Mengatasi Anak Makan Yang Suka Lari-Larian

Selasa, 13 Februari 2024 | 14:29 WIB Penulis :


Waktu makan anak usia balita (di bawah lima tahun) bisa jadi 'PR' tersendiri nih buat para bunda. Inginnya sih anak bisa duduk anteng di baby chair-nya saat makan, tapi ternyata anak malah nggak bisa duduk anteng bahkan sampai lari-larian. Duh! Menguji kesabaran banget ya, Bun. He-he-he.

Memang kita mesti sabar, Bun. Soalnya, seperti kata psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo atau akrab disapa Anas, anak balita memang belum bisa saklek duduk anteng saat makan. Apalagi, tipe anak berbeda-beda. Ada juga kan, Bun, anak yang sekali menyuap makanan, langsung lari dan saat makanan di mulutnya sudah habis, dia pun balik lagi.

"Belum bisa duduk anteng pas makan bisa sampai usia 5 tahun. Karena nanti pas anak umur 5 tahun, udah sekolah, pas waktu istirahat kan dia makan bareng sama temannya," kata Anas waktu ngobrol sama HaiBunda.
 

Menurut Anas, nggak apa-apa, Bun kalau anak balita belum bisa duduk anteng saat makan. Kita perlu ingat juga, supaya anak bisa duduk tenang, sensorinya juga harus sudah matang, termasuk dia butuh merangkak dan main sepeda roda dua buat kematangan duduknya.


Selain itu, Anas bilang ada ekspektasi waktu anak duduk anteng yaitu dua sampai tiga kali usianya. Misalkan, untuk anak umur tiga tahun, paling lama dia bisa duduk anteng sembilan sampai sepuluh menit. Maka dari itu, kalau mengajak anak pergi ke acara tertentu, sebisa mungkin ke tempat yang child friendly ya.

"Dengan begitu, saat anak bosan duduk, dia bisa main. Nah, kalau anak disuruh setengah jam duduk anteng susah sih ya. Kita kayak memaksa anak. Apalagi kita tahu kapasitas tiap anak kan berbeda-beda," kata Anas yang juga berpraktik di Klinik Petak Pintar.

Supaya anak mau makan, suasana yang menyenangkan penting juga, Bun. Seperti kata psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani atau akrab disapa Nina, suasana yang menyenangkan termasuk juga nggak memaksa anak untuk makan. Buat balita, ketika mereka lari-larian saat makan, wajar terjadi kok, Bun.

Nina bilang, kita bisa ngasih tahu ke anak untuk belajar duduk anteng saat makan. Tapi, nggak perlu dipaksa ya, Bun. Untuk melatih anak duduk anteng saat makan, bisa juga dengan mengajak mereka makan bersama di meja makan. Jadi, sekalian kita mencontohkan cara makan yang seharusnya kayak apa sih.

 

Source : https://www.haibunda.com/

Artikel Lainnya

Berpuasa memang tidak dianjurkan untuk anak-anak yang belum akil balig atau dalam masa pertumbuhan karena akan mengganggu kesehatan dan aktivitas hariannya. Namun, tidak ada salahnya untuk mempersiapk...

Tak ada cara yang efektif mengatasi problema makan anak selain dengan mencari tahu penyebabnya. Jika anak Anda kurang berselera saat makan, coba beberapa tips ini. * Jangan berikan susu atau jus me...

Tahukah Anda, setiap 40 detik ada 1 orang melakukan bunuh diri di Indonesia? Bahkan di beberapa negara maju, jumlah ini lebih banyak lagi. Salah satu pemicu seseorang melakukan bunuh diri adalah gangg...

Sinar Matahari memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Kita semua memerlukan paparan sinar matahari setiap hari karena sinar matahari merupakan sumber utama Vitami...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................