Tips Liburan Menyenangkan Bersama Anak Di Akhir Tahun

Rabu, 14 Desember 2022 | 13:52 WIB Penulis :


Apapun jenis liburannya, Anda tentu ingin pastikan ada memori yang tidak akan terlupakan. Di akhir tahun, hampir tiap orang pergi berlibur. Meski kebanyakan melakukannya dengan mobil, ada juga yang menggunakan pesawat terbang. Membawa anak berlibur dengan pesawat terbang bisa jadi tantangan tersendiri bagi para orang tua.  Ada beberapa saran agar perjalanan bersama si kecil jadi lebih menyenangkan: 

  1. Perhitungan waktu sangat penting

    Lakukan perjalanan di pagi hari. Mungkin Anda ingin melakukan perjalanan di waktu tidur anak dengan harapan mereka akan tidur di perjalanan, tapi penerbangan bisa mengganggu ritme anak, terutama di zona waktu yang berbeda. Melakukan perjalanan lebih awal juga kurang berisiko mengalami penundaan dan pembatalan, jadi bila memungkinkan jadwalkan penerbangan di pagi hari. Usahakan tiba di bandara lebih awal. Waktu yang tersisa bisa Anda gunakan untuk merenggangkan  kaki.  

  2. Bersiap-siap

    Bersiap-siap adalah kunci keberhasilan perjalanan bersama anak kecil. Ini berarti mengetahui benda penting yang dibutuhkan anak selama perjalanan. Bila ada penundaan dan pembatalan, Anda tidak perlu mencari toko untuk membeli susu formula. Dan bila Anda terjebak di bandara, Anda tidak kehabisan popok. Semua akan jadi lebih mudah.  

  3. Cari informasi

    Buka web maskapai penerbangan untuk mencari tahu peraturan membawa anak kecil saat terbang. Kebanyakan maskapai membolehkan Anda membawa benda seperti car seat dan stroller untuk dibawa tanpa biaya tambahan.

    Bila Anda berencana menggunakan car seat untuk si kecil selama naik pesawat, cari tahu jenis pesawat yang akan digunakan untuk memastikan tempat duduknya pas dengan car seat milik Anda. Memasang car seat di pesawat bisa membuat stres lho Bun, apalagi bila ada banyak penumpang lain yang memperhatikan Anda.

    Meski anak dibolehkan untuk duduk dipangku orangtua selama penerbangan, Bunda harus tahu kalau ini tidak aman. Jadi menggunakan car seat, atau memilih pesawat yang dilengkapi dengan bassinet untuk anak bisa jadi pilihan paling aman bagi si kecil. Pastikan juga keluarga Anda duduk di baris yang sama atau saling berdekatan.

Bila Anda traveling dengan mobil, Anda akan lebih leluasa untuk bisa berhenti dan keluar dari mobil kapanpun. Jika membawa anak kecil jangan mengemudi lebih dari 2 hingga 3 jam. Anak tidak akan bisa duduk diam selama itu. Lakukan hal menyenangkan selama perjalanan agar anak tidak bosan.

Rencanakan waktu makan ketika bayi bangun dan pilih lokasi yang ramah bayi. Bila cuaca bagus, biarkan bayi bermain di atas selimut di taman atau tempat istirahat daripada tetap diam di dalam restoran. Taman bisa jadi tempat yang lebih privasi untuk menyusui juga kan Bun.

Bila ingin menggunakan ASI perah, simpan ASIP di cooler bag selama hingga 24 jam. Untuk menghangatkan pegang botol di bawah air mengalir di kamar mandi dalam perjalanan. Untuk memudahkan membuat campuran susu formula, siapkan botol berisi susu formula yang sudah ditakar dan termos air hangat. Bila bayi sudah siap menyusu, Anda tinggal tambahkan air hangat ke botol, kocok, dan sajikan. Pilih restoran dengan area outdoor agar batita bisa bermain sambil menunggu makanan. Bawa kantong berisi mainan mobil, boneka dan biarkan ia bermain hingga makanan tiba.

Ingat Bunda, bepergian bisa bikin stres siapapun, termasuk anak kecil. Bicaralah pada anak sebelum hari keberangkatan dan beritahu apa yang akan terjadi. Anak biasanya lelah dan rewel selama traveling. Bila Anda bisa tetap tenang, petualangan ini akan lebih mudah untuk Anda dan si kecil. Selamat berlibur!

 

Source : https://www.ibupedia.com/

Artikel Lainnya

Dalam keluarga Bunda mada yang memiliki riwayat penyakit jantung atau diabetes tipe 2 ? Perhatikan kesthatan si kecil yuk Bunda Studi yang dilakukan oleh Nina Berentzen dari National Institute for ...

Bunda bisa mengajarkan apa saja pada balita. Melalui aktivitas sehari-hari yang bisa langsung dilihatnya, termasuk mengenalkan angka dan huruf. Lewat bermain, pengenalan konsep bilangan dan huruf l...

Meningitis adalah kondisi pembengkakan selaput otak karena infeksi. Pembengkakan selaput otak karena infeksi, penyebabnya bisa jadi karena bakteri, virus, jamur atau patogen-patogen lain. Pada an...

Ternyata, hipertensi bisa menyerang segala usia, usia balita salah satunya. Bagaimana mencegahnya?   Hipertensi pada anak berkisar 1-2%. Anak dengan hipertensi mempunyai risiko hampir 4 kali le...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................