Bagaimana Menghilangkan Ketombe pada Bayi?

Rabu, 12 Agustus 2020 | 13:24 WIB Penulis :


Ketombe pada kepala punya nama lain yaitu cradle cap. Kondisi ini umum terjadi pada bayi dan muncul beberapa bulan pertama sejak kelahiran Si Kecil.

Biasanya, ketombe ini akan hilang dengan sendirinya setelah 6-12 bulan. Jika Si Kecil mengidap kondisi ini, ibu bisa mengikuti langkah-langkah ini guna menghilangkan ketombe pada bayi. Informasi selengkapnya bisa baca di bawah ini!

Kenapa Bayi Bisa Berketombe?

Ketombe umum ditemui di kepala bayi yang baru lahir. Belum diketahui apa yang menjadi penyebab pasti terjadinya kondisi ini pada bayi. Namun, diduga hormon berlebih yang diterima oleh bayi dari ibunya yang menjadi penyebab adanya ketombe pada kepala bayi.

Ketombe ini biasanya tidak memerlukan perawatan medis tertentu, karena akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Langkah-langkah yang bisa ibu lakukan guna menghilangkan ketombe pada bayi, antara lain:

  • Lakukan Pemijatan saat Keramas

Pengelupasan kulit pada bayi sangat umum terjadi sebagai bentuk regenerasi kulit baru. Namun, jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, kulit kepala bayi akan terkelupas dan menimbulkan ketombe. Ibu bisa aplikasikan sedikit sampo bayi dan pijat dengan lembut pada kulit kepala. Lalu saat ketombe terkelupas, bersihkan dengan sikat yang halus.

  • Perhatikan Intensitas Mandi Si Kecil

Ibu juga perlu memperhatikan intensitas mandi Si Kecil, sebaiknya ibu jangan terlalu sering memandikan bayi. Si Kecil cukup mandi dua kali sehari, karena mandi dan keramas terlalu sering bisa menyebabkan masalah pada kulit bayi. Selain itu, sampo yang digunakan pada bayi juga bisa menumpuk pada kulit kepala jika ibu tidak membilas dengan sangat bersih.

  • Berikan Baby Oil pada Kulit Kepala Bayi

Teteskan baby oil pada kulit kepala bayi dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibersihkan. Minyak ini cukup membantu mengurangi ketombe pada bayi, karena kulit kepala terhidrasi dengan baik dengan baby oil. Ketombe bahkan bisa memengaruhi bagian tubuh lain.

Oleh karena itu, ibu sebaiknya memeriksa area lipatan kulit, seperti lipatan tangan, paha, ketiak atau selangkangan. Jagalah daerah-daerah lipatan pada bayi agar tetap lembap dengan baik.

  • Pijat dengan Minyak yang Mengandung Tea Tree Oil

Tea tree oil dapat membantu mengangkat sel kulit mati tanpa menyebabkan iritasi. Pengelupasan tersebut bermanfaat untuk mencegah segala jenis penumpukan sel kulit mati pada kulit kepala yang mengakibatkan ketombe.

  • Perasan Lemon yang Dicampur dengan Sampo

Perasan lemon mengandung asam hidroksida berfungsi untuk melawan jamur pada ketombe. Selain itu, lemon juga membantu untuk meringankan gatal pada kulit kepala. Caranya adalah dengan mencampur dua sendok makan perasan lemon dengan seperempat cangkir yoghurt. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan selama 20 menit. Lalu, bilas dengan air dan sampo sampai bersih.

Jadi, ibu jangan terlalu khawatir bila melihat Si Kecil berketombe, ya! Kondisi ini bukanlah kondisi yang berbahaya dan hanya bersifat sementara.

Source: halodoc.com

 

Artikel Lainnya

American Academy of Pediatrics menyarankan para mama untuk menunda anak menonton televisi hingga usianya dua tahun.  Karena hingga usia ini, bayi membutuhkan interaksi antarmanusia, baik den...

Banyak yang bilang, makan seafood atau makanan laut bikin alergi. Padahal, sebenarnya, seafood memiliki banyak manfaat untuk keluarga dan juga tumbuh kembang anak. Yang perlu diperhatikan adalah penge...

Asam folat: Nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil dari trimester pertama untuk mendukung proses perkembangan otak janin.   Amniotik: Air ketuban, isinya sebagian besar air seni janin dan...

Saat hamil, seorang Ibu benaknya selalu diliputi dengan pertanyaan dan imajinasi. Dari pertanyaan hal apa saja yang harus dipersiapkan ketika si Kecil sudah lahir hingga bagaimana wajah si Kecil nanti...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................