Jika Anak Makan Berlebihan

Kamis, 23 Februari 2017 | 15:07 WIB Penulis : Erni Wulandari


Bunda tentunya tidak ingin balita mengalami kegemukan karena nafsu makannya besar, sementara ia maalas beraktivitas. Dr Lynn Macitntyre, profesor nutrisi dari University of Calgary. Kanada memberikan tip bagi Bunda untuk membantu mengatur nafsu makannya: 

1. Jika anak minta makan karena ia bosan atau tegang. Bantu ia mengatasinya dengan mengajaknya bermain atau bernyanyi. Beri makan saat ia lapar saja.
2. Jangan gunakan makanan sebagai hadiah atau alat penenang.
3. Tepati jadwal makan. Sebab anak yang terlalu lapar biasanya akan makan banyak.
4. Beri contoh. Jika Bunda terbiasa ngemil anak pun akan menirunya.


Bunda jangan keburu senang jika anak tampak lahap mengonsumsi makanan apapun yang Bunda hidangkan. Apalagi jika ia hampir tidak pernah berhenti mengunyah atau terus menerus merasa lapar.
Seperti yang terjadi pada 3 anak asal India, yang pada akhirnya didiagnosa mengalami sindrom Prader-Willi. Ini merupakan kondisi genetik yang langka dan menyebabkan berbagai macam masalah, seperti rasa ingin makan terus menerus, yang dipicu oleh perasaan lapar yang menetap dan bisa mengarah pada kelainan berat badan yang berbahaya. Pertumbuhan menjadi terbatas sehingga perawakan tubuh menjadi pendek. 

Sindroma ini juga mengurangi masa otot, sehingga membuat penderitanya mengalami kesulitan belajar, kurang perkembangan seksual dan masalah prilaku seperti mudah marah atau keras kepala. Sindrom ini disebabkan oleh cacat genetik pada kromosom nomor 15, yang terjadi murni secara kebetulan dan biasanya didiagnosis dengan melakukan tes genetik. Sayangnya tidak ada obat untuk kondisi tersebut.
 
Seorang dokter anak di Mandavia Children's Hospital, Gujarat, India dr Akhsay Mandavia mengatakan "Ada akumulasi abnormal lemak pada anak yang menderita sindrom ini. Mereka akhirnya tidak mampu bernafas secara normal sehingga timbul mengi".

Artikel Lainnya

Moms, mungkin Anda pernah mengalami hal-hal seperti ini saat di rumah, tiba-tiba Si Kecil berteriak, “Ma, ada dinosaurus gede banget!”. Ia pun kemudian langsung berlari ke kamarn...

Anak yang cenderung pelupa umumnya memang akan mendapati hambatan dalam melakukan berbagai aktivitas, terutama di sekolah. Pelupa sebenarnya bisa menjadi sesuatu yang klinis jika frekuensi kemunculann...

Si kecil sudah mau genap satu tahun, tapi masih belum bisa lepas dari dot. Tiap kali Anda berusaha mengambil dot darinya, ia sontak protes, lalu menangis kencang. Ini jelas bukan perkara mudah, mengam...

Gigi berlubang menjadi salah satu masalah yang kerap dialami anak-anak. Anak-anak lebih rentan mengalami gigi berlubang karena enamel pada gigi susunya yang lebih lemah dibandingkan enamel pada g...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................