Manfaat Clove Oil Pada PureKids Decongestant Oil

Rabu, 04 Agustus 2021 | 14:33 WIB Penulis :


  • Nilai Antioksidan Cengkeh

Menempati posisi kedua setelah sumac bran, bubuk cengkeh memiliki nilai ORAC sebesar 290.283 unit!

Nilai itu berarti per gram bubuk cengkeh mengandung 30x lebih banyak anti-oksidan dari blueberry yang memiliki nilai ORAC 9.621.

Seperti diketahui, antioksidan adalah molekul yang membalikkan kerusakan akibat radikal bebas yang memicu kematian sel dan kanker.

Penelitian juga menunjukkan antioksidan memperlambat penuaan, degenerasi dan melindungi tubuh terhadap bakteri jahat dan virus.

Karena nilai antioksidan dan tingkat eugenol yang tinggi, cengkeh juga dikenal sebagai herbal “pelindung” dan digunakan dalam campuran berbagai minyak esensial.

Jadi menambahkan cengkeh atau minyak cengkeh ke rezim perawatan kesehatan bisa meningkatkan tingkat antioksidan tubuh.

Jika ingin memanfaatkan minyak cengkeh untuk kesehatan, pertimbangkan mendifusikan di rumah untuk membersihkan udara, mengoleskan di gusi di sekitar gigi yang sakit, serta memasukkannya ke dalam produk perawatan pribadi buatan sendiri seperti deodoran, pembersih dan pasta gigi.

Saat mengalami pilek atau flu, campurkan minyak cengkeh dengan minyak kelapa dan oleskan pada leher dan dada untuk perlindungan antioksidan alami

 

  • Mengurangi mual

Minyak cengkeh dipercaya bisa membantu dalam mengurangi mual dan muntah. Terkadang minyak ini dapat dijadikan sebagai aromaterapi. Dalam menghentikan mual, Anda dapat mengoleskannya pada bantal atau sapu tangan untuk dihirup. Selain itu, minyak ini juga dapat menenangkan dan meredakan pusing.

Meskipun telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati peradangan, Journal of Immunotoxicology akhirnya menerbitkan studi pertama yang membuktikan bahwa eugenol dalam minyak cengkeh memang memiliki sifat anti-inflamasi kuat.

Studi menunjukkan dosis rendah eugenol dapat melindungi hati terhadap penyakit, dan bahwa eugenol juga mampu membalikkan peradangan dan oksidasi sel (yang menyebabkan penuaan).

Namun perlu hati-hati karena mengambil dosis besar secara internal dapat membahayakan lapisan pencernaan dan mengambil dosis besar secara eksternal dapat mengiritasi kulit sensitif

  • Meredakan sakit kepala

Minyak cengkeh mengandung banyak flavonoid sebagai agen antiperadangan yang dapat membantu meredakan ketegangan di pembuluh darah. Ketegangan tersebut bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala. Anda dapat mengoleskan campuran minyak cengkeh dan garam pada dahi untuk meredakan sakit kepala.

  • Mengatasi masalah pernapasan

Minyak cengkeh memiliki efek mendinginkan dan antiperadangan yang banyak digunakan untuk membersihkan saluran hidung agar lebih lega. Efek ekspektoran yang dimilikinya juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah pernapasan, seperti pilek, batuk, asma, bronkitis, dan sinusitis.

 

Source: www.bladjar.com, www.honestdocs.id, & www.sehatq.com

Artikel Lainnya

Kesibukan anak tentu bertambah setelah ia masuk sekolah. Anak harus fokus belajar di sekolah, lalu mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, les tambahan, dan mengerjakan PR. Belum lagi, ia membutu...

Gejala Konstipasi Tiap anak yang mengeluarkan feses dengan ciri-ciri kering, keras dan besar, disertai dengan rasa sakit ketika buang air besar atau terdapat darah pada kotorannya mungkin mengalami...

Menjadi orang tua baru kadang membuat Ayah dan Bunda jadi khawatir saat melakukan aktifitas bercinta. Saat sedang asik bercinta tanpa sengaja si kecil menemukan Bunda dan pasangan. Menurut seorang ter...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................