Alasan Mengapa Ukuran Perut Ibu Hamil Berbeda Satu Sama Lain

Selasa, 18 Oktober 2022 | 17:02 WIB Penulis :


Ukuran perut ibu hamil pada setiap Ibu sering dibanding-bandingkan satu sama lain. Apalagi bila usia kehamilan sudah semakin bertambah, namun perut Ibu masih juga kecil. Padahal itu tidak bisa dijadikan suatu patokan, sebab ukuran perut ibu hamil tidak berkaitan langsung dengan berat badan bayi saat dilahirkan.

Tak sedikit Ibu hamil dengan ukuran perut ibu hamil terlihat lebih besar, padahal berat badan bayinya berukuran rata-rata. Namun, ada juga ibu hamil dengan perut yang memang terlihat besar, karena sebelum hamil mungkin sudah gemuk. Nah, bila ukuran perut ibu hamil sangat besar, barulah perlu dicurigai, karena bisa saja sang ibu mengalami diabetes gestasional, yaitu diabetes yang terjadi saat hamil sehingga janin menjadi besar melebihi normal akibat terlalu banyak mendapatkan gula dari ibunya. Selain itu, kemungkinan penyebab lainnya ukuran perut ibu hamil berbeda adalah kelebihan cairan ketuban.

Ukuran perut ibu hamil bisa dibagi ke dalam 40 minggu, atau tiga trimester, sesuai dengan tingkat perkembangan janin. Biasanya pada trimester pertama, ukuran perut ibu hamil belum terlihat membesar, karena pertumbuhan janin baru beberapa sentimeter. Organ-organ penting janin mulai berkembang pada usia lima minggu. Itu sebabnya, pada trimester pertama adalah masa yang sangat penting menentukan ukuran perut ibu hamil, karena embrio berkembang menjadi ‘tubuh’ janin. Pada minggu ke-6 dan ke-7, jantung janin mulai berdetak untuk pertama kalinya, dan ukuran tubuhnya juga berkembang dua kali lipat. Pada minggu ke-9, mulai terlihat jenis kelamin janin, dan pada minggu ke-10 embrio mulai berubah menjadi janin kecil. Pada Ibu, payudara mulai membesar dan puting mulai menghitam pada minggu ke-14.

Untuk mengetahui ukuran perut ibu hamil, dokter/bidan juga akan melakukan pengukuran tinggi fundus (yakni bagian paling atas rahim) selama kehamilan untuk mendeteksi adanya berbagai kemungkinan. Dalam ukuran perut ibu hamil 1 sampai 9 bulan, tinggi fundus seharusnya sama dengan umur kehamilan. Misalnya, hamil 20 minggu = 20 cm (sampai sekitar 36-37 minggu). Angka tersebut dapat berfluktuasi 2-4 cm lebih tinggi/rendah.

Faktor-faktor Penyebab Perbedaan Ukuran Perut Ibu Hamil

Tak sedikit perut ibu hamil yang hampir tak kentara, meski usia kehamilannya sudah cukup tua dan segalanya berjalan normal, yang mungkin disebabkan oleh:

  • Hamil untuk pertama kali

    Bila otot-otot perut Ibu tidak pernah melar sebelum hamil, maka otot-otot cenderung kencang. Karenanya, janin akan melekat erat dan terletak tinggi, sehingga perut terlihat ‘kecil’. Begitu pula, pada kehamilan kedua dan seterusnya, ukuran perut ibu hamil bisa tetap terlihat kecil bila tubuh sang ibu sangat atletis dan fit sebelum kembali mengandung.

  • Posisi bayi

    Janin yang mulai bergerak dan berubah posisinya secara teratur hingga usia kehamilan minggu ke-32 sampai ke-34 juga menentukan ukuran perut ibu hamil. Ukuran perut ibu hamil mungkin bisa terlihat lebih kecil dan di suatu saat sedikit lebih besar, tergantung posisi janin. Saat hamil ‘tua’, janin akan bergerak dari satu sisi ke sisi lain, sehingga akan mengubah bentuk perut ibu.

  • Tinggi tubuh

    Bagi ibu-ibu yang bertubuh tinggi dan pinggang tinggi dan luas, punya cukup ruang bagi perkembangan janin. Perut ibu juga tampak lebih kecil karena rahim tidak terlalu terdorong ke depan

  • Rahim mendorong usus

    Rahim yang berkembang dapat mendorong usus ke atas dan ke belakang, terselip ke belakang rahim. Namun, bila usus terdorong ke sisi-sisi rahim, akan menyebabkan perut hamil terlihat lebih membulat, ‘penuh’, dan lebih besar.

Dengan demikian, bila saat ini Ibu sedang mengandung dan ukuran perut ibu hamil Ibu tidak terlalu besar, tidak perlu khawatir, yang penting Ibu dan janin dalam keadaan sehat dan perkembangan janin sesuai dengan yang semestinya. Sebab, perbedaan antara ukuran perut ibu hamil 2 bulan dan ukuran perut ibu hamil 4 bulan tak jauh berbeda. Jadi, sudah jelas ya, Bu, bagaimana ukuran perut ibu hamil bisa berbeda-beda karena beberapa faktor. Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal.

 

Source : https://www.ibudanbalita.com/

Artikel Lainnya

Ibu mungkin berpikir bahwa memberikan air putih untuk bayi bisa menjadi selingan selain ASI eksklusif. Sebagi contoh, saat bayi terbangun tengah malam tetapi persediaan ASI perah sedang kosong dan ...

Persiapkan Perlengkapan Persiapkan semua perlengkapan mandi bayi lebih dulu sebelum mulai. Berikut adalah peralatan esensial yang diperlukan. Permukaan yang datar dan aman seperti tempat tidu...

Mama sering mendengar bahwa bayi baru lahir harus menangis? Saat proses persalinan, memang tangisan bayi adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu. Lalu apa penyebab bayi menangis setelah dilahirk...

Semua Bunda berusaha agar anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Apa pun akan Bunda lakukan, mulai dari memberi stimulasi yang tepat hingga makanan terbaik yang bergizi optimal. Semua itu diberikan pada ana...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................