Mencegah Anak Jadi Manja

Senin, 20 Juni 2016 | 11:20 WIB Penulis : Erni Wulandari


Anak yang semakin tua justru tidak menjamin ia semakin mandiri. Jika Bunda tidak membiasakannya untuk mandiri, si kecil akan jadi semakin manja. Memberikannya terlalu banyak hadiah dan membiarkannya untuk bermalas-malasan akan memicu anak yang manja. Justru, Bunda perlu melakukan cara untuk mencegah agar anak tidak manja agar ia menjadi sosok yang cerdas.

1.Membuat aturan berupa kesepakatan
Ada baiknya Bunda membuat aturan untuk memberitahu anak bahwa ada batas-batas yang tidak boleh ia langgar. Misalnya jam berapa ia harus mandi atau jam-jam untuk menonton televisi dan bermain gadget. Ini akan membantu Bunda agar si kecil tidak meminta waktu tambahan.  Anak-anak mengetahui bahwa ulah yang mereka buat akan membuat Bunda konsisten. Untuk itu, buatlah aturan berdasarkan kesepakatan antara Bunda dan si kecil untuk menjaga konsistensi.

2. Jadikan ia seorang penolong

Bunda harus membiasakan si kecil melakukan berbagai hal sendiri. Sebagai langkah awal,  Minta anak untuk membantu Bunda memasak atau membereskan mainan sebagai salah satu cara agar ia belajar mandiri. Tugas-tugas ini juga akan membuat anak memiliki rasa tanggung jawab. Bantu anak untuk berpikir bahwa di rumah ada orang lain yang juga membutuhkan bantuannya.

3.Membiarkan anak merasakan kekecewaan
Ada kalanya anak perlu mengetahui rasanya kecewa. Bunda jangan selalu membahagiakan anak, jika memang ada saat nya ia kecewa biarkan anak merasakannya. Misalnya ketika tidak jadi pergi ke suatu tempat karena alasan tertentu, Bunda perlu menjelaskan pada anak bahwa tidak selamanya rencana dapat berjalan dengan baik. Dengan begitu, anak belajar mengendalikan diri dan tidak mudah menyerah ketika menghadapi kendala.

4. Jangan terlalu banyak tawar menawar
Jika sudah ada aturan yang jelas, jangan memberikan peluang kepada anak untuk menawar. Anak akan menganggap bahwa segala sesuatu bisa dilakukan sesuai dengan keinginannya. Jangan mudah terpancing untuk memberikan iming-iming hadiah ketika ia menolak melakukan sesuatu. Ada baiknya Bunda memberikan hadiah setelah ia melakukan prestasi yang tidak biasa ia lakukan.

5. Jangan selalu mengatakan “tidak”
Ternyata, tidak memberikan anak kelonggaran justru menyebabkan anak manja. Seorang anak yang banyak dilarang justru akan nekat untuk melakukan apa yang ia mau. Atau ia akan mencari perhatian dengan melakukan apa yang Mama larang. Jika ada permintaan yang wajar dan tidak buruk untuknya, tak ada salahnya untuk anak mencobanya. Hal ini dapat membantu untuk mencegah agar anak tidak manja.

 

Sumber : Nakita

Artikel Lainnya

Jakarta -  Air putih sangat baik untuk tubuh karena dapat menjaga kadar cairan sehingga terhindar dari dehidrasi. Air putih memang sangat bermanfaat, tetapi apakah air putih bermanfaat da...

JAKARTA - Memasuki musim penghujan, tentunya membuat Moms khawatir pada kesehatan si kecil. Sebab, pada masa sekarang ini, sangat rentan bagi si kecil terserang flu. Bahkan, tidak jarang kurangnya pem...

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus gagal ginjal akut misterius yang menyerang anak-anak usia 6 bulan hingga 18 tahun mengalami peningkatan signifikan dalam dua bulan terakhir. Kementerian Kesehatan ...

Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang sehat. Nah, tidak jarang orang tua kerap melarang anak untuk mengonsumsi ini dan itu. Menanggapi hal ini, DR dr Zakiudin Munasir SpA(K) mengatakan me...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................