Ancaman Stunting Bagi Anak Indonesia

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:22 WIB Penulis :


Apa itu stunting?

Pengertian stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak yang ditandai dengan tinggi badan anak di bawah rata-rata untuk usianya.

Stunting merupakan bentuk kekurangan gizi kronis berkepanjangan. Anak Indonesia pada umumnya tidak kekurangan makan, tetapi rendahnya kesadaran akan gizi seimbang mengakibatkan mereka hanya mendapat asupan makanan pokok dengan sedikit protein atau sayuran. Banyak orang tua juga tidak memahami pentingnya ASI, sebaliknya mengandalkan susu formula bagi bayi.

Penyebab stunting dimulai saat anak di dalam kandungan karena pola makan ibu yang buruk, tetapi gejalanya biasanya muncul setelah anak berusia sekitar dua tahun, yang ditandai dengan anak tersebut tidak tumbuh secepat yang seharusnya.

Di beberapa daerah, kurangnya air bersih untuk sanitasi, kebersihan pribadi, serta akses terbatas ke layanan kesehatan dapat memperburuk masalah.

Stunting sering dimulai di dalam rahim karena pola makan ibu yang buruk, tetapi gejalanya biasanya tidak muncul sampai anak berusia sekitar dua tahun, ketika menjadi jelas bahwa anak tersebut tidak tumbuh secepat yang seharusnya.

Mengapa stunting menjadi masalah serius?

Stunting mengakibatkan kerugian besar dari segi ekonomi. Penderita memiliki sistem kekebalan yang lemah, lebih rentan terhadap penyakit seperti diabetes dan kanker, dan cenderung meninggal lebih awal daripada orang yang normal.

Perkembangan otak juga terdampak, penderita juga memiliki IQ yang lebih rendah dan penurunan pendapatan setelah mereka dewasa. Menurut penelitian WHO, anak-anak stunting saat usia dua tahun, akan menyelesaikan sekolah lebih lama setahun dan memperoleh pendapatan  lebih kecil 20% dari yang tidak.

Hal ini juga berdampak pada perekonomian negara. Pemerintah telah menetapkan target untuk menjadi kekuatan ekonomi terbesar kelima di dunia pada tahun 2045, yang didukung adanya bonus demografi dengan banyaknya usia produktif dalam beberapa dekade mendatang. Tetapi jika stunting tetap pada level saat ini, lebih dari seperempat dari angkatan kerja tersebut akan kurang sehat dan produktif daripada yang seharusnya. Hal ini menghambat pembangunan bangsa dan mengakibatkan  jutaan orang di bawah kemiskinan yang seharusnya bisa dihindari.

Apa yang harus dilakukan orang tua?

Stunting mudah dicegah dengan nutrisi yang tepat. Calon ibu perlu mengikuti diet gizi seimbang sebelum kehamilan dimulai untuk memastikan bahwa nutrisi yang memadai diteruskan ke janin.

Kementerian Kesehatan Indonesia merekomendasikan bahwa makanan sehat harus terdiri dari sekitar sepertiga buah dan sayuran, sepertiga karbohidrat seperti nasi, dan sepertiga protein seperti daging, ikan, atau sumber protein nabati.

Orang tua juga harus mempraktikkan pola hidup bersih yang benar, termasuk mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum menyiapkan makanan atau makan.

Para ahli merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi, dan ayah dapat berperan dengan mendukung keputusan pasangan mereka untuk menyusui. Dan saat bayi mulai disapih, diberikan makanan tambahan bergizi ke dalam asupannya.

Apa saja gejala stunting?

Anak-anak yang menderita stunting biasanya memiliki berat kurang dari 2,5 kg saat lahir, dan tumbuh lebih lambat dari yang seharusnya. Mereka juga mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi dibanding anak-anak yang tidak stunting.

Gejala ini bisa dicegah dengan memberikan nutrisi seimbang pada ibu hamil dan anak pada 1.000 hari pertama kehidupan, atau hingga usia dua tahun.

Jika ada kemungkinan gejala stunting pada anak, orang tua harus mencari saran dari dokter atau petugas kesehatan terdekat.

 

Source: https://www.tanotofoundation.org/

Artikel Lainnya

Tidak masalah membawa bayi mudik, yang penting persiapkan jauh-jauh hari. Dengan begitu, mudik dengan bayi bisa nyaman. Bila ingin naik angkutan umum, jauh-jauh hari sebelum hari H, alangkah bijakn...

Maraknya kasus vaksin palsu membuat banyak orang cemas akan dampak yang ditimbulkannya. Dikutip dari pembicaraan bersama dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc-VPCD, ia merangkum beberapa dampak vaksin palsu pad...

Kesehatan mulut dan gigi harus selalu kita jaga untuk menghindari terjadinya beberapa penyakit mulut dan gigi. Gigi yang jarang dibersihkan juga dapat memicu timbulnya bau mulut, sariawan, gusi bengka...

Yoga dapat membantu anak berolahraga dan mengembangkan imajinasinya secara bersamaan. Si kecil memiliki energi yang tidak ada habisnya dan yoga mampu membantu si kecil menyalurkan energi kearah yang l...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................