Cara Mengatasi dan Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak

Senin, 19 November 2018 | 10:40 WIB Penulis : Erni Wulandari


Gigi berlubang menjadi salah satu masalah yang kerap dialami anak-anak. Anak-anak lebih rentan mengalami gigi berlubang karena enamel pada gigi susunya yang lebih lemah dibandingkan enamel pada gigi orang dewasa. Gigi berlubang pada anak dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti bakteri di dalam mulut, kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis, hingga tidak membersihkan gigi dengan baik.

Berbagai faktor ini membuat bakteri dalam mulut anak berkembang biak secara alami hingga membentuk substansi lengket yang biasa disebut plak. Plak ini dapat melapisi permukaan gigi yang secara perlahan akan mengikis enamel gigi yang keras dan membuat lubang pada gigi. Bila kerusakan gigi ini tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan sakit gigi yang parah, infeksi, dan bahkan kehilangan gigi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi dan mencegah gigi berlubang pada anak.

Lantas bagaimana cara mengatasi dan mencegah gigi berlubang pada anak ? Berikut tipsnya :

Bersihkan dan ganti sikat gigi secara teratur

Pilih sikat gigi khusus anak dan pastikan bulu-bulu sikat gigi dapat menjangkau celah-celah gigi geraham anak. Setiap kali menggunakan sikat gigi, bilas dengan air dan biarkan kering. Jangan gunakan penutup sikat gigi karena dapat menampung microorganisme dan bakteri. Selain itu, jangan tinggalkan sikat gigi yang satu ruangan dengan toilet karena bakteri dapat bersarang di atasnya. Selalu ingat untuk mengganti sikat gigi secara teratur atau saat bulu sikat mulai rusak.

Ikuti rutinitas perawatan gigi dasar

Sikat gigi selama 2 menit dan 2 kali sehari. Bila anak sudah cukup besar, ajarkan dia menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang tidak dapat dijangkau dengan sikat gigi dan gunakan obat kumur.

Gunakan pasta gigi fluoride

Saat sikat gigi, gunakan sedikit pasta gigi fluoride. Cukup seukuran sebutir beras untuk anak yang baru belajar sikat gigi dan jumlah fluoride yang lebih banyak untuk anak yang sudah berusia di atas 3 tahun. Anak membutuhkan fluoride untuk membantu gigi mereka tumbuh kuat dan terhindari dari kerusakan gigi. Bila memungkinkan, pilih pasta gigi fluoride dengan stempel American Dental Association (ADA). Dengan begitu pasta gigi telah terbukti aman untuk digunakan oleh anak.

Kunjungi dokter gigi untuk pembersihan rutin

Ajak anak mengunjungi dokter gigi di ulang tahun pertamanya. Semakin awal kunjungan gigi, semakin baik peluang untuk mencegah masalah gigi anak. Dokter gigi dapat membantu menghilangkan plak dan karang gigi yang kadang tidak bisa dilakukan hanya dengan menyikat gigi secara rutin.

Tambahkan suplemen dan vitamin ke dalam makanan

Agar gigi anak sehat dan kuat, beri dia makanan kaya akan serat yang bagus untuk gigi, seperti buah, kacang-kacangan dan sayuran. Makanan yang terbaik untuk gigi adalah apel, pisang, kubus dan kacang polong. Berikan pula makan makanan yang banyak mengandung vitamin B, zat besi, makanan laut yang mengandung banyak vitamin D.

 

 

Sumber : Nakita

Artikel Lainnya

Sejak dini anak sebaiknya dikenalkan pada cara makan yang benar (table manner), agar kelak ia tumbuh menjadi pribadi santun serta diterima di lingkungan sosial. "Sejak anak sudah bisa duduk secar...

Bintik yang mungkin di alami si kecil, apa saja ya Bund : 1. Flu Singpura Bintik yang muncul pada penderita flu Singapura atau penyakit kaki, tangan dan mulut (KTM), adalah bintik-bintik merah di ...

Menjadi orang tua bukanlah sebuah proses yang instan. Kenyataannya, proses ini berjalan bersamaan dengan proses tumbuh kembang anak dan bukan perkara mudah. Misalnya mencoba bersabar saat menemukan di...

Gula sering dijadikan sebagai biang keladi pemicu hiperaktif pada anak. Nyatanya informasi ini sampai sekarang belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Hiperaktif adalah suatu kondisi dimana seorang anak...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................