Sering Memukul Anak. Apa Efek Jangka Panjangnya

Kamis, 06 Oktober 2016 | 13:29 WIB Penulis : Erni Wulandari


Menghukum anak dengan cara memukul lebih banyak dilakukan oleh orangtua zaman dulu. 

Namun tak dimungkiri, metode hukuman ini masih banyak diterapkan oleh orangtua di era modern seperti sekarang. Anak sering dipukul dengan harapan ia akan lebih disiplin.

Sebenarnya, pukulan menjadi bagian dari hukuman orangtua pada anak, hingga sekarang masih menuai perdebatan di kalangan guru, psikolog, dan orangtua.

Menurut laporan dari Washington Post, sekarang ini semakin sedikit jumlah orangtua di Amerika Serikat yang menerapkan metode hukuman spank (memukul tanpa melukai) pada anak.

Kondisi ini pun menjadi kontras dengan laporan bahwa mayoritas orangtua di AS tetap mendukung metode hukuman spank.

National Association of Pediatric Nurse Practitioners (NAPNA) pada tahun 2011 sempat mengangkat isu metode menghukum dengan cara memukul seperti itu. 

"Hukuman fisik memiliki faktor risiko penting, di mana anak-anak dapat mengembangkan pola perilaku impulsif dan anti sosial. Anak-anak yang lebih sering mengalami hukuman fisik lebih mungkin untuk terlibat dalam perilaku kekerasan di masa dewasa," jelas NAPNA. Jadi, anak yang sering dipukul akan tumbuh menjadi pelaku kekerasan.

Hampir mirip dengan NAPNA, pada tahun 2012, American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, menyimpulkan bahwa hukuman fisik dapat mengubah perilaku anak dalam waktu singkat, meningkatkan keagresifan anak, dan dapat menurunkan moral perilaku anak.

Kesimpulannya, metode menghukum anak dengan cara memukul mungkin memang menolong orangtua untuk jangka pendek.  Namun, sebenarnya cara tersebut dapat berbahaya bagi anak sendiri untuk efek jangka panjang.

Pasalnya, anak belajar, saat menyelesaikan masalah ada metode alternatif lainnya yakni dengan hukuman fisik. Daripada anak sering dipukul coba cari jalan lain seperti menerapkan konsekuensi.

Sumber : Kompas Female

Artikel Lainnya

Teh merupakan salah satu jenis minuman yang paling populer. Minum teh juga menjadi sebuah tradisi di beberapa negara di dunia. Bagi sebagian orang, teh memberikan efek rasa nyaman dan menenangkan sepe...

Bulan-bulan kebelakang ini pastinya si Kecil merasa bosan berada di rumah saja. Meski kegiatan sekolah telah kembali dimulai, namun ia belum dapat bertemu dan bermain bersama teman-temannya. B...

Jakarta -  Sejak anak lahir, mereka sangat luar biasa di mata Bunda. Setiap kemampuan barunya semakin membuat Bunda yakin bahwa Si Kecil pasti cerdas. Ternyata, hal tersebut tidak se...

Ketergantungan balita pada gadget bisa diatasi dengan mengajaknya aktif bergerak. Berikut aktivitas fisik yang akan mengalihkan anak dari gadget. 1.    Menari Daftarkan anak ke seko...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................