Tips untuk Mom Berpuasa dan ASI tetap Lancar

Jumat, 08 Mei 2020 | 12:54 WIB Penulis :


Meski diperbolehkan untuk tidak berpuasa saat menyusui, nyatanya banyak mom yang rindu ingin menjalankan ibadah puasa di bulan suci. Lalu bagaimana caranya mom menyusui puasa tetapi ASI bisa tetap lancar?

 

1. Perhatikan Asupan Saat Sahur


Sebelum menjalani ibadah puasa hingga adzan magrib berkumandang, umumnya umat muslim akan menjalani sahur. Pada saat ini, penting bagi Anda memerhatikan apa saja yang baik untuk Anda konsumsi. Karena makanan dan cairan yang Anda konsumsi saat sahur merupakan cadangan nutrisi dan kalori selama menjalankan ibadah puasa. Untuk itu, sahur sangatlah penting. Adapun pilihan makanan yang baik untuk ibu menyusui antara lain adalah brokoli, bayam, katuk, telur, ikan salmon, daging tanpa lemak, dan kacang merah. Ibu menyusui juga bisa menambahkan suplemen vitamin D saat sahur yang dikenal bagus untuk ibu menyusui.

 

2. Cegah Dehidrasi

Puasa bagi ibu menyusui memang tidak berbahaya. Tapi, dehidrasi saat menyusui bisa berbahaya. Jika ibu menyusui mengalami gejala dehidrasi, seperti merasa haus, pusing, lemas, lelah, mulut kering dan lainnya, disarankan segera membatalkan puasa dengan mengonsumsi air atau cairan yang mengandung elektrolit untuk merehidrasi tubuh. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi cairan secukupnya ketika sahur dan juga berbuka puasa untuk menggantikan cairan yang hilang saat berpuasa. Ibu menyusui juga disarankan minum lebih banyak pada saat sahur, meski nutrisi dan kalori juga tidak kalah penting.

 

3. Cukup istirahat

Saat berpuasa, mom menyusui harus istirahat cukup dan tetap rileks. Bila mom merasa lemas saat berpuasa, cobalah untuk istirahat sejenak.

 

4. Tetap disiplin perah dan menyusui

Salah satu ketakutan terbesar para mom menyusui berpuasa adalah ASI yang tidak lancar. Prinsip ASI tetaplah sama :Supply by demand.

Artinya semakin sering payudara mom diisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi, bila selama puasa mom tetap rajin menyusui dan memerah maka ASI akan tetap lancar.

 

5. Jangan memaksakan puasa bila busui tidak sanggup

Mom adalah orang yang paling memahami kondisi tubuh mom maupun bayi. Bila merasa tidak sanggup menjalankan ibadah puasa, jangan memaksakan diri.

 

Bagaimanapun, puasa bagi mom menyusui dapat digantikan dengan fidyah maupun puasa di hari hari lainnya.

Ingat, karena kondisi setiap mom dan bayi berbeda, sebaiknya mom berkonsultasi dulu dengan dokter. Bila kondisi memungkinkan, dokter pasti akan mendukung mom untuk berpuasa.

 

Selamat menjalankan ibadah puasa, mom..

 

Source : Theasianparent & Alodokter.com

Artikel Lainnya

1. Bingung puting Penggunaan dot atau empeng dapat menimbulkan bingung puting, yaitu keadaan di mana bayi tidak mau menyusu lagi ke payudara ibu karena mekanisme hisapan yang berbeda antara menghis...

1. Berikan ASI dan biarkan bayi bersendawa Menyusui dapat menjadi salah satu cara mengatasi cegukan bayi Anda. Gerakan menyusui dapat membantu diafragma anak Anda menjadi lebih rileks dan menghenti...

Sebagai Bunda tentunya ini adalah tantangan sehari-hari yang dialami dalam membesarkan si Kecil. Meskipun sudah berusaha memberi makanan yang terbaik dan mengolahnya sendiri, pasti ini sering jadi per...

Sejak lahir hingga usianya mencapai enam bulan, ASI disarankan sebagai satu-satunya makanan bagi si Kecil. Bahkan beberapa saat setelah dilahirkan pun Mama sebaiknya segera melakukan IMD atau ini...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................