Penyebab Utama Cegukan Pada Bayi

Kamis, 24 Desember 2020 | 10:59 WIB Penulis :


Cegukan pada bayi disebabkan oleh kontraksi diafragma dan penutupan pita suara yang cepat. Penutupan pita suara yang cepat inilah yang menciptakan suara cegukan.

Seperti yang dikatakan oleh Profesor bidang Pediatric di University of Texas Health Science Center di Houston, Lynnette Mazur, cegukan pada bayi biasanya terjadi pada saat makan atau minum. Lambung yang terlalu penuh menekan diafragma ke atas sehingga bayi mengalami cegukan.

Kondisi ini juga bisa disebabkan karena ia kekenyangan setelah menyusu.

Karena cegukan cenderung mengganggu orang dewasa, banyak orang menganggap cegukan pada bayi juga mengganggu. Namun, bayi biasanya tidak terpengaruh saat mengalami cegukan.

Faktanya, banyak bayi bisa tidur dengan nyenyak tanpa terganggu dengan kondisi tersebut dan cegukan pada bayi jarang mengganggu atau berdampak pada pernapasan bayi.

Nah, selain karena kekenyangan menyusu, apa ya penyebab lain dari cegukan pada bayi? Bagaimana cara mengatasi cegukan pada bayi? Yuk kita cari tahu lebih lanjut Moms.

 

Penyebab Bayi Cegukan

Bayi yang sering cegukan, kemungkinan penyebabnya adalah beberapa hal berikut ini. Dengan mengetahui penyebabnya, Moms akan lebih mudah mencari cara mengatasi cegukan pada bayi.

1. Banyak Menelan Udara

Penyebab bayi cegukan terus-menerus bisa jadi disebabkan karena terlalu banyak menelan banyak udara. Menurut jurnal dalam Bioessay, menelan banyak udara jadi salah satu penyebab bayi cegukan terus-menerus.

Terutama saat Si Kecil minum susu dari botol, cara ini menyebabkan anak berisiko menelan banyak udara. Hal ini sering membuat bayi menjadi cegukan dan rewel.

2. Airborne Irritants

Selanjutnya bisa jadi karena airborne irritans. Hal ini dikarenakan Si Kecil memiliki sistem pernapasan yang sensitif, dan setiap udara yang kotor seperti asap, polusi atau aroma yang kuat dapat memicu batuk pada bayi.

Menurut jurnal U.S. National Library of Medicine, contoh-contoh iritasi yang ditularkan melalui udara termasuk serat (seperti fiberglass atau rockwool), berbagai jenis partikel debu (seperti semen, terak, lumpur, busa isolasi, serpihan kayu), asam dan alkali, gas dan uap.

Batuk berulang memberi tekanan pada diafragma dan cegukan.

3. Refluks Gastroesofagus

Penyebab bayi cegukan yang lainnya bisa jadi dikarenakan refluks gastroesofagus. Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, RGE adalah hal yang umum terjadi pada bayi baru lahir. Bayi di bawah usia 3 bulan akan cukup sering mengalaminya.

“Pada bayi, gejala yang sering terjadi seperti muntah, tidur tidak nyaman, menolak makan, dan gagal tumbuh. Sedangkan cegukan yang muncul disebabkan oleh aliran balik makanan dan asam yang memicu sel-sel saraf hingga menyebabkan flutter (kontraksi otot jantung) di diafragma,” kata Janice Heard, dokter anak komunitas di Calgary dan anggota Komite Penasihat Pendidikan Publik Masyarakat Kanada.

4. Penurunan Suhu

Jika Moms melihat bayi cegukan, bisa jadi penyebabnya adalah karena penurunan suhu. Penurunan suhu tubuh bayi, misalnya saat anak kedinginan, dapat menyebabkan otot bayi berkontraksi. Hal ini dapat menyebabkan kontraksi diafragma, membuat bayi cegukan.

“Jangan panik jika tiba-tiba bayi Moms mengalami cegukan. Waspada, dan analisis alasannya, karena itu membantu kita fokus untuk menghentikan cegukan,” jelas Dr. Heard.

Jika penyebab cegukan pada bayi adalah menurunan suhu, cara mengatasi cegukan pada bayi adalah dengan membuatnya tetap hangat.

5. Karena Alergi

Penyebab selanjutnya yang membuat bayi cegukan adalah karena alergi. Alergi di sini maksudnya adalah alergi terhadap protein tertentu yang bisa saja terkandung dalam susu formula yang dikonsumsi oleh anak atau makanan yang diberikan pada Si Kecil.

Menurut Dr. Heard, sebagai reaksi terhadap kondisi tersebut, diafragma anak akan sering cegukan. Dalam beberapa kasus, alergi bisa dipicu oleh perubahan komposisi ASI karena makanan tertentu yang dikonsumsi oleh ibu.

6. Bayi Mengalami Asma

Penyebab bayi cegukan terus-menerus yang selanjutnya adalah asma. Jika Si Kecil menderita asma, saluran bronkial paru-parunya mengalami peradangan sehingga membatasi aliran udara ke paru-paru. Hal ini akan menyebabkan mengi karena kurangnya napas dan berujung pada cegukan.

7. Terlalu Banyak Makan

Ini merupakan penyebab paling umum dan paling pertama dari bayi yang cegukan, apalagi kalau bukan terlalu kenyang atau makan terlalu banyak.

Terlalu banyak memberi makan bayi, bahkan ASI sekalipun dapat menyebabkan perut anak membesar dan melebarkan diafragma hingga pada akhirnya muncul lah cegukan.

 

Source: orami.co.id

Artikel Lainnya

Gigi susu atau gigi sulung si kecil sudah mau tanggal. Tapi, ia takut diajak ke dokter gigi untuk mencabutnya. Sementara, Anda sendiri tidak berani membantu melepas giginya lantaran khawatir anak mera...

Pertolongan Pertama pada Anak Mimisan Dari penjelasan Fitri di idai.or.id, dijelaskan pula bahwa mimisan jarang menyebabkan hal yang serius. “Mimisan terjadi pada 60% masyarakat, hanya 6...

“Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami kondisi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Bila kondisi tersebut sering terjadi dan dalam waktu yang lama, hal itu disebut...

Tak hanya asupan makanan yang berpengaruh pada tumbuh kembang otak namun juga 10 aktivitas berikut ini.   1. Kontak mata Menurut Annelia Sari Sani, S.Psi, sel-sel otak akan terkoneksi lewat at...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................