Tanda Anak Tumbuh Cerdas Sejak Dini

Selasa, 01 Agustus 2023 | 14:55 WIB Penulis :


Jakarta - 

Sejak anak lahir, mereka sangat luar biasa di mata Bunda. Setiap kemampuan barunya semakin membuat Bunda yakin bahwa Si Kecil pasti cerdas. Ternyata, hal tersebut tidak sesederhana itu.

Hal yang wajar ketika orang tua menganggap masing-masing anak mereka pintar, bahkan sejak kecil. Apalagi jika Si Kecil mencapai keterampilan dan kemampuan tertentu lebih cepat dari teman sebayanya.

Misalnya saja, ketika anak Bunda mulai berjalan lebih cepat dari anak kebanyakan atau sudah dapat berlari lebih kencang dan stabil dari teman-temannya. Namun, kondisi ini tidak menjamin anak lebih pintar di masa yang akan datang.

Anak yang pintar sejak kecil dapat dilihat dari beberapa aspek, Bunda. Melansir laman Romper, Si Kecil bisa berbagai kemampuan di usianya yang terlalu dini.

"Kecerdasan belum stabil dan permanen sampai usia anak 6 atau 7 tahun. Anak-anak dapat menunjukkan kecerdasan tinggi pada usia dini, seperti prasekolah," kata Han Ren, Ph.D., seorang psikolog anak usia sekolah yang berbasis di Amerika Serikat dikutip dari laman Romper.

"Tapi itu bukan indikator kecerdasan masa depan yang dapat diandalkan. Sementara IQ yang diperoleh anak usia 7 tahun kemungkinan besar akan tetap stabil selama sisa umur mereka," lanjutnya.

Nah, apa saja tanda-tanda anak pintar sejak kecil Bunda? Berikut sederet tanda-tanda yang ditunjukkan anak dengan IQ tinggi seperti dilansir laman Learning Liftoff

Tanda-tanda anak pintar

1. Memori yang luar biasa

Ingatan yang baik penting bagi anak-anak untuk belajar dan menyimpan informasi baru, baik di sekolah maupun di rumah.

Faktanya, menurut psikolog dan penulis Tracy Packiam Alloway mengatakan kinerja memori tidak hanya memengaruhi pembelajaran dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, tetapi juga untuk pengambilan keputusan dalam aktivitas sehari-hari hingga dewasa.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa anak-anak dengan ingatan yang baik juga lebih pandai dalam berbohong, Bunda. Jadi, pastikan Bunda tetap mendampingi Si Kecil dalam masa perkembangan untuk terbuka pada orang tuanya. 

2. Keterampilan membaca lebih awal

Rata-rata, anak-anak yang sangat cerdas mulai bisa membaca sebelum usia empat tahun. Di saat sebagian besar anak lainnya mencapai standar kemampuan ini di usia mendekati enam atau tujuh tahun.

"Membaca untuk pikiran sama seperti olahraga untuk tubuh," tulis penulis esai Inggris Joseph Addison. 

Anak yang cerdas biasanya akan sangat berminat membaca ketika mereka memulainya. Mereka akan terus melakukannya terus-menerus seperti tenggelam dalam kegiatan membaca. 

3. Rasa ingin tahu yang tinggi

Menurut Harvard Business Review, keingintahuan sama pentingnya dengan kecerdasan. Memiliki pikiran yang ingin tahu adalah indikator keberhasilan yang baik.

Anak-anak yang banyak bertanya menunjukkan keinginan bawaan untuk belajar. Saat mereka mencari kesempatan untuk belajar di mana pun mereka berada, mereka mengembangkan pikiran dan kecerdasan mereka lebih lanjut.

4. Humoris

Sejarah mencatat ada banyak orang sukses dunia yang memiliki selera humor yang tinggi. Untuk itu jangan mengecilkan selera humor anak.

Hal ini rupanya bisa menjadi tanda kecerdasan Si Kecil di masa depan. Orang yang humoris tidak hanya cerdas secara kognitif, tetapi juga selaras dengan kemampuan emosionalnya. 

5. Kemampuan musik yang baik

Studi menunjukkan hubungan antara kemampuan musik dan menjadi cerdas. Penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak mendapat manfaat akademis ketika mereka menerima pendidikan musik.

Orang tua dapat memperkenalkan musik kepada anak-anak sejak usia dini, meskipun mereka tidak memiliki bakat musik tertentu. Para peneliti percaya bahwa pelatihan musik berdampak pada otak dan membuka kemampuan berpikir kreatif Si Kecil.

 

Source : https://www.haibunda.com/

Artikel Lainnya

Anak-anak, terutama bayi dan balita, tergolong rentan karena daya tahan tubuh mereka belum sempurna. Adapun penyakit yang kerap menyerang mereka adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas). Batuk pi...

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan vaksin Covid-19 buatan perusahaan China, Sinovac, untuk anak berusia enam sampai 11 tahun. Vaksinasi untuk anak usia sekolah dasa...

Penyebab Anak Menjadi Hiperaktif Hiperaktif merupakan gejala dari masalah lain, termasuk penyakit mental dan fisik. Kondisi ini bukanlah suatu penyakit yang berdiri sendiri. Penyebab paling um...

Salah satu cara mendidik anak ialah dengan mengucapkan kalimat-kalimat yang baik baginya. Namun kadangkala, kata-kata orang tua tanpa disadari justru melukai anak dan berdampak buruk untuknya. Apabila...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................