Inilah 7 Buah Paling Kaya Vitamin C

Kamis, 10 Agustus 2017 | 11:06 WIB Penulis : Erni Wulandari


Vitamin C kerap menjadi senjata andalan Bunda untuk membangun kekebalan tubuh si kecil, agar tidak gampang kena batuk dan pilek. Dan selama ini, jika membicarakan tentang buah-buahan yang mengandung vitamin C, selalu jeruk yang terucap.

Padahal, selain jeruk, masih ada buah lain yang mengandung vitamin C, bahkan lebih kaya kandungan vitamin C-nya dibandingkan jeruk.

Berikut ini adalah 7 buah yang kaya vitamin C, untuk membangun kekebalan tubuh anak:

1. Kiwi
Kandungan vitamin C-nya dua kali lebih banyak daripada buah jeruk, dan jauh lebih banyak ketimbang buah apel. Kiwi mengandung sumber vitamin alami yang tinggi, memiliki keseimbangan mineral yang sempurna, mengandung antioksidan tinggi, dan sarat fitonutrien yang baik bagi kesehatan, seperti polyphenols (antioksidan), enzim (bagi pencernaan), dan karotenoids (antioksidan dan kesehatan mata).

2. Pepaya
Satu buah pepaya ukuran kecil sekitar 157 gram memiliki 95,6 miligram vitamin C. Selain kaya akan vitamin C, pepaya juga kaya akan vitamin, folat, dan serat.

3. Jambu Biji
Salah satu keistimewaan jambu biji adalah kaya akan vitamin C dan vitamin A. Kandungan vitamin C jambu biji jauh lebih tinggi daripada jeruk. Setiap 100 gram jambu biji mengandung sekitar 183mg vitamin C, sedangkan jeruk mengandung 50mg vitamin C.

Baca juga: Perlukah Anak Minum Multivitamin?

4. Nanas
Dalam 3,5 ons buah tropis ini terdapat 47,8 mg vitamin C. Oleh karena itu buah nanas termasuk salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Selain vitamin C, nanas mengandung vitamin B, berbagai mineral seperti mangan, dan serat.

5. Mangga
Kandungan vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masak yang bisa dimakan memasok vitamin C sebanyak 41mg, bahkan pada mangga muda kandungan vitamin C-nya hingga 65mg.

6. Stroberi
Tak disangka, satu buah kecil berwarna merah ini memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan satu buah jeruk. Stroberi memerikan rata-rata 94mg vitamin C per buahnya.

7. Leci
Leci ternyata juga menyimpan kandungan vitamin C rata-rata 132 gram per 100 gram leci. Leci juga mengandung polifenol yang menjadi antioksidan bagi tubuh sehingga sangat baik untuk menangkal radikal bebas, mencegah infeksi dan mendukung sistem keseimbangan cairan dalam tubuh.

 

Sumber : Parenting

Artikel Lainnya

Di sebuah negeri, hidup Pak Penjahit yang terkenal. Gaun jahitannya selalu bagus modelnya, enak dipakai, dan ongkos jahitnya pun muran. Berita kehebatan si penjahit akhirnya sampai ke telinga Ratu. Ke...

Meski sekilas tampak sama, tapi kedua “pengganggu” organ reproduksi perempuan yakni kista dan miom ini ternyata berbeda. Walau belum ada data pasti jumlah penderita kista dan miom, namu...

Squishy, mainan remas yang terbuat dari spons (berbahan material Polyurethane) ini sebenarnya bukan barang baru, sudah ada sejak tahun 1937. Diciptakan secara tidak sengaja oleh ilmuan berkebangsaan G...

Tidak penting berapapun usia anak, mendengarkan cerita atau dongeng, merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Suara ayah dan cara ayah men­­dongeng memiliki keajaiban. Riset dari universi...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................