Mengatasi Alergi Rhinitis Tanpa Obat

Jumat, 03 Juni 2022 | 14:27 WIB Penulis :


Rinitis alergi muncul ketika Anda menghirup alergen seperti debu, serbuk sari, polusi udara, dan lain-lain. Rinitis alergi memang sulit disembuhkan, tapi ada berbagai obat dan metode pengobatan yang dapat Anda pilih untuk mengatasi kondisi ini.

Seperti pengobatan alergi pada umumnya, penanganan rinitis alergi dapat dilakukan secara medis maupun alami. Pengobatan alami mungkin disarankan bagi penderita alergi ringan. Namun apabila cara ini tidak berhasil, dokter dapat menyarankan metode medis.

Apa saja obat dan pengobatan rinitis alergi secara alami?

Sebelum mulai mengonsumsi obat-obatan, Anda bisa mencoba mengobati gejala alergi dengan cara alami. Pada tahapan ini, dokter kemungkinan akan menyarankan pasien untuk melakukan perubahan gaya hidup guna mengurangi paparan zat pemicu alergi.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

1. Mengenali pemicu alergi

Semua hal di sekitar Anda dapat memicu alergi. Pemicu tertentu seperti debu, parfum, serbuk sari, atau cuaca dingin mungkin mudah dikenali. Akan tetapi, kasus alergi dapat bervariasi pada tiap orang sehingga bisa saja muncul pemicu yang kurang umum.

Maka dari itu, coba ingat kembali kapan terakhir Anda mengalami alergi hidung. Kenali apa saja yang membuat Anda bersin atau menimbulkan gejala pilek secara mendadak. Inilah yang perlu Anda hindari untuk mencegah reaksi alergi muncul kembali.

2. Menghindari polusi udara

Orang-orang yang lebih sering beraktivitas di luar ruangan rentan terkena alergi hidung karena saluran pernapasannya terus terpapar debu dan polusi. Seiring waktu, paparan polusi udara juga meningkatkan risiko gangguan pernapasan kronis lainnya.

Jika Anda sering berkegiatan di luar rumah, salah satu cara terbaik mengobati rinitis alergi adalah dengan menghindari polusi udara. Bila Anda memang harus bepergian, selalu kenakan alat pelindung berupa masker kain.

3. Rutin mencuci sarung bantal dan seprai

Banyak orang mengalami alergi hidung akibat tungau debu. Serangga ini hidup di sudut rumah, perabotan berlapis kain, bahkan kasur dan bantal. Oleh sebab itu, Anda perlu rutin mengganti seprai, selimut, dan sarung bantal untuk mengurangi populasi tungau.

Cuci seluruhnya setiap dua minggu sekali dengan air panas untuk membunuh tungau secara menyeluruh. Setelah itu, jemur di bawah terik matahari supaya tidak ada tungau yang menempel. Usahakan untuk mengganti bantal dan guling tiap enam bulan sekali.

4. Menghindari bulu hewan peliharaan

Pemilik hewan peliharaan biasanya lebih rentan mengalami rinitis alergi. Alergi kucing atau hewan lainnya sebenarnya bukan disebabkan oleh bulu, melainkan sel kulit mati, air liur, serta urine pada bulu yang memancing respons sistem kekebalan tubuh.

Cara terbaik mengobati rinitis alergi secara alami adalah dengan tidak membiarkan hewan peliharaan berkeliaran di dalam rumah. Namun, apabila Anda tidak tega terus membiarkan hewan kesayangan berada di luar, tips berikut mungkin bisa membantu.

  • Batasi mereka agar hanya bermain di satu ruangan saja, tapi jangan gunakan karpet di ruangan tersebut.
  • Jangan biarkan hewan peliharaan masuk dan tidur bersama Anda di kamar tidur.
  • Mandikan hewan peliharaan setidaknya dua minggu sekali di luar rumah.
  • Bersihkan kandangnya secara rutin dan menyeluruh.
  • Bersihkan setiap perabotan yang sering disentuh hewan peliharaan Anda.

5. Irigasi hidung

Irigasi hidung adalah cara cuci hidung dengan larutan garam untuk membersihkan bagian dalam hidung dari zat-zat penyebab iritasi. Anda dapat membuat sendiri larutan garam tersebut atau membelinya di apotek dalam bentuk kemasan.

