok baru yang cocok dengan kulitnya.

Nah Moms, untuk memudahkan Anda memilih antara popok sekali pakai atau clodi, berikut kelebihan dan kekurangan keduanya.

 

Popok Sekali Pakai

Kelebihan:

  • Daya serap lebih tinggi, sehingga lebih aman dari kebocoran

  • Lebih praktis digunakan, karena setelah popok penuh bisa langsung dibuang

  • Lebih banyak pilihan ukuran untuk anak

  • Mudah ditemukan, bahkan di minimarket dekat rumah

Kekurangan

  • Bahan kimia seperti dioxin atau pewarna gel pada popok bisa menyebabkan beberapa bayi alergi

  • Jika ditarik terlalu keras, popok sekali pakai mudah sekali robek

  • Tidak ramah lingkungan. Popok bayi merupakan salah satu sampah yang sulit terurai, sehingga banyak menumpuk di tempat pembuangan akhir.

  • Lebih sulit untuk mengajarkan anak toilet training, karena daya serap pospak tinggi sehingga membuat anak nyaman untuk buang air di dalamnya.

Clodi

Kelebihan

  • Menghemat pengeluaran, karena popok jenis ini bisa dipakai berulang kali.

  • Tidak perlu khawatir dengan kandungan kimia seperti yang ada pada popok sekali pakai.

  • Ramah lingkungan karena tidak menghasilkan sampah.

  • Lebih mudah mengajarkan anak toilet training karena popok jenis ini punya daya serap yang rendah, sehingga bisa membuat anak tidak nyaman dan akhirnya mau pergi ke toilet untuk buang air.

 

Kekurangan

  • Tumpukan cucian yang lebih banyak. Anda harus rajin mencuci clodi agar bisa digunakan kembali.

  • Lebih mudah bocor, karena daya serap yang rendah.

  • Jika bepergian, barang bawaan jadi lebih banyak. Sebab, penggunaan clodi dalam sehari tentu lebih banyak dibanding menggunakan popok sekali pakai.

  • Bagi beberapa bayi, penggunaan clodi bisa jadi lebih berisiko menimbulkan ruam popok ketimbang pospak.

Nah Moms, bagaimana dengan Anda? Lebih pilih pospak atau clodi untuk bayi kecil tercinta?

 

Source : https://kumparan.com/kumparanmom

Artikel Lainnya

Bunda pasti setuju jika makan sayur dan buah sehat untuk tubuh. Tapi jangan lupa, perlu cara khusus lho agar bahan makanan tersebut higienis dari pestisida dan kamu tetap dapat menikmati manfaatnya. N...

Anak suka sekali mengemut makanannya. Untuk menuntaskan sepiring nasi beserta lauk, ia butuh waktu lebih dari dua jam! Bukan tanpa alasan anak suka mengemut makanann...

Sensory play adalah aktivitas yang melibatkan indera bayi, termasuk indera penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, dan sentuhan.   Selain itu, sensory play jug...

Pernahkah Anda mendapati hasil testpack positif tapi tidak hamil? Hmm, kok bisa ya? Testpack biasanya digunakan oleh para wanita untuk mengetahui adanya kemungkinan kehamilan atau tidak. Pengecekan in...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................