Waktu yang Tepat untuk Menyapih Anak dari ASI?

Selasa, 16 Juni 2020 | 16:36 WIB Penulis :


Memilih untuk menyusui bayi adalah pilhan personal, begitu juga dengan pilihan kapan untuk berhenti. Mom sendiri yang dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk menyapih anak.

Kebanyakan para konsultan menyusui merekomendasikan para ibu untuk menyapih anak secara bertahap. Dan sebaiknya membiarkan anak memimpin proses penyapihannya atau biasa disebut child-led weaning.

Penyapihan mendadak dapat menjadi hal yang traumatis bagi anak, juga akan membuat bunda tidak nyaman. Umumnya bati tidak akan memilih untuk berpisah dari payudara sebelum usia 1 tahun.

Kurangnya minat menyusui lebih awal dari itu bisa berarti anak sedang mengalami mogok menyusui (nursing strike), atau penolakan sementara untuk menyusui. Biasanya karena bayi sedang berkonsentrasi pada pengembangan ketrampilan baru yang menyita minatnya sementara waktu.

Kebanyakan bayi dibawah usia 9 bulan yang mengalami hal tersebut, akan kembali menyusu dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Ketika anak tidak kunjung untuk menyapih dirinya sendiri, mom mungkin berpikir kapan sebaiknya berhenti menyusuinya.

American Academy of pediatrics (AAP) merekomendasikan pemberian ASI ekslusif selam 6 bulan pertama, kemudian secara bertahap memperkenalkan makanan padat sambil terus menyusui selama setidaknya enam bulan lagi (sampai usia 1 tahun). Dan setelah itu selama yang bunda dan si kecil inginkan.

Selain itu World Health Organization (WHO) menyarankan ibu menysui bayinya setidaknya  hingga usia 2 tahun.

Source: id.theasianparent.com

Artikel Lainnya

Virus Corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 merupakan jenis virus baru yang berasal dari hewan, yaitu kelelawar. Virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, Tiongkok ini juga dapat menular antarm...

Kesehatan gigi merupakan salah satu hal pada anak-anak yang sangat penting diperhatikan oleh orang tua. Sayangnya, masih banyak orang tua yang justru tak terlalu memikirkan hal tersebut dan kurang mem...

Mendengkur saat hamil dianggap wajar karena uterus dan bayi terus tumbuh dan menekan diafragma. Ini juga terjadi akibat pembengkakkan selaput lendir dan rongga hidung karena peningkatan hormon estroge...

Kulit bayi yang baru lahir cenderung masih sensitif sehingga tidak sembarang produk aman. Jangan sampai, kulit bayi mengalami iritasi. Periksalah label ingredients yang terdapat pada kemasan. Berik...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................