Lindungi Bayi Anda dari Virus Corona

Kamis, 05 Maret 2020 | 16:09 WIB Penulis :


Virus Corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 merupakan jenis virus baru yang berasal dari hewan, yaitu kelelawar. Virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, Tiongkok ini juga dapat menular antarmanusia melalui percikan air liur atau dahak yang dikeluarkan saat penderita COVID-19 batuk atau bersin.

Virus Corona lebih mudah menyerang dan menyebabkan komplikasi yang fatal pada orang yang daya tahan tubuhnya lemah, seperti lansia atau orang yang kekurangan gizi. Meski begitu, risiko infeksi virus Corona pada orang dewasa, ibu hamil, dan anak-anak juga tidak bisa diremehkan, apalagi jika infeksi virus Corona terjadi pada bayi.

Mengenali Gejala Virus Corona pada Bayi

Gejala infeksi virus Corona bisa berbeda-beda pada setiap orang. Sebagian penderita COVID-19 menunjukkan gejala yang ringan atau mirip gejala flu, tapi ada juga penderita yang mengalami gejala berat akibat pneumonia. Gejala ini dapat muncul dalam waktu 2–14 hari setelah terpapar virus Corona.

Gejala infeksi virus Corona pada bayi sedikit berbeda dengan gejala yang muncul pada orang dewasa. Pada bayi, infeksi virus Corona dapat menyebabkan:

  • Demam
  • Batuk
  • Sesak napas
  • Kurang mau menyusu atau minum
  • Lemas dan kurang aktif
  • Diare

Cara Mencegah Virus Corona pada Bayi

Hingga saat ini, belum ditemukan obat atau vaksin yang dapat mengobati atau mencegah infeksi virus Corona. Namun, ada berbagai langkah yang bisa Bunda dan Ayah lakukan untuk melindungi Si Kecil dari virus Corona, yaitu:

  • Rutin berikan Si Kecil ASI, karena ASI mengandung banyak nutrisi dan antibodi yang dapat melindungi bayi dari beragam penyakit dan infeksi.
  • Jauhkan Si Kecil dari orang yang sedang sakit, terutama yang sedang terinfeksi virus Corona.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer selama 20 detik sebelum menyentuh, menggendong, menyusui, atau memberi makan Si Kecil.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk atau bersin, lalu segera buang tisu dan cuci tangan.
  • Gunakan masker apabila sedang batuk atau pilek.

Bunda atau Ayah perlu segera membawa Si Kecil ke dokter jika ia terlihat mengalami gejala infeksi virus Corona, terutama jika ada riwayat kontak dengan orang yang terinfeksi virus Corona atau bepergian ke daerah yang mengalami wabah COVID-19 dalam waktu 2 minggu terakhir.

Jika ragu apakah gejala yang dialami Si Kecil mengarah pada infeksi virus Corona atau tidak, Mom bisa langsung membawa si kecil ke rumah sakit ya mom. 

Sumber : Alodokter

Artikel Lainnya

Nasi menjadi salah satu makanan pokok di Indonesia. Hanya saja, beberapa anak bisa menunjukkan ketidaktertarikannya saat diberi makan nasi. Tak pelak, ayah dan bunda pun dibuat khawatir olehnya. So...

Miliaria merupakan salah satu masalah kulit yang sering dijumpai pada bayi dan anak. Hal ini ditandai bintil-bintil kecil berwarna merah yang kadang-kadang berisi air, disertai atau tidak kulit yang t...

Cara yang tepat menyimpan sayuran, supaya tetap terjamin kualitasnya saat akan dikonsumsi keluarga Bunda : Dikemas Ulang Sayuran yang berdaun seperti kangkung atau bayam dan cenderung mudah...

Banyak faktor yang memengaruhi kesuburan, salah satunya berat badan. Kelebihan berat badan adalah masalah besar jika Anda mencoba untuk hamil. Banyak wanita berlomba menurunkan berat badan, ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................