Kenali Fase Threenager Pada Anak

Jumat, 09 September 2022 | 16:43 WIB Penulis :


Apakah Bunda pernah mendengar istilah fase threenagerThreenager adalah sebutan untuk si kecil ketika memasuki usia tiga tahun namun bersikap bak remaja usia 13 tahun.

Pada fase ini anak akan cenderung lebih keras kepala saat menginginkan sesuatu. Tak hanya itu, mereka juga lebih sering menanyakan berbagai hal yang ada di kepalanya.

Menurut seorang psikolog, pada usia tiga tahun, anak akan akan menganggap dirinya bukan ‘anak kecil’ lagi. Itu sebabnya mereka lebih bersikap keras kepala dan ingin pendapatnya selalu didengar.

Untuk menghindari perdebatan karena berbeda pendapat, ada baiknya orang tua mengenali tanda-tanda si kecil memasuki fase tersebut.

Tanda-tanda Fase Threenager pada Si Kecil

1. Ingin Melakukan Segala Sesuatunya Sendiri

Memasuki fase threenager anak ingin dianggap sebagai orang dewasa sehingga mereka ingin melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan orang lain. Misalnya ingin bermain ke rumah teman atau pergi ke suatu tempat tanpa diantar Ayah atau Bunda.

2. Lebih Kritis dan Sering Bertanya

Jangan heran jika pada fase ini si kecil jadi lebih sering bertanya “apa?” dan “kenapa?”.

Fase threenager memang dapat membuat mereka lebih kritis dan sering bertanya tentang hal apapun yang ada di pikirannya. Tak hanya itu, peraturan dan larangan dari Ayah dan Bunda pun bisa menjadi bahan pertanyaan mereka. Jadi siap-siap untuk memberikan jawaban yang tepat dan jelas ya.

3. Susah Ketika Disuruh Istirahat atau Tidur

Inilah fase tersulit untuk meminta si kecil tidur siang. Sebab mereka menganggap tidur siang hanya untuk anak kecil. Selain itu, saat malam hari pun mereka akan lebih sering melewati jam tidurnya.

4. Fase Threenager Membuat Si Kecil Lebih Keras Kepala

Pada fase ini biasanya anak mulai bersikap lebih keras kepala. Jadi harap dimaklum dan jangan langsung naik pitam ya Bunda.

Misalnya saat bunda menyuruhnya melakukan A, ia akan tetap teguh pada pendiriannya dan tidak akan mengikuti kemauan Bunda.

5. Gampang Berubah Pikiran

Anak usia tiga tahun juga memiliki pemikiran yang gampang berubah-ubah. Baru beberapa menit yang lalu memilih A, eh tiba-tiba bisa berubah menjadi B, C, dan D dalam sekejap.

6. Memiliki Keinginan yang Kuat dan Sulit Dibantah

Selain keras kepala, fase threenager juga membuat si kecil mulai memiliki opini sendiri dan yang tidak boleh dibantah oleh siapa pun, termasuk orang tuanya. Seperti memilih model dan warna pakaian, gaya rambut, hingga benda-benda tertentu.

 

Source : https://sangbuahhati.com/

Artikel Lainnya

Jika bayi baru lahir atau berusia di bawah 5 bulan mengalami rewel seusai imunisasi, cobalah metode yang disebut "5 S" segera setelah dia mendapat vaksin. Ini adalah: Membedo...

Bolehkah meminta anak membantu mengerjakan tugas di rumah? Mengapa tidak? Selain Bunda dapat tenaga ekstra, kegiatan ini bisa memberikan banyak manfaat buat anak, seperti mengasah keterampilan motorik...

Hati-hati, Pola Asuh ini Berisiko Lahirkan Pelaku Kejahatan Seksual Kasus kejahatan seksual secara bertubi-tubi menghiasi media. Belum selesai kasus Yuyun yang tewas menyedihkan seusai diperkosa ra...

Pada usia lima tahun, anak akan belajar mengenai karakteristik jam, jarum panjang dan jarum pendek, atau membaca angka pada jam digital. “Bunda dapat membimbing anak untuk memahami peristiwa ter...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................