Anda bisa membersihkan hidung dengan tangan, menggunakan spuit (alat suntik), atau memakai teko khusus yang disebut neti pot. Bila Anda ingin menggunakan tangan saja, berikut langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Berdirilah di depan wastafel dan tangkupkan tangan Anda seperti membentuk mangkuk. Isi tangan Anda dengan larutan garam.
  2. Tutup satu lubang hidung Anda, lalu hirup larutan garam dengan lubang hidung yang satunya.
  3. Biasanya akan ada larutan garam yang masuk ke dalam kerongkongan. Larutan ini aman bila tertelan, tapi cobalah untuk membuangnya sebanyak mungkin.
  4. Ulangi seluruh langkah hingga hidung terasa nyaman. Anda tidak selalu harus menghabiskan larutan yang Anda gunakan.
  5. Anda boleh mencuci hidung kapan saja, yang terpenting selalu siapkan larutan garam yang baru dan bersih.

6. Menggunakan pengatur kelembapan udara

Jika alergi yang Anda alami disebabkan oleh udara kering dari AC, sebaiknya gunakan bantuan humidifier atau pelembap ruangan. Alat yang satu ini akan membantu Anda terhindar dari hidung kering yang bisa memicu bersin saat bangun tidur.

Tingkat kelembapan udara yang baik adalah 50 persen. Udara yang terlalu kering dapat memperburuk gejala alergi, sedangkan udara yang terlalu lembap justru mendukung pertumbuhan tungau dan lumut. Keduanya harus dihindari oleh penderita alergi hidung.

7. Menghirup uap minyak esensial

Obat alami lainnya yang cukup populer di antara penderita rinitis alergi adalah minyak esensial. Menghirup uap bisa membantu membersihkan hidung dari penumpukan lendir dan iritasi sehingga mengurangi gejala seperti bersin, pilek, dan sakit tenggorokan.

Cukup tuangkan air mendidih ke dalam sebuah mangkuk besar, kemudian tambahkan 3-4 tetes minyak esensial favorit Anda. Selanjutnya, tutupi kepala Anda dengan handuk dan menunduklah secara perlahan hingga menghadap permukaan mangkuk.

Hirup uap air hangat selama 5-10 menit, lalu denguskan hidung Anda beberapa kali hingga hidung terasa lebih lega. Anda dapat mengulangi cara ini beberapa kali sampai gejala mereda. Berikut jenis minyak esensial yang baik untuk mengatasi rinitis alergi.

  • Peppermint. Minyak ini juga meredakan sakit kepala akibat hidung tersumbat, mengurangi batuk, gejala sinusitis, dan infeksi tenggorokan.
  • Minyak kayu putih. Minyak kayu putih berguna untuk mengencerkan lendir dan meredakan masalah pernapasan
  • Chamomile. Selain mengatasi rinitis alergi, minyak chamomile juga meredakan gejala flu dan pilek.
  • Lemon. Minyak ini membersihkan saluran hidung sehingga memungkinkan Anda bernapas dengan lebih baik.
  • Minyak pohon teh. Minyak tea tree oil turut membunuh bakteri dan melawan infeksi yang memperburuk gejala alergi.

 

Source : https://hellosehat.com/

Artikel Lainnya

Sebagai orangtua, tentunya Bunda ingin anak bisa melakukan segala sesuatu dengan baik dan mandiri dalam hidupnya. Untuk menunjang hal tersebut, tidak ada salahnya Ayah dan Bunda mulai mengenalkan bebe...

Sebagai orang tua, Bunda mungkin pernah merasa waswas ketika anak bergerak sangat aktif dan cenderung tidak mau diam. Seakan-akan sang anak tidak pernah kehabisan energi dan tidak kenal lelah. Dalam h...

Mengasuh anak bukanlah hal yang mudah karena akan berdampak pada pertumbuhan psikologis, bahkan bisa terbawa sampai mereka dewasa. Untuk itu, peran ibu dan ayah sama-sama penting dalam membesarkan ana...

Sejak 2001, Persatuan Bangsa-Bangsa mencanangkan 19 November sebagai Hari Toilet Sedunia. Ini merupakan gerakan untuk mengingat kembali hak-hak dasar manusia untuk mendapatkan sanitasi yang baik. Seja...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................