Rayakan Libur Sekolah Dengan Kegiatan Dibawah Ini!

Selasa, 01 Agustus 2023 | 14:08 WIB Penulis :


1. Memasak Bersama

Memasak bersama anak adalah salah satu cara merayakan hari anak yang bisa Anda lakukan di rumah. Ajaklah anak Anda membuat adonan kue bersama dan tanyakan padanya resep kue apa yang ingin Ia buat. Nah, setelah kue selesai, jangan lupa juga untuk memberi beberapa warna lapisan gula, pada lapisan atas kue tersebut.

Berikan anak kesempatan untuk menabur coklat, menambah dekorasi lain yang mereka suka, atau bisa izinkan anak untuk memotong kue, dengan berbagai cutter kue aneka bentuk. Setelah semua selesai, duduklah bersama anak dan nikmatilah kue bersama dengan pesta kecil-kecilan.

 

2. Berkemah

Berkemah adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat Anda lakukan bersama anak. Tidak harus berkemah di alam terbuka, namun Anda  bisa membangun tenda di halaman rumah. Jangan lupa buat api unggun kecil dan bawa beberapa makanan yang dapat dibakar di api unggun tersebut. Nah, nikmatilah makanan Anda dengan anak di dalam tenda, sambil bercerita tentang apa pun. Momen ini juga dapat dijadikan kesempatan untuk Anda mengajarkan banyak hal pada anak.

 

3. Berburu ‘Harta Karun’

Permainan ini adalah permainan yang menggabungkan petualangan dan fantasi, serta sifat ingin tahu anak. Berburu harta karun merupakan kegiatan sempurna untuk bersenang- senang bersama anak. Permainan yang satu ini sangat cocok untuk anak yang suka berpetualang. Anda dapat menyembunyikan hadiah menarik di berbagai sudut rumah. Contohnya coklat, mainan, permen, atau lain sebagainya. Nah, jangan lupa juga berikan anak petunjuk untuk mencari harta karun tersebut.

 

4. Menonton Film Marathon

Banyak sekali film keluarga atau film anak-anak yang dapat Anda tonton bersama anak, contohnya Toy Story, Nussa Rara, dan lain sebagainya. Untuk merayakan hari anak,  Anda bisa mengajak anak bersantai sambil menonton film kesukaannya. Siapkan juga cemilan, minuman, dan selimut untuk dipeluk bersama anak. Kegiatan ini dapat menjadi momen menyenangkan yang akan diingat oleh anak.

 

5. Bernyanyi Bersama

Bernyanyi bersama anak dapat memberikan banyak manfaat, diantaranya yakni untuk mendorong inklusi sosial, membangun kepercayaan diri, mendukung pengembangan keterampilan sosial, meningkatkan harga diri, serta kemampuan untuk bersama – sama bisa menghasilkan suatu karya dalam dunia seni.

Anda bisa memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih lagu yang Ia suka. Merayakan hari anak dengan bernyanyi bersama, dapat membantu mempererat hubungan Anda dan anak. Selain itu, kegiatan ini bisa memperbaiki suasana hati loh.

 

6. Mendongeng atau Bercerita

Cerita rakyat saat ini perlahan mulai pudar di kehidupan sehari-hari. Padahal, cerita rakyat dulunya acap kali diceritakan pada anak. Nah, pada momen hari anak Anda dapat mengenalkan kembali dongeng atau cerita rakyat kepada anak. Sebab, cerita rakyat pada umumnya dipenuhi dengan pesan – pesan moral yang baik untuk anak. Selain mendongeng, Anda juga bisa mendorong anak membaca cerita tersebut  sendiri. Setelah Ia membaca, tanyakan padanya apa yang Ia tangkap dari cerita tersebut.

 

7. Menggambar Bersama

Anak – anak sangat suka menggambar, bahkan mereka sering menggambar di tembok rumah. Selain meningkatkan kreativitas anak, menggambar juga berguna untuk mengembangkan motorik halus mereka.

Di hari anak, Anda dapat membelikan alat gambar atau alat lukis yang cocok untuk anak-anak. Lalu ajak anak untuk melakukan kegiatan menggambar atau melukis bersama. Terlepas dari bagus atau tidak gambar yang dihasilkan, jangan lupa berikan pujian kepada anak. Selain itu, Anda juga bisa memajang gambar tersebut di dinding, agar anak merasa bangga.

 

8. Liburan di Tempat Favorit Anak

Saat ini, Anda sudah mulai bisa mengunjungi beberapa tempat liburan. Untuk merayakan hari anak, tidak ada salahnya Anda mengajak anak bermain di tempat liburan favorit mereka. Agar lebih spesial, biarkan anak yang memilih tempat mana yang ingin Ia kunjungi. Namun, sebaiknya pastikan juga tempat tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan yang baik. Beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi bersama anak adalah kebun binatang, taman bermain, atau museum.

 

Source : https://www.altaschool.id/

Artikel Lainnya

Tak ada yang bisa menggantikan peran pentingnya orangtua dalam kehidupan anak. Baik peran orangtua dalam kesehatan anak, peran orangtua dalam pendidikan anak, dan lain sebagainya. Dalam artikel ini...

Biang keringat cenderung kambuhan, terutama ketika suhu udara meningkat. Kurangi biang keringat dengan cara berikut : 1. Pilih Baju Berbahan Katun. Suhu dan kelembapan tinggi membuat si kecil mudah...

Ada kalanya Ibu harus menghadapi momen-momen saat anak digigit serangga. Gigitan serangga tentu sangat terasa menyakitkan untuk si kecil. Yuk cari tahu apa yang harus Ibulakukan saat anak digigit sera...

The American Academy of Sleep Medicine menganjurkan batita tidur pada pukul 19.30, dan bagi usia prasekolah tidur pada pukul 20.00. Namun, tak sedikit balita yang tidak beranjak tidur pada jam tersebu...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................