Begini Dampaknya Jika Ortu Terlalu Membatasi Makanan Anak

Senin, 15 Mei 2017 | 14:07 WIB Penulis : Erni Wulandari


Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang sehat. Nah, tidak jarang orang tua kerap melarang anak untuk mengonsumsi ini dan itu.

Menanggapi hal ini, DR dr Zakiudin Munasir SpA(K) mengatakan membatasi makanