Tips Menghadapi Hari Pertama Sekolah Anak Usia 4-5 Tahun

Senin, 15 Juli 2019 | 11:42 WIB Penulis : Erni Wulandari


Hari pertama sekolah akhirnya datang juga. Boleh jadi, ini momen penting bagi si kecil dan juga Moms. Perasaan campur aduk pasti menggelayuti Moms dan juga si Kecil.

Sekolah baru, kelas baru, suasana baru, guru baru, dan teman-teman baru, bisa membuat si kecil senang, tetapi juga sedikit cemas pada saat bersamaan.

Mulai dari cemas karena ia harus berpisah dengan Moms, malu bertemu dengan teman-teman baru, sampai khawatir lantaran berada di tempat yang sama sekali berbeda dengan rumah. Hal sama juga pasti dialami Moms kan?

Nah, supaya hari pertama sekolah anak usia 4-5 tahun berjalan mulus, Moms bisa coba lakukan 5 tips berikut.

1. Sesuaikan dengan rutinitas hari sekolah sejak seminggu sebelumnya

Kalau selama ini si kecil biasa bangun tidur, makan, bermain, mandi, dan tidur malam kapan saja, seminggu jelang masuk sekolah, Moms perlu membiasakan si kecil untuk lebih disiplin. Khususnya terkait jadwal tidur malam dan bangun pagi.

Misalnya, selama ini sikecil bisa tidur jam 22.00 atau bebas nonton saluran TV kesayangannya sampai larut malam.

Maka, Moms harus mulai mengajak si kecil biasa tidur lebih awal, sekitar pukul 21.00. Semakin cepat tidur, semakin cepat pula si kecil bangun pagi. Demikian juga dengan jadwal rutin lainnya.

Membenahi jadwal si kecil dan disiplin sesuai waktu membuat tubuh si kecil terbiasa lebih awal. Jadi, saat hari sekolah tiba, ia tidak kaget dan lebih mudah menyesuaikan diri.

2. Kunjungi sekolah bersama anak

Sama seperti Moms, ada sebagian si kecil yang mudah cemas jika berada di tempat baru. Salah satu cara mudah adalah membiasakan si kecil dengan suasana di tempat baru tersebut.

Mooms bisa membawa si kecil datang ke sekolah barunya, menunjukkan ruangan di lingkungan sekolah, juga kelas barunya kelak. Dengan “tur kecil” di sekolah ini, anak lebih familier dan bisa membayangkan bagaimana saat ia bersekolah nantinya.

3. Coba seragam barunya

Baju baru selalu buat anak excited. Moms bisa menunjukkan pada si kecil seperti apa tampilan seragam barunya. Minta ia memakai seragam itu dan abadikan momen tersebut.

Mengenakan seragam baru ternyata menolong si kecil melewati masa transisi psikologis dari terbiasa di rumah menuju terbiasa di sekolah. Si kecil pun merasa “kenal” dengan pakaiannya dan tidak sabar memakai seragam barunya di hari pertama nanti.

4. Ajak anak menyiapkan perlengkapan sekolah

Sama seperti seragam baru, menyiapkan perlengkapan sekolah selalu jadi momen spesial bagi anak. Moms bisa mengajak si kecil pergi ke toko buku dan alat tulis untuk membeli beberapa perlengkapan sekolah. Biarkan si kecil memilih sendiri tema perlengkapan sekolah yang dia inginkan.

Di rumah, atur sedemikian rupa agar semua perlengkapan itu siap dipakai si kecil. Mulai dari tempat bekal dan minum, tas, sepatu, alat tulis, pensil warna atau krayon, buku gambar, dan sebagainya.

Libatkan si kecil saat menyiapkan barang tersebut, sehingga anak tahu mana saja barang-barang miliknya. Plus, melatih tanggung jawab sedini mungkin.

5. Temani anak saat hari pertama sekolah

Nah, ini yang paling penting, Moms. Sebaiknya Moms dan Dads turun tangan langsung menemani si kecil di hari pertama sekolahnya. Momen istimewa ini tidak datang dua kali.

Kehadiran orangtua bakal membuat anak merasa diperhatikan, didukung, dan disayang.

Moms dan dads juga boleh menunggui si kecil sambil melihat bagaimana ia beradaptasi dengan lingkungan barunya. Namun, usahakan sedikit menahan diri jika si kecil tengah bersama guru.

Kalaupun ia menangis, selama guru masih bisa mengatasi, biarkan saja. Baru jika si kecil memang belum ingin berpisah dengan Moms atau Dads, Moms bisa mengintervensi dengan mendampingi si kecil selama kegiatan sekolah berlangsung.

 

 

 

 

Sumber: popmama

Artikel Lainnya

Anak yang tumbuh cerdas dan sehat, adalah dambaan tiap orang tua. Apalagi jika pertumbuhan si kecil sudah sesuai dengan kurva dan usianya. Tapi belakangan ini, Ibumin jadi penasaran mengenai berapa...

Mengikuti arahan pemerintah, kini anak-anak diminta belajar di rumah selama 2 minggu. Sebagian besar orangtua juga dianjurkan untuk bekerja di rumah sehingga bisa menemani anak belajar di rumah. ...

Liburan bersama anak tentu menjadi salah satu momen yang sudah dinantikan oleh Bunda dan si kecil. Kebayangkan seunya bermain air di pantai, menikmati udara segara pegunungan, atau sekadar mencicipi h...

Suara Napas Bayi Terdengar Berisik Jangan kaget jika bayi mama yang baru lahir bernapas dengan berisik. Bayi hanya dapat bernapas melalui hidung dalam beberapa bulan pertama kehidupan. Ini dapat me...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................