Dampak Jika Anak Susah Makan

Jumat, 24 Februari 2017 | 14:05 WIB Penulis : Erni Wulandari


Anak yang suka pilih-pilih makanan tak hanya berisiko kekurangan gizi. Dampak dari perilaku picky eater sebenarnya lebih luas lagi. Inilah beberapa dampak yang dapat ditimbulkan dari perilaku picky eater:

  • Otot tidak mendapat stimulasi sehingga menjadi lemah. Gerakan mengunyah saat makan akan memengaruhi pergerakan otot di area mulut. Jika anak malas makan/jarang makan, akibatnya otot tersebut menjadi lemah.

 

  • Masalah komunikasi, terutama artikulasi (kejelasan bicara). Jika otot-otot motorik oral lemah, otomatis bicara pun menjadi kurang jelas.

 

  • Tidak praktis dan masalah kemandirian. Anak yang memiliki masalah dengan perilaku makannya, ia menjadi tidak luwes ketika bepergian dan menyebabkan orang tua harus membawa makanan yang biasa ia makan. Ditambah, dengan ketidakjelasan bicaranya, anak pun harus selalu dibantu orang lain (orang tua) ketika ingin menyampaikan sesuatu.

 

  • Masalah sosialisasi. Masalah artikulasi yang tidak jelas membuat anak menjadi sulit bersosialisasi. Bukan tak mungkin ia kesulitan berteman karena teman-temannya sulit mengerti pembicaraannya.
  • Masalah emosi. Karena bicaranya yang kurang jelas dan orang lain kurang mengerti maksud yang disampaikan, maka anak-anak dengan perilaku picky eater ini cenderung mudah marah dan emosional. 

Artikel Lainnya

The American Academy of Sleep Medicine menganjurkan batita tidur pada pukul 19.30, dan bagi usia prasekolah tidur pada pukul 20.00. Namun, tak sedikit balita yang tidak beranjak tidur pada jam tersebu...

Seringkali anak mengeluhkan rasa sakit pada bagian perut? Ini merupakan salah satu tanda awal terjadinya gangguan pencernaan. Berikut gejala lain dari masalah pencernaan: 1. Sakit perut berulang, y...

Tampilan buah plum yang menggoda dan memiliki rasa manis yang membuat si kecil menyukainya. Meskipun ada beberapa jenis buah plum, Bunda akan lebih banyak menemukan plum asal jepang yang berwarna ungu...

Kesempatan bermain dengan bebas akan mendorong perkembangan yang sehat bagi si kecil. Ternyata ketika si kecil menggunakan imajinasi saat bermain, mereka akan lebih kreatif, tampil lebih baik di ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................