6 Alasan Balita Harus Cukup Minum

Senin, 30 Maret 2020 | 13:49 WIB Penulis :


Manfaat air putih bukan hanya untuk menyegarkan tubuh namun mempengaruhi pertumbuhan dan perlembangan anak.

Apa saja manfaat air putih bagi anak?

Air putih bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun tidak semua orangtua menyadarai manfaat air putih yang sesungguhnya bagi perkembangan buah hatinya.

 

Manfaat air putih bagi perkembangan anak

Sebagaimana kita ketahui, tubuh manusia terdiri dari 92 cairan. Cairan tubuh ini berperang penting dalam proses pencernaan, penyerapan dan transportasi nutrisi, sirkulasi darah, produksi air ludah dan mempertahankan suhu tubuh.

Dewasa ini, tidfak sedikit orangtua lupa akan manfaat air putih karena termakan rayuan iklan iklan susu formula dan merasa aman, hanya dengan memberikan susu formula tanda diimbangi pemberian air putih yang cukup bagi anak anaknya.

Sementara sebagian oarang beranggapan, cahwa cairan tubuh bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah buahan yang banyak mengandung air, ataupun minuman minuman yang mengandung gula seperti air the manis.

Anggapan tersebut tentu saja tidak salah. Namun kita ketahui dampak buruk dari pemberian susu formula dan minuman yang mengandung gula secara berlebihan akan berakibat pada obesitas dan memicu munculnya diabetes dini pada anak anak.

Kondisi ini tidak hanya terjadi di Indonesia, sebagaimana hasil sebuah penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition yang terbit Obtober 2010, yang menyebutkan bahwa anak anak di AS pun banyak yang belum cukup air. Artinya kesadaran akan manfaat air putih masih terbilang rendah.

Kebutuhan cairan pada anak usia 4-8 tahun adalah 1.6 Liter atau 6-7 gelas setiap harinya. Sementara kebutuhan anak usia 9 tahun ke atas akan cairan setara dengan orang dewasa yaitu 2 liter atau 8 gelas setiap harinya.

Terpenuhinya kebutuhan anak akan minuman yang menyegarkan tubh seperti air putih ini akan berdampak pada hal hal berikut.


Manfaat air putih pada anak:

1. Mengurangi sembelit pada anak

Pemberian air minum yang cukup terutama di pagi hari akan membantumelancarkan proses pemcernaan dan membuat masa feses menjadi tidak keras.

2. Mencegah kerusakan pada gigi anak

Air putih sebagai minuman yang menyegarkan, juga bebas dari gula dan sida yang bisa menempel pada gigi anak.

Menurut American Dental Association, fluoridasi oleh air membantu mengurangi kerusakan gigi sebesar 20 hingga 40 persen.

3. Menjaga kesehatan fisik dan mental anak

Air merupakan komponen utama penyusun darah yang berfungsi membawa oksigen dan nutrisi mengalir keseluruh tubuh. Disampung berfungsi sebagai penjaga suhu tubuh agar tetap normal.

Air juga merupakan penyusun cairan limfe dalam sisterm peredaran getah bening yang penting bagi sistem kekebalan tubuh.

Air juga menjaga sistem saraf pusat seperti sumsum tulang belakang juga organ organ vital lainnya. Memberikan minum yang cukup pada anak akan berdampak langsung pada kesehatan anak.

4. membuat anak tetap lincah bergerak.

Air berfungsi sebagai pelumas, yang menjaga lubrikasi dan bantalan persendian.

Kurang minum akan menimbulkan kelesuan pada anak, membuat anak merasa lemas dan malas beraktivitas.

5. Mencerdaskan anak

Minum yang cukup akan berdampak pada daya konsentrasi dan meningkatkan kinerja otak. Hal ini disebabkan air merupakan komponen penting pembentuk darah yang menyampaikan oksigen dan nutrisi penting lainnya pada otak.

6. Menjaga kesehtan mulut

Air putih mengurangi resiko tumbuh dan berkembangnya jamur Candida pada rongga mulut bayi.

Persoalan yang timbul kemudia adalah bagaimana menbiasakan anak minum air putih yang cukup dalam setiap harinya. Tumbuhnya kesadaran anak akan pentingnya minum air putih harus ditumbuhkan sejak dini.

 

Berikut Tips yang bisa mom lakukan pada anak dan balita:

1. Biasakan anak sejak bayi (diatas 6 bulan) untuk minum air putih minimal 1 kali sehari untuk membersihkan rongga mulutnya. Tidak perlu banyak banyak, cukup sesendok dua sendok teh setiap harinya.

2. Biasakan memberi minuman ari putih setiapkali bayi (diatas 6 bulan) selesai makan bubur

3. Pada anak anak yang sudah aktif bergerak, berikan air putih secara berkala, berselang selung dengan pemberian susu.

4. Pada anak anak yang berusia 4 tahun keatas, sering seringlah mengingatkan anak untuk minum air putih dan sediakanlah air putih yang dapt dijangkau anak dengan mudah.

5. Tanamakanlah pengertian, bahwa air putih itu penting bagi tubuh.

 

Source: id.theasianparent.com

Artikel Lainnya

Saat anak mulai rutin beraktivitas, ia memerlukan sepatu terbaik untuk mendukung pergerakannya. Meski di dalam rumah ia bebas bertelanjang kaki – karena lantai rumah yang bersih tentunya –...

Rasanya setiap Ayah ‘tidak rela’ bayi perempuannya tumbuh menjadi gadis kecil, yang suatu hari nanti akan beranjak remaja. Tetapi, pertumbuhan anak tidak akan bisa dielakkan. Dan bagaimana...

Anak dengan Attention Deficit Hyperactive Disorders (ADHD) yang tidak bisa diam dan sulit berkonsentrasi seringkali dianggap biang ribut di kelas saat sekolah. Namun, psikiater anak dan remaja dr. Git...

Saat ini anak bukan hanya akrab dengan gedget, tapi anak juga sudah bisa menemukan angel bagus untuk selfie. Bunda tidak perlu buru-buru melarang, dari selfie sebetulnya anak sedang meniru kebiasaan o...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................