Melatih sikecil Mudah Bergaul

Senin, 30 September 2019 | 16:06 WIB Penulis : Erni Wulandari


Seiring bertambahnya usia Si Kecil, kemampuannya untuk bersosial pun tentu semakin baik. Di usia sekolah, Si Kecil diharapkan sudah mampu untuk mudah berteman, tanpa perlu ditemani orang tua lagi.Agar anak Anda mudah bergaul dan memiliki banyak teman di sekolah, ikuti beberapa tips untuk meningkatkan rasa percaya diri anak di bawah ini yuk, Moms.

1. Ikuti Banyak Kegiatan

Awali dengan mengikutsertakan anak ke berbagai kegiatan, seperti kursus sepak bola atau olahraga beregu lainnya. Kegiatan seperti ini memaksa anak untuk mahir berinteraksi dengan teman-temannya, dan ini bisa jadi cara yang baik agar anak terbiasa bergaul dengan banyak orang.

Awalnya mungkin anak akan sedikit malu untuk memulai pembicaraan, namun perlahan ia harus ikut aktif berbicara antar anggota tim olahraga.

 

2. Contohkan Cara Bergaul yang Baik

Anak belajar bergaul dengan melihat dan mengobservasi, maka jadilah contoh yang baik untuk anak Anda. Contohkan anak cara bertegur sapa dengan teman atau tetangga, dan jangan ragu untuk memulai pembicaraan dengan orang baru.

Setiap skenario pergaulan yang Anda contohkan adalah kesempatan yang baik untuk mengajarkan Si Kecil. Jangan lupa, ajak Si Kecil untuk tak malu menyapa orang yang ia kenal juga ya, Moms.

 

3. Simulasi di Rumah

Sebelum ‘melepas’ Si Kecil untuk bergaul di sekolah, tidak ada salahnya untuk melakukan simulasi bergaul di rumah. Moms bisa contohkan cara menyapa teman baru dan membuka obrolan. Dimulai dengan senyuman, sapaan, obrolan, dan pertemanan yang hangat pun akan segera bermulai. Yakinkan Si Kecil untuk selalu percaya diri mengawali percakapan ya, Moms.

 

4. Beri Semangat dan Pujian

Terkadang, cara-cara di atas bisa saja tidak berjalan lancar. Jika itu terjadi pada anak Anda, pastikan ia tetap semangat dan tidak putus asa dalam berteman. Moms juga perlu memberinya pujian atas segala usaha yang telah ia lakukan dengan baik dan benar.

 

5. Jangan Hindari Masalah

Ketika anak sulit berteman, jangan biarkan ia menghindari masalah tersebut dan berlindung di pelukan Anda. Menurut dr. Eastman, doronglah anak secara perlahan untuk keluar dari zona nyamannya, sambil memberikan pengarahan, latihan, dan semangat, agar anak lebih percaya diri untuk berteman. 

 

Source : Mother and Baby

Artikel Lainnya

Hidup di tengah hiruk pikuk dunia memang membuat orang tua merasa tertantang untuk mendorong anak-anak bergaul, bersosialisasi dan memiliki banyak teman. Alasan sederhananya agar anak-anak mampu mengi...

Mengatasi alergi debu pada anak Selain obat-obatan Selain pengobatan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan Mommies di rumah agar alergi debu pada anak tidak semakin parah. Berikut di antaranya:...

Mengurangi kerepotan Bunda di pagi hari, ide bekal anak ini bisa jadi inspirasi. * Bawa buah dan sayur, yuk! Aneka potongan buah segar dan sayuran rebus juga asyik dijadikan bekal. Bisa memilih ...

Dengan kasus Covid-19 yang meningkat di Indonesia, banyak orangtua khawatir tentang apa yang harus dilakukan jika salah satu dari mereka atau keduanya dinyatakan positif dan memiliki anak untuk diurus...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................