Kandungan Gizi dari Kismis

Jumat, 17 Maret 2017 | 09:01 WIB Penulis : Erni Wulandari


Di sini, kismis paling sering digunakan sebagai bahan pada kue atau roti. Beberapa anak menyukainya sebagai camilan. Ada 2 jenis kismis yang sering ditemui di pasaran, yang berwarna hitam dan kuning, atau sering disebut sebagai sultana. Perbedaannya, kismis hitam biasanya terbuat dari anggur biru, ungu, atau merah, sedangkan sultana merupakan kismis yang dibuat dari anggur hijau tanpa biji.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Toronto terhadap sekelompok anak laki-laki dan perempuan berusia 8-11 tahun dengan berat badan normal selama jangka waktu tiga bulan, konsumsi kismis akan membatasi kalori dan meningkatkan rasa kenyang dibandingkan dengan konsumsi makanan ringan lainnya. Itu sebabnya, kismis bisa membantu diet pada anak yang kelebihan berat badan.


KANDUNGAN GIZI
Kandungan utama pada kismis adalah karbohidrat, vitamin, dan mineral. Kismis juga mengandung gula yang cukup tinggi, yang membuatnya terasa manis. Dan sama seperti kandungan nutrisi buah asalnya, kismis juga kaya akan antioksidan, serat, dan zat besi. Mengonsumsi 40 gram kismis dapat disamakan dengan mengonsumsi satu porsi buah.

AMANKAH DIKONSUMSI ANAK?
Meski memiliki kandungan gizi yang cukup baik, ditambah rasa yang enak dan disukai anak, bentuk kismis yang kecil bisa membuat anak berisiko tersedak. Itu sebabnya, Texas Children Hospital, Amerika Serikat, tidak menganjurkan pemberian kismis pada anak berusia di bawah dua tahun. Jika Anda ingin memberi kismis pada anak yang lebih kecil, pastikan dilakukan di bawah pengawasan orang dewasa, ya!

Tip Mengonsumsi Kismis
- Gunakan sebagai pengganti bahan pemanis dalam makanan anak. Taburkan sekitar 10-15 kismis pada sereal untuk memperoleh rasa manis.
- Gunakan sebagai pengganti cokelat tabur pada roti atau kue. Ini bisa menambah kadar serat pada makanan.
- Pilih kismis dengan warna yang tidak terlalu gelap, serta memiliki tekstur yang baik.

Sebelum kemasannya dibuka, kismis bisa tahan lama di dalam suhu ruang. Namun, begitu dibuka, kismis perlu dimasukkan ke dalam lemari es.

Artikel Lainnya

Anak perempuan berambut panjang yang dikuncir dua memang pemandangan yang bakal bikin gemas. Tetapi, tak seorang pun, selain Mama, yang memahami ’perjuangan keras’ demi mendapatkan pemanda...

Lakukan hal ini untuk hindari dampak pencemaran udara Menghilangkan pencemaran udara, tak semudah membalikkan telapak tangan. Meski demikian, beberapa langkah di bawah ini bisa Anda lakukan, untuk ...

Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit metabolik utama pada anak yang sifatnya kronis dan potensial mengganggu tumbuh kembang anak. Pada anak dikenal 2 jenis diabetes yang paling banyak dijumpai, y...

Cara-cara meningkatkan minat baca pada anak-anak Untuk meningkatkan minat baca pada anak orang tua bisa melakukan beberapa alternatif cara untuk menarik minat anak pada kebiasaan membaca. Cara-cara...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................