Amankah Penggunaan Antiseptik untuk Bayi? Boleh, Kok!

Selasa, 23 Juni 2020 | 14:36 WIB Penulis :


Para Moms yang memiliki bayi sering kali ragu ketika akan menggunakan antiseptik untuk bayi mereka. Mereka masih sangsi apakah sebenarnya antiseptik itu aman digunakan untuk bayi atau tidak. Bukan tanpa alasan, karena ada sebagian pendapat yang mengatakan bahwa antiseptik tak baik digunakan untuk si kecil. Padahal sebenarnya merasa sangat butuh bahan yang dapat digunakan untuk membasmi kuman dan bakteri yang mungkin bersarang pada mainan, telapak tangan, maupun celah-celah jari-jari kaki bayi.

Ini pastinya menjadi sebuah dilema tersendiri bari para Moms yang ingin memakaian antiseptik pada bayi mereka. Namun sebenarnya Moms tak perlu terlalu khawatir saat ingin memberikan antiseptik pada bayi. Karena sebenarnya penggunaan antiseptik untuk bayi  boleh-boleh saja asalkan tetap memperhatikan hal-hal tertentu sehingga menjadi aman. Berikut adalah hal-hal yang harus Moms perhatikan sebelum memberikan antiseptik untuk bayi:

Waktu Terbaik Penggunaan Antiseptik untuk Bayi

Sebenarnya penggunaan antiseptik untuk bayi itu boleh-boleh saja asalkan diberikan sesuai waktu-waktu tertentu yang telah ditentukan sehingga tidak menjadi berlebihan. Lalu, kapankah waktu terbaik untuk memberikan antiseptik pada bayi?

Sebelum Makan

Bagi bayi yang telah memasuki fase MPASI, pastinya Moms akan memberikan makanan tambahan pada bayi tersebut. Ada kalanya Moms ingin juga melatih si bayi untuk makan sendiri tanpa disuapi. Namun sebelumnya, untuk memastikan tangan bayi bebas dari segala macam bakteri ataupun kuman yang mungkin bersarang pada jari-jarinya, Moms perlu menggunakan bahan antiseptik. Dengan bantuan bahan antiseptik inilah Moms akan merasa tenang ketika memberikan makanan pada si kecil karena tangan mereka telah bersih dari kuman penyakit.

Setelah Bermain

Moms pasti paham benar bahwa mainan atau tempat bermain bayi bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada bayi. Untuk itulah, sehabis bermain Moms perlu memberikan antiseptik untuk bayi dengan cara membersihkan tangan dan kaki bayi agar kuman-kuman yang menempel pada jari-jari tangan dan kaki mereka tidak masuk ke tubuh si kecil.

Ketika Ingin Membersihkan Mainan si Kecil

Ketika Moms ingin membersihkan benda yang sering dipegang oleh bayi, misalkan saja mainan kesayangan mereka, Moms dapat membersihkannya dengan menggunakan antiseptik. Seperti Moms ketahui bahwa mainan dapat menjadi tempat bersarangnya berbagai kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada bayi. Ya, setelah dibersihkan dengan air, Moms dapat mengelap mainan tersebut dengan bahan antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri pembawa bibit penyakit. Jika sudah demikian, Moms pastinya akan lebih tenang ketika si kecil asyik bermain-main dengan mainan karena  telah disterilisasi dengan bahan antiseptik tersebut.

Kandungan pada Antiseptik untuk Bayi

Antiseptik sebenarnya boleh-boleh saja digunakan untuk bayi asalkan Moms juga memperhatikan kandungan yang ada dalam antiseptik tersebut. Pastikan Moms melihat bahan-bahan apa saja yang ada pada antiseptik tersebut dengan melihatnya pada tabel komposisi bahan yang ada dalam kemasan produk tersebut. Hendaknya Moms memilih antiseptik untuk bayi yang memiliki ciri-ciri kandungan bahan sebagai berikut ini:

  1. Terbuat dari bahan-bahan alami yang ampuh membasmi kuman dan bakteri pada tubuh bayi
  2. Non-alkohol, sehingga dapat digunakan pada kulit bayi yang sensitif
  3. Memiliki bahan yang telah diformulasi secara klinis
  4. Mengandung moisturizer, sehingga dapat melembutkan kulit bayi

Moms, kini Moms tak perlu khawatir saat ingin memberikan antiseptik untuk bayi karena kini banyak produk  yang mampu memberi perlindungan terbaik untuk bayi Moms. Wipes Antiseptic atau tisu antiseptik adalah salah satu produk yang dibuat khusus untuk dijadikan bahan antiseptik bagi si kecil yang mudah digunakan untuk melindungi bayi Moms dari berbagai kuman pembawa bibit penyakit.

 

 

Sumber : Kompasiana

 

Artikel Lainnya

Orang tua yang baru memiliki bayi sering merasa khawatir apakah bayi mereka terlahir dalam keadaan sehat. Apakah kebutuhan mereka tercukupi dengan baik dan apakah perilaku mereka normal...

Ketika bayi berusia sekitar enam bulan, tingkat antibodi yang diturunkan dari Moms mulai turun, yang mengubah sistem kekebalan mereka. Seiring dengan kecenderungan untuk memasukkan s...

Saat usia bayi menginjak 6 bulan, ia sudah mulai boleh mencoba makanan padat pertamanya sebagai makanan pendamping ASI atau MPASI bayi. Selain makanan pendamping ASI, perkenalkan juga cemilan ata...

Menjaga vagina agar tetap bersih dan sehat adalah suatu keharusan Ladies. Apalagi jika sudah menikah, pasti nggak mau bikin kecewa suami donk. Nah, agar kondisi vagina tetap prima anti bau dan keputih...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................