Makanan Sehat untuk Rambut anak

Jumat, 01 Oktober 2021 | 15:07 WIB Penulis :


Rambut Si Kecil terlihat tidak lebat dan sehat, Moms? Ada cara untuk mengatasinya, yaitu dengan memberikan makanan kaya nutrisi dan memiliki manfaat terhadap pertumbuhan rambut anak. Memang, faktor genetik berperan dalam membuat helai rambut tebal. Namun, menurut Lawrence Samuels, MD., Kepala Divisi Dermatologi, St. Luke's Hospital, St. Louis, AS, nutrisi yang baik sangat bermanfaat dalam merawat dan menjaga jumlah dan ukuran folikel rambut di kulit kepala. Karena itu, Anda bisa memberikan 7 makanan berikut ini untuk membuat rambut anak tumbuh lebat dan sehat.

 

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang merah, kacang hijau, beras merah, kedelai, kacang tanah, lentil, dan oat, kaya akan vitamin B, zinc, dan protein. Vitamin B memiliki fungsi utama sebagai pengantar nutrisi dan oksigen ke kulit kepala melalui sel darah merah sehingga folikel rambut ternutrisi dan rambut tetap sehat. Jadikan kacang-kacangan dan biji-bijian ini sebagai bahan utama atau campuran dalam menu makanan atau snack Si Kecil, Moms.

 

Telur

Rambut terdiri dari 70% protein keratin sehingga sangat membutuhkan asupan protein untuk membangun kembali kerusakan pada batang rambut. Satu butir telur ayam biasa memiliki kandungan 6,5 gram protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut.

 

Susu

Susu adalah makanan super untuk rambut. Selain kaya protein, susu mengandung vitamin A, B, fosfor, kalsium, magnesium, dan zinc, yang bermanfaat untuk menguatkan dan menyuburkan rambut. Mengonsumsi susu secara rutin dapat membuat rambut anak tetap lentur dan mengkilap.

 

Bayam

Bayam merupakan sayuran yang memiliki zat besi paling tinggi dibandingkan sayuran hijau lain. 100 gram bayam rebus mengandung 3,57 mg zat besi. Zat besi berperan penting dalam pertumbuhan rambut, yaitu membantu metabolisme protein dan mendorong produksi enzim serta sel darah merah, sehingga akar rambut ternutrisi baik. Menurut European Journal of Dermatology, kekurangan zat besi dapat menyebabkan kerontokan.

 

Daging

Menurut lembaga penelitian dan pengembangan Meat & Livestock Australia, Ltd., daging sapi merupakan sumber protein dengan kandungan vitamin B12, zinc dan zat besi tertinggi dibanding daging unggas dan ikan. Dalam 100 gram daging sapi terdapat 22,7 g protein, 4,2 mg zinc, 2 mg zat besi, dan 1,1 mg vitamin B12. Vitamin B12 sangat bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut nutrisi dan oksigen ke kulit kepala serta akar rambut.

 

Buah-buahan

Satu buah alpukat memiliki kandungan 2-6 mikrogram biotin, sedangkan satu cangkir raspberi mengandung 0,2-2 mikrogram biotin. Biotin adalah salah satu komponen vitamin B kompleks yang bermanfaat menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut kuat. Selain vitamin B, alpukat kaya akan vitamin E yang dapat mencegah pengaruh buruk sinar matahari terhadap rambut. Mengonsumsi buah kaya vitamin C seperti, jeruk, kiwi dan stroberi, juga dapat mendorong produksi kolagen yang menjaga pertumbuhan rambut.

 

Ikan Salmon dan Makerel

Ikan salmon dan makerel kaya asam lemak omega-3 yang mendorong pembukaan folikel rambut sehingga rambut tumbuh sehat. 

 

Source: https://motherandbeyond.id/

Artikel Lainnya

Mengetahui cara mencegah timbulnya stretch mark tentu lebih baik daripada menerapkam cara mengurangi stretch mark saat hamil. Tidak ada satu cara yang benar-benar efektif menc...

Lensa kontak atau softlens banyak digunakan oleh mereka yang mengalami gangguan penglihatan untuk membantu memperbaiki penglihatan. Selain softlens yang digunakan dengan alasan medis, ada...

Anxiety atau kecemasan ternyata tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak-anak pun berpotensi mengalami kondisi ini. Ada beberapa jenis kecemasan yang perlu Anda waspadai dan kenali gejalanya pada a...

Jika si kecil suka mengigit kuku, terkesan sepele ya Bunda ? Tapi jika terus menerus dibiarkan inilah yang akan terjadi pada si kecil : * Jadi kebiasaan buruk. Kebiasaan ini akan membuat anak meras...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................