Beberapa Contoh Kegiatan Montessori

Selasa, 01 Agustus 2023 | 14:02 WIB Penulis :


Tidak hanya di sekolah, kegiatan montessori juga bisa dilakukan di rumah, lho. Berikut ide aktivitas atau permainan berbasis prinsip Montessori yang Ayah Bunda bisa praktikkan bersama anak:

 

1. Membuat Kalung

Kegiatan ini bertujuan melatih kemampuan motorik anak dalam memegang benda yang kecil dan melatih konsentrasi serta kesabarannya. Anak-anak sangat mudah teralihkan konsentrasinya dan kesabaran mereka pun masih rendah. Nah, dengan permainan ini konsentrasi dan kesabaran anak bisa terlatih dengan baik.

Peralatan yang Anda butuhkan cukup sederhana untuk membuat permainan ini. Anda hanya perlu menyiapkan sedotan, gunting, serta benang wol. Gunting sedotan kecil-kecil terlebih dahulu. Lalu, kumpulkan dalam satu wadah khusus. Selanjutnya, minta anak untuk meroncengnya menjadi gelang atau kalung yang cantik. Meski terlihat mudah, namun banyak anak yang kehilangan kesabaran dalam membuatnya.

 

2. Menyusun Puzzle

Puzzle adalah salah satu mainan yang sangat cocok untuk anak-anak. Tidak hanya bisa melatih keterampilan motorik halus, puzzle diketahui juga bisa melatih keterampilan memecahkan masalah pada anak. Selain itu, puzzle dapat menanamkan kebutuhan anak kecil akan keteraturan. Saat anak mengerjakan puzzle, anak dapat mengoreksi sendiri kesalahannya, dengan demikian, ia dapat belajar cara memperbaiki kesalahan tersebut.

 

3. Melukis dengan Jari

Melukis menggunakan jari memungkinkan anak untuk mengeksplorasi menggunakan keterampilan sensoriknya. Kegiatan ini juga merupakan kesempatan untuk anak mengenal warna, dan melihat apa yang terjadi ketika warna-warna dicampur secara bersamaan. Saat anak melukis dengan jari, ini tidak hanya bisa mengeksplorasi sisi kreatif mereka, namun juga mengembangkan koordinasi tangan, mata, serta membantu meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Melukis dengan jari membantu anak belajar cara mengingat berbagai warna dan kombinasi warna yang dapat menghasilkan warna baru.

 

4. Menuang dan Menyendok

Kegiatan montessori lainnya yang dapat membantu melatih kesabaran anak adalah permainan menuang dan menyendok. Anda dapat menyediakan dua buah toples, biji kacang hijau, serta sebuah sendok. Permainan ini cukup mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu meminta anak untuk memindahkan kacang hijau dari toples A ke toples B dengan menggunakan sendok. Bagi Anda, kegiatan ini terlihat sangat mudah. Namun, untuk beberapa anak, mereka bisa kesulitan menyelesaikannya karena tidak bisa konsentrasi dan tidak sabar. Selain melatih kesabaran dan konsentrasi, permainan ini juga membantu melatih motorik dan sensorik anak Anda.

 

5. Membuat Lilin Mainan

Plastisin atau lilin mainan mudah ditemukan di pasaran. Namun, beberapa orang tua kadang khawatir dengan keamanan produknya. Apalagi jika ini dimainkan oleh anak-anak yang masih kecil dan rawan untuk mereka masukkan ke dalam mulut. Jadi, agar lebih aman, Anda dapat mengajak anak membuat plastisin sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan tidak banyak, hanya tepung terigu, pewarna makanan serta air.

Setelah semua bahan tersedia, tuangkan tepung terigu ke dalam wadah secukupnya, dan tambahkan air sedikit demi sedikit. Lalu campur hingga menyatu dan dapat dibentuk. Setelah itu, bagi menjadi beberapa buah, dan warnai dengan beraneka ragam warna sesuai keinginan anak. Permainan ini bertujuan untuk mengasah sensorik, motorik, serta mengenal tekstur dan warna.

 

6. Basah dan Kering

Kegiatan Montessori terakhir yang dapat dilakukan anak Anda di rumah adalah mengenal tekstur basah dan kering. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan memberikan mereka beberapa potong kapas bahasa dan kapas kering. Lalu, mintalah anak Anda untuk mengelompokkan kapas basah dan kapas kering ke dalam wadah yang berbeda. Melalui permainan ini anak dapat mengasah motoriknya, sehingga Ia bisa dengan mudah mengenal berbagai tekstur

 

Source : https://www.altaschool.id/

Artikel Lainnya

Masa balita merupakan masa emas pada fase tumbuh kembang anak sehingga perlu distimulasi dengan baik. Proses stimulasi yang diberikan bisa juga lo Moms dilakukan di rumah dengan biaya yang murah. B...

Cacar air adalah penyakit kulit yang disebabkan virus Varicella zoster. Penyakit ini ditularkan melalui udara. Gejala utamanya adalah timbul lenting berair dengan dasar kulit kemerahan di kulit. Kadan...

Melihat buah hati tumbuh sehat, aktif dan bahagia tentu menjadi dambaan setiap orangtua. Karena kebahagiaan anak di masa kecil, sangat mempengaruhi proses tumbuh kembangnya hingga beranjak dewasa. ...

Anak Mudah Marah, Wajarkah? Contohnya saat menginginkan sesuatu dia harus mendapatkannya. contohnya si kecil main di taman dekat rumah, anak pun berperilaku seperti itu, langsung marah dan ngamuk kep...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................