Yang Perlu Moms Tahu Soal Penggunaan Minyak Telon untuk Anak

Kamis, 01 Agustus 2024 | 08:24 WIB Penulis :



Kata General Manager Brand Portofolio Strategy & Innovation My Baby, Dahlia Yolanda, perlu diperhatikan penggunaan minyak telon pada anak. Karena tidak semua anggota tubuh disarankan untuk di oleskan dengan minyak telon, ada area-area tertentu yang memang dilarang.


"Daerah yang dilarang antara lain adalah bagian wajah, dan bagian sensitif anak perempuan maupun laki-laki," kata Dahlia beberapa waktu lalu.

Tapi gimana ya kalau mengoleskan minyak telon ke pipi atau ke kening anak untuk menghindari gigitan nyamuk atau saat area tersebut bentol? Sebetulnya tidak masalah asalkan jangan sampai mengenai area mata.

"Gunakanlah minyak telon untuk si kecil pada bagian kaki, tangan, punggung dan perut," sambung Dahlia.

Terkait volume pemakaiannya sendiri, sebetulnya tidak ada batasan, tergantung pada kebutuhan si anak saja. Sebenarnya kapanpun Moms gunakan minyak telon untuk penghangat tubuh anak dan perlindungan dari gigitan nyamuk itu bebas-bebas saja. Sebab, minyak telon rata-rata mengandung bahan alami yang aman untuk kulit anak.

Meski begitu, umumnya dalam sehari Moms bisa gunakan empat kali. Pertama adalah pagi saat mandi pagi. Kedua, saat makan siang dan saat bermain. Ketiga adalah sore saat setelah mandi sore. Keempat yaitu saat malam hari ketika akan tidur.

Terkait pemakaian minyak telon pada bayi, dr Margaretha Komalasari SpA dari Kemang Medical Care beberapa waktu lalu menyarankan memilih yang mengandung bahan alami karena kulit bayi sensitif. Terkait meredakan keluhan gatal akibat digigit nyamuk, jika anak sudah telanjur digigit nyamuk, pada gigitan pertama pemberian minyak telon bisa membantu meredakan reaksi peradangan.

"Pilihan lainnya, Bunda bisa menggunakan lidah buaya. Tapi, jika gigitan sudah bukan yang pertama, bisa jadi sudah terjadi infeksi dan untuk mengatasinya harus menggunakan salep tertentu," ucap perempuan yang akrab disapa dr Ata ini.

 

Sumber : Haibunda.com

Artikel Lainnya

Cara Mengembangkan Keterampilan Motorik Anak Bayi umumnya mulai belajar keterampilan motorik sejak usia 5–6 bulan. Untuk mengoptimalkan keterampilan motorik Si Kecil, Moms dan Dad dapat meran...

Sabun mandi anak antibakteri dan tanpa SLS merupakan salah satu produk yang sebaiknya dimiliki para ibu. Ya Moms, saat si kecil sudah berusia 2 tahun ke atas, Anda perlu mengganti sabun mandi bayi den...

Kesibukan anak tentu bertambah setelah ia masuk sekolah. Anak harus fokus belajar di sekolah, lalu mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, les tambahan, dan mengerjakan PR. Belum lagi, ia membutu...

Pria manapun bisa menjadi seorang ayah secara biologis, namun hanya seseorang yang istimewa saja yang bisa menjadi seorang ayah yang baik. Ada sesuatu yang khusus dari keberadaan dan keterlibatan seor...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................