Apa saja efek samping vaksin influenza pada bayi?

Rabu, 03 November 2021 | 15:29 WIB Penulis :


Vaksin influenza biasanya memiliki rekam jejak yang baik dan diketahui tidak memiliki terlalu banyak efek samping. Namun, dalam beberapa kasus, ada beberapa efek samping umum yang mungkin Mama amati dengan reaksi vaksin influenza pada bayi, yaitu:

  • Hidung berair atau tersumbat
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Kehilangan selera makan

Dalam kasus yang sangat jarang, dokter telah memerhatikan reaksi anafilaksis yang disebabkan oleh vaksin influenza. Namun, orang yang memberikan vaksin akan dilatih untuk mengamati apakah anak mengalami syok anafilaksis dan akan segera memberikan pertolongan pertama.

 

Kapan jadwal vaksin influenza?

Dilansir dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia, vaksin influenza diberikan ketika bayi berusia lebih dari 6 bulan, dan ini diulang setiap tahun.

Untuk imunisasi pertama kali (primary immunization) pada bayi usia 6-36 bul akan diberikan dosis 0,25 mL. Kemudian untuk anak usia 36 bulan atau lebih, dosis 0,5 mL. Dan untuk anak usia kurang dari 9 tahun diberi dua kali dengan interval minimal 4 minggu.

Sebagai informasi tambahan, dilansir dari Kids Health, musim flu seringkali berlangsung dari bulan Oktober hingga bulan Mei. Waktu mendapatkan vaksin influenza terbaik adalah sedini mungkin, yaitu dua minggu sebelum periode ini.

Hal ini karena tubuh membutuhkan waktu untuk memproduksi antibodi yang diperlukan untuk melawan virus. Tetapi mendapatkan vaksin flu di akhir musim lebih baik daripada tidak mendapatkannya sama sekali.

Vaksin influenza dapat mengurangi banyak potensi ketidaknyamanan bagi bayi dan orangtua. Dari informasi di atas, vaksin ini terutama direkomendasikan untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun yang lebih rentan terhadap berbagai komplikasi influenza.

Yuk segera dapatkan vaksin influenza untuk si Kecil!

 

Source: https://www.popmama.com/

Artikel Lainnya

Manfaat madu untuk Si Kecil Manfaat yang bisa anak dapatkan dengan mengonsumsi madu secara rutin seperti berikut ini:   1. Meredakan Batuk dan Flu Saat Si Kecil terserang batuk, Moms ...

Sebagai orang tua, Bunda mungkin pernah merasa waswas ketika anak bergerak sangat aktif dan cenderung tidak mau diam. Seakan-akan sang anak tidak pernah kehabisan energi dan tidak kenal lelah. Dalam h...

Anak akan merasa nyaman dan diperhatikan, saat ia memiliki kedekatan dengan orang tuanya. Sayangnya, banyak orang tua yang tak punya banyak waktu untuk anak karena sibuk bekerja. Meski Mom sibuk ...

Gejala Cacingan pada Anak, Bagaimana Cara Mencegahnya? Sahabat Hermina, cacingan merupakan salah satu penyakit menular pada anak-anak yang masih menjadi masalah kesehatan bagi masyarakat Indonesia....

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................