Tips Memilih Suplemen Vitamin untuk Anak

Jumat, 09 September 2022 | 16:00 WIB Penulis :


Sebelum menuju rekomendasi produk, kami akan memberikan beberapa cara memilih suplemen vitamin yang sesuai kebutuhan anak. Simak pemaparannya berikut ini!

Kenali Jenis Vitamin yang Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Berbagai jenis vitamin memberikan manfaat berbeda untuk kesehatan tubuh. Sebaiknya Anda memilih suplemen anak yang mengantongi bermacam-macam vitamin agar nutrisinya lebih lengkap.

Vitamin A: Memelihara Kesehatan Mata, Kuku, dan Rambut

Anda mungkin telah mengenal manfaat vitamin A yang baik untuk memelihara kesehatan mata. Lebih dari itu, vitamin A juga berfungsi membantu pertumbuhan tulang dan merangsang pembentukan kuku dan rambut. Vitamin yang berhubungan dengan retinoid ini juga baik untuk merawat kesehatan kulit anak, lho!

Vitamin B Kompleks: Merangsang Pertumbuhan Sel Darah

Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Vitamin ini memiliki peran yang cukup banyak, antara lain merangsang pertumbuhan sel darah dan mencegah penyakit beri-beri. Vitamin B kompleks juga sering dihubungkan dengan peningkatan kecerdasan otak.

Vitamin C: Memperkuat Sistem Imun agar Tubuh Tak Mudah Sakit

Vitamin C berfungsi meningkatkan produksi sel imun tubuh. termasuk darah putih dan fagosit. Selain itu, vitamin C juga berperan merangsang pembentukan kolagen untuk pembentukan jaringan seperti kulit dan otot. Tak hanya itu, vitamin ini juga membantu memaksimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Vitamin D: Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Masa anak-anak merupakan periode vital untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Oleh sebab itu, vitamin D sebaiknya tidak absen dari kandungan suplemen vitamin anak Anda.

Vitamin D bertugas membantu tubuh menyerap kalsium lebih baik dengan cara mengontrol jumlah kalsium dalam aliran darah. Kalsium sendiri merupakan mineral yang mengatur kepadatan tulang dan gigi.

Vitamin E: Menangkal Radikal Bebas dan Memperkuat Imunitas

Vitamin E bermanfaat menangkal radikal bebas agar imunitas tubuh senantiasa terjaga. Vitamin ini juga mendukung perbaikan sel-sel tubuh yang rusak dan memelihara stabilitas hormon. Di samping itu, vitamin E juga mendukung kelancaran proses metabolisme pada tubuh anak.

Pilih yang Mengandung Mineral Tambahan untuk Melengkapi Nutrisinya

Di samping vitamin, ada baiknya Anda mencari suplemen anak yang diperkaya mineral. Bila ingin melengkapi nutrisi yang diterima anak, Anda juga bisa memilih suplemen berkandungan asam lemak esensial. Apa saja mineral dan asam lemak yang penting pada suplemen anak?

Zat Besi: Melancarkan Distribusi Oksigen dalam Darah

Zat besi merupakan mineral yang diperlukan tubuh untuk memproduksi hemoglobin. Hemoglobin berfungsi mengangkut oksigen dalam sel darah sekaligus sebagai penentu warna merah darah. Kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko anemia yang dapat menghambat aktivitas anak.

Kalsium: Memelihara Kesehatan Tulang, Saraf, dan Fungsi Otot

Mineral ini digunakan tubuh untuk memperkuat pembentukan tulang dan gigi. Kalsium juga berfungsi untuk mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang) dan memelihara kesehatan otot dan saraf. Lebih dari itu, kalsium berperan melancarkan proses metabolisme sel.

Kalium: Mengontrol Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Kalium merupakan sejenis elektrolit yang membantu tubuh mengatur komposisi cairannya. Bersama dengan natrium, kalium berperan menjaga tekanan darah berada dalam batas normal. Karena berhubungan dengan tekanan darah, kalium juga dapat membantu menjaga ritme jantung.

Magnesium: Bantu Menjaga Kadar Gula dalam Darah

Magnesium dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah untuk mencegah diabetes. Selain itu, mineral ini dapat memperkuat fungsi otot dan saraf. Magnesium juga berfungsi mengontrol tekanan darah untuk melancarkan kinerja jantung.

Asam Lemak Esensial: Mempromosikan Kecerdasan Otak dan Fungsi Penglihatan

Omega 3 dan omega 6 disebut juga essential fatty acid (EFA) atau asam lemak esensial. Banyak terdapat dalam ikan dan kacang-kacangan, asam lemak ini diketahui memberikan efek positif pada kecerdasan otak. Selain itu, asam lemak esensial juga memberikan nutrisi pada indera penglihatan anak.

 

Source : https://pickybest.id/

Artikel Lainnya

Suara Napas Bayi Terdengar Berisik Jangan kaget jika bayi mama yang baru lahir bernapas dengan berisik. Bayi hanya dapat bernapas melalui hidung dalam beberapa bulan pertama kehidupan. Ini dapat me...

Banyak orang tua yang panik saat terkena flu, apalagi biasanya flu pada anak di sertai dengan batuk dan demam. Ada banyak mitos-mitos yang di percaya masyarakat selama ini tentang flu pada anak. ...

Purebaby adalah brand yang menciptakan produk bayi yang dikembangkan dengan standart formulasi terbaik “Pharmaceutical Formulation” yang lebih teruji keamanannya dan keefektifitasannya den...

Seiring bertambahnya usia Si Kecil, kemampuannya untuk bersosial pun tentu semakin baik. Di usia sekolah, Si Kecil diharapkan sudah mampu untuk mudah berteman, tanpa perlu ditemani orang tua lagi.Agar...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................