Tips Ajarkan Anak

Jumat, 22 Juli 2016 | 15:33 WIB Penulis : Erni Wulandari


Pada usia lima tahun, anak akan belajar mengenai karakteristik jam, jarum panjang dan jarum pendek, atau membaca angka pada jam digital. “Bunda dapat membimbing anak untuk memahami peristiwa tertentu. Saat jarum panjang lurus ke atas dan jarum pendek ke angka sembilan, itu tandanya kamu harus tidur,” ujar Robert Billingham, PhD., profesor kajian pengembangan manusia dan keluarga dari Indiana University. “Namun jangan berharap ia memahami konsep besar untuk memberi tahu jam berapa saat itu.”

Sebagai tahap awal, Bunda bisa mengajak anak membaca angka yang tertera pada jam digital. Mungkin baginya angka-angka itu tidak bermakna, namun anak pasti bangga karena sudah dapat membaca jam. Anak-anak di kelas satu dan dua SD biasanya sudah mulai mencari tahu cara membaca jam yang lebih rumit dengan jarum panjang dan jarum pendek. Tetapi tak perlu khawatir, jika anak-anak berusia enam atau tujuh tahun belum mengerti bahwa angka 6 bisa berarti 30 dan angka 3 bisa berarti 15. Waktu, bagaimana pun, adalah obsesi orang dewasa. Anak-anak terpesona oleh pemahaman akan waktu, apa itu jam, dan bagaimana cara bekerjanya. Namun mereka sama sekali tidak tertarik membiarkan waktu mengontrol hidup mereka. Inilah pelajaran di mana banyak orang tua ingin sekali bisa memahaminya.
 

Tips agar anak mudah memahami waktu:

  • Saat berbicara dengan anak, sisipkan kata-kata keterangan waktu. Misalnya, besok, kemarin, tadi pagi, minggu depan, dan sebagainya.
  • Jelaskan urutan aktivitas kepada anak. Daripada menggunakan kalimat: “Kita akan berenang pukul 4 sore,” lebih baik katakan: “Kamu makan siang dulu, setelah itu tidur siang. Nanti kalau sudah bangun, kita bisa pergi berenang.”
  • Gunakan kalender untuk menandai peristiwa khusus, misalnya tanggal ulang tahun seluruh anggota keluarga, atau rencana liburan tahun baru. Kalender akan membantu anak memahami hari, minggu, bulan, dan tahun.
  • Ajak anak membuat sendiri jam analog. Jika ia sudah mengenal angka, Bunda bisa bertanya, angka berapa di jarum panjang dan angka berapa di jarum pendek.
  • Bacakan cerita-cerita yang berkaitan dengan waktu.

 

Sumber : Parenting

 

Artikel Lainnya

Musim hujan merupakan kabar baik bagi kuman, pembawa bibit penyakit. Sebab, perubahan suhu menyebabkan bibit penyakit mudah berkembang biak, sehingga dapat  menyerang setiap saat, utamanya anak y...

Vitamin C kerap menjadi senjata andalan Bunda untuk membangun kekebalan tubuh si kecil, agar tidak gampang kena batuk dan pilek. Dan selama ini, jika membicarakan tentang buah-buahan yang mengandung v...

Tiba-tiba saja pasangan Anda diundang untuk menghadiri reuni SMA. Tak masalah, kok. Anda pasti bisa menangani anak. Lagipula hanya sebentar, kan. Dan tak ada salahnya memberikan waktu me tim...

Kelihatan nya lucu ya Bunda saat si kecil memasukan kaki mungilnya ke sepatu milik Bunda atau Ayah, karena dengan sepatu itu dia akan berusaha berjalan dengan normal. Tapi pada usia 2 tahun balita aka...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................