Penting untuk Diketahui! Tips Membersihkan Organ Intim Bayi

Rabu, 08 Maret 2023 | 13:17 WIB Penulis :


Tak hanya pada orang dewasa, organ intim seperti miss v dan mr p bayi juga perlu perawatan maksimal. Ini agar terhindar dari segala masalah kesehatan. Namun ingat, untuk membersihkan dan merawat organ intim bayi, ini perlu tips khusus dan kehati-hatian yang maksimal. 

Organ intim atau kemaluan bayi merupakan area yang sangat sensitif. Ini mengingat bahwa kulit atau pun kondisi organ intim tersebut masih rentan terhadap apapun di sekitarnya. Lalu, bagaimana tips untuk memberikan organ intim tersebut dengan cara yang tepat? Mengutip dari laman theasianparents.com, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan dan merawat organ intim si kecil.

Membersihkan Organ Intim Bayi Perempuan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan organ intim bayi perempuan. Selain agar lebih bersih, hal ini perlu diperhatikan agar organ intim tersebut lebih sehat dan terhindar dari risiko apapun termasuk lecet pun perih. 

  • Cuci tangan sebelum membersihkan organ intim bayi. Bila perlu, gunakan cairan antiseptik untuk membunuh kuman dan bakteri yang mungkin menempel di tangan.
  • Secara perlahan lebarkan atau buka bibir organ intim bayi. Lakukan hal ini dengan sangat hati-hati dan pelan. 
  • Basahi dengan air hangat kain atau kapas. Kemudian gunakan untuk mengelap atau membersihkan organ intim bayi. Mom juga bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan area organ intim bayi. Tapi usahakan untuk menggunakan tisu basah tanpa pewangi atau parfum.
  • Lap dan bersihkan organ intim dari arah depan ke belakang secara hati-hati. 
  • Lap kembali organ intim dengan kain atau tisu yang baru hingga benar-benar bersih. Untuk yang ini, sebaiknya gunakan tisu atau kain kering agar organ intim tidak terlalu lembab.
  •  

Membersihkan Organ Intim Bayi Laki-Laki

Cara untuk membersihkan organ intim bayi perempuan dan laki-laki sebenarnya hampir sama. Dan berikut tips untuk membersihkan organ intim bayi laki-laki tersebut. 

  • Cuci tangan Mom sebelum membersihkan organ intim bayi. 
  • Gunakan kain yang dibasahi dengan air hangat atau gunakan tisu basah tanpa parfum untuk lap.
  • Selanjutnya, Mom bisa membasahi tangan dengan sabun bayi kemudian bersihkan mr p bayi bagian luar. Selanjutnya siram atau bersihkan kembali organ intim bayi dengan kain lap secara perlahan. 
  • Hindari menarik kulup mr p bayi atau menggosoknya dengan keras. Ini bisa membuat organ intim bayi lecet atau pun terluka. 
  • Lap dan bersihkan kembali organ intim bayi dengan tisu atau kain bersih dan kering. 

Itulah tips mudah membersihkan organ intim bayi. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Source : https://www.fimela.com/

Artikel Lainnya

Siapa, sih, yang tidak tahu bahwa buah-buahan adalah sumber makanan penting karena kaya kandungan nutrisi. Tetapi, tidak semua orang menyukai buah-buahan, atau hanya mau mengonsumsi buah-buahan terten...

Lemak merupakan komponen utama dalam membentuk sel-sel di dalam otak. Tapi, bukan berarti dia hanya membutuhkan makanan sumber lemak untuk membuatnya cerdas. Asupan zat gizi mikro juga sangat penting,...

Operasi operasi caesar tahapannya lebih ringkas dari pada persalinan normal. Biasanya operasi caesar akan memakan waktu sekitar 45 menit dari awal sampai akhir (bayi dilahirkan dal...

Moms bingung kegiatan apa yang bisa dilakukan bersama Si Kecil di akhir pekan? Jangan buru-buru mengajak Si Kecil bermain ke pusat perbelanjaan. Moms bisa mengisi waktu Si Kecil dengan cara menyenangk...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................