Dampak Jika Anak Susah Makan

Jumat, 24 Februari 2017 | 14:05 WIB Penulis : Erni Wulandari


Anak yang suka pilih-pilih makanan tak hanya berisiko kekurangan gizi. Dampak dari perilaku picky eater sebenarnya lebih luas lagi. Inilah beberapa dampak yang dapat ditimbulkan dari perilaku picky eater:

  • Otot tidak mendapat stimulasi sehingga menjadi lemah. Gerakan mengunyah saat makan akan memengaruhi pergerakan otot di area mulut. Jika anak malas makan/jarang makan, akibatnya otot tersebut menjadi lemah.

 

  • Masalah komunikasi, terutama artikulasi (kejelasan bicara). Jika otot-otot motorik oral lemah, otomatis bicara pun menjadi kurang jelas.

 

  • Tidak praktis dan masalah kemandirian. Anak yang memiliki masalah dengan perilaku makannya, ia menjadi tidak luwes ketika bepergian dan menyebabkan orang tua harus membawa makanan yang biasa ia makan. Ditambah, dengan ketidakjelasan bicaranya, anak pun harus selalu dibantu orang lain (orang tua) ketika ingin menyampaikan sesuatu.

 

  • Masalah sosialisasi. Masalah artikulasi yang tidak jelas membuat anak menjadi sulit bersosialisasi. Bukan tak mungkin ia kesulitan berteman karena teman-temannya sulit mengerti pembicaraannya.
  • Masalah emosi. Karena bicaranya yang kurang jelas dan orang lain kurang mengerti maksud yang disampaikan, maka anak-anak dengan perilaku picky eater ini cenderung mudah marah dan emosional. 

Artikel Lainnya

Anak usia 6 bulan sudah bisa mengalami anemia. Untuk mencegah terjadinya anemia pada anak, pemenuhan zat besi sejak ibu mengandung penting dilakukan. Seperti penuturan perhimpunan Dokter Gizi Medik In...

Ada anggapan anak batita umumnya lebih dekat dengan Bunda. Hal ini tidaklah salah, sebab para sudah menjalin kelekatan dengan anak sejak ia masih di dalam rahim. Bunda pun menjadi orang pertama yang d...

1. Perlukah hadiah berupa pujian? Memuji anak merupakan bentuk rasa cinta orang tua kepada balita. Pujian ini dapat membentuk anak memiliki rasa percaya diri. Anak merasa bahwa orang-orang di sekitar...

Banyak Bunda yang merasa takut jika kekurangan kalori. Padahal faktanya banyak orang tua yang tidak mengatur asupan makanan sehingga menyebabkan anak obesitas. Hal ini disebabkan oleh asupan makanan y...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................