Tips mengajarkan anak kasih sayang Sejak Kecil

Senin, 13 Maret 2023 | 17:06 WIB Penulis :


Bagaimana cara mengajarkan anak kasih sayang? Ayah dan Ibu bisa mencobanya di rumah melalui tips sederhana berikut ini:

 

1. Menyebut kebaikan pasangan di depan anak

Mengajarkan anak kasih sayang bisa dilakukan dengan cara yang sangat sederhana seperti, menceritakan kebaikan Ayah atau Ibu kepada anak-anak. Saat di rumah, Ibu bisa katakan pada si kecil betapa beruntungnya mereka memiliki Ayah seperti sekarang ini, dan juga sebaliknya.

 

2. Menunjukkan kasih sayang dengan tindakan nyata

Tunjukkan kasih sayang dengan tindakan langsung, supaya si kecil memiliki contoh yang baik dan lebih mudah dimengerti olehnya. Ayah dan Ibu bisa coba contohnya hal berikut:

  • Membantu Ibu membawakan belanjaan 
  • Memeluk Ayah setelah pulang kerja
  • Tidak mengganggu Ayah atau Ibu saat sedang beristirahat
  • Hindari berdebat keras di depan anak saat bertengkar
  • Tidak mengolok-olok fisik pasangan
  • Memuji masakan Ibu saat makan bersama.

Mengajarkan anak kasih sayang perlu bukti yang nyata dan usahakan sudah terlebih dahulu dilakukan oleh Ayah atau Ibu ya!

 

3. Mengasah kepekaan si kecil

Anak-anak bagaikan selembar kertas putih yang masih bersih dan kosong, Ibu atau Ayah sebagai orang tua perlu mengasah kepekaan si kecil jika ingin mengajarkan anak kasih sayang. Misalnya mengajak anak memberi kejutan untuk Ayah atau Ibu saat berulang tahun nanti.

 

4. Membangun komunikasi yang baik dengan keluarga lainnya

Melansir dari laman Pittsburgh Parent, mengajarkan anak kasih sayang dapat dilakukan dengan cara membangun komunikasi yang baik dengan seluruh anggota keluarga di rumah. Anak akan belajar dan meniru kasih sayang, dengan melihat apa yang orang tuanya lakukan terlebih dahulu, terutama interaksi positif antara Ayah dan Ibu. 

Usahakan dapat menjadi teladan yang hangat dan penuh cinta ya, Parents. Supaya orang tua kelak bisa merasakan sendiri manfaatnya.

 

Source : https://www.ibupedia.com/

Artikel Lainnya

Susah sekali membujuk anak-anak minum obat. Pertama, karena rasanya tidak enak. Kedua, aromanya juga tidak enak. Ketiga, karena anak yang sakit tidak berada dalam kondisi mood yang baik, sehingga lebi...

Sesuaikan isi buku dengan usia anak Anak akan lebih mudah memahami bacaan apabila tema dan tokohnya dekat dengan mereka. Sebagai contoh, untuk anak kelas 1-2 SD, buku dengan tema kehidupan sehari-h...

Bagi beberapa anak, belajar mungkin menjadi aktivitas yang sangat membosankan. Saat orang tua meminta anak belajar, tidak sedikit dari mereka yang memiliki banyak alasan agar ia tak perlu belajar...

Naluri seorang Mama sudah pasti ingin melindungi anak dari berbagai hal berbahaya. Tapi yang namanya hal tak terduga pasti pernah terjadi, terutama soal kesehatan anak. Salah satu hal tak terduga y...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................