Jika Anak Makan Berlebihan

Kamis, 23 Februari 2017 | 15:07 WIB Penulis : Erni Wulandari


Bunda tentunya tidak ingin balita mengalami kegemukan karena nafsu makannya besar, sementara ia maalas beraktivitas. Dr Lynn Macitntyre, profesor nutrisi dari University of Calgary. Kanada memberikan tip bagi Bunda untuk membantu mengatur nafsu makannya: 

1. Jika anak minta makan karena ia bosan atau tegang. Bantu ia mengatasinya dengan mengajaknya bermain atau bernyanyi. Beri makan saat ia lapar saja.
2. Jangan gunakan makanan sebagai hadiah atau alat penenang.
3. Tepati jadwal makan. Sebab anak yang terlalu lapar biasanya akan makan banyak.
4. Beri contoh. Jika Bunda terbiasa ngemil anak pun akan menirunya.


Bunda jangan keburu senang jika anak tampak lahap mengonsumsi makanan apapun yang Bunda hidangkan. Apalagi jika ia hampir tidak pernah berhenti mengunyah atau terus menerus merasa lapar.
Seperti yang terjadi pada 3 anak asal India, yang pada akhirnya didiagnosa mengalami sindrom Prader-Willi. Ini merupakan kondisi genetik yang langka dan menyebabkan berbagai macam masalah, seperti rasa ingin makan terus menerus, yang dipicu oleh perasaan lapar yang menetap dan bisa mengarah pada kelainan berat badan yang berbahaya. Pertumbuhan menjadi terbatas sehingga perawakan tubuh menjadi pendek. 

Sindroma ini juga mengurangi masa otot, sehingga membuat penderitanya mengalami kesulitan belajar, kurang perkembangan seksual dan masalah prilaku seperti mudah marah atau keras kepala. Sindrom ini disebabkan oleh cacat genetik pada kromosom nomor 15, yang terjadi murni secara kebetulan dan biasanya didiagnosis dengan melakukan tes genetik. Sayangnya tidak ada obat untuk kondisi tersebut.
 
Seorang dokter anak di Mandavia Children's Hospital, Gujarat, India dr Akhsay Mandavia mengatakan "Ada akumulasi abnormal lemak pada anak yang menderita sindrom ini. Mereka akhirnya tidak mampu bernafas secara normal sehingga timbul mengi".

Artikel Lainnya

Ada kalanya kita merasa ragu untuk menyentuh obat-obatan kimia, dan kemudian mencari alternatif obat tradisional saja untuk menyembuhkan flu. Tak ada salahnya kok jika memang Bunda mengurangi obat-oba...

Jakarta - Kedewasaan dan kemampuan untuk mandiri mungkin belum dimiliki oleh anak-anak. Itulah sebabnya wajar jika Si Kecil sering takut akan banyak hal. Namun, bukan berarti orangtua bisa t...

Banyak faktor yang memengaruhi oleh tumbuh kembang anak. Mulai dari nutrisi yang ia dapat hingga stimulus yang didapatkan dari sekitarnya. Namun, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan peran ayah dal...

Anak tidak bisa ‘diam’, adalah hal biasa. Membuka tutup pintu lemari berulang-ulang, mengosongkan isi keranjang dan menyembunyikan sesuatu, adalah cara anak mengeksplor apa yang ada di sek...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................