Tips Lancar Menyusui untuk Bunda yang Memiliki Puting Terbenam

Kamis, 05 Desember 2019 | 12:42 WIB Penulis : Erni Wulandari


Moms, pernah punya masalah dalam menyusui si kecil? Para pemilik puting terbenam (inverted nipple) menjadi salah satunya nih, Moms.

Mereka sering mengalami kesulitan menyusui karena si kecil kesulitan untuk menyusu secara langsung (direct breastfeeding). Ada 10-20 persen wanita yang mengaku memiliki inverted nipple atau puting susu yang masuk ke dalam.

Melansir Mama Natural, kondisi puting terbenam atau masuk ke dalam memang membuat Moms lebih sulit dalam menyusui. Meski demikian, Moms tidak perlu khawatir karena tetap bisa menyusui dengan kondisi puting yang tidak menonjol. Jika merasa kesulitan, ada baiknya Moms mengkonsultasikan hal tersebut dengan konsultan laktasi untuk menemukan solusi yang tepat.

Selain itu, Moms juga dapat melakukan treatment dengan teknik Hoffman yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Caranya, letakkan ibu jari Moms di dasar kedua sisi puting dan tekan dengan kuat ke jaringan payudara.

Kemudian, sambil menekan ke bawah, tariklah jempol sehingga menjauh satu sama lain. Lalu, gerakkan ibu jari ke sekeliling puting dan ulangi. Lakukan pengulangan sekali per hari ya, Mom, untuk hasil terbaik.

Selain itu, mengatasi puting yang terbenam juga dapat diawali dengan memompa payudara terlebih dulu, Mom, seperti dikutip dari laman The Bump.

"Beberapa wanita akan memompa terlebih dulu dalam waktu singkat untuk menarik keluar puting dan membuatnya berada dalam posisi yang lebih baik bagi bayinya. Seiring waktu, bayi pada akhirnya dapat mengeluarkan puting sendiri dan memecahkan permasalahan puting terbenam saat menyusui

Di luar cara tersebut, Bunda juga bisa melakukan beberapa tips berikut ini lho untuk membantu proses menyusui dengan lancar, diantaranya:

Menarik keluar puting susu
Lakukan cara ini secara manual dengan menggunakan jari-jari, Bun. Hal ini dapat dipraktikkan bahkan sebelum bayi lahir.

Beri tekanan pada areola
Untuk beberapa Moms yang payudaranya membengkak ke titik dimana puting susu tampak datar atau membenam, sangat direkomendasikan untuk meletakkan tangan Moms di sekitar areola dan mendorong payudara ke arah dada. Tekanan manual ini dapat mengurangi banyaknya pembengkakan dan membantu puting tertarik keluar, Moms.

Pertimbangkan untuk menggunakan nipple shield
Jika Moms memiliki puting yang rata atau terbenam, nipple shield dapat membantu dalam pelekatan saat menyusui. Sebab, alat bantu ini dapat mendorong aliran ASI dan merangsang langit-langit mulut bayi untuk memicu refleks menghisap.

Selamat mencoba!

Artikel Lainnya

Anak sering mabuk perjalanan saat berpergian dengan mobil? Anak bisa terhindar dari motion sickness atau mabuk perjalanan. Caranya? Lakukan beberapa persiapan pra perjalanan. Misalnya, bicarakan re...

Si kecil bisa di ajari menghargai tiap benda yang Bunda berikan padanya. Seperti yang diungkapkan psikolog Anastasia Satriyo MPsi, Psikolog memang penting bagi orang tua yang mengajari anak menghargai...

Radang amandel adalah kondisi peradangan dan pembengkakan pada organ amandel, yaitu kelenjar getah bening di area tenggorokan yang disebabkan oleh radang akibat kelelahan, infeksi bakteri, hingga infe...

Siapa sangka perilaku anak nakal bisa dilihat dari karakter astrologinya. Beberapa karakter khas yang dimiliki zodiak tertentu bisa membuatnya cenderung menjadi anak nakal atau anak penurut. Menget...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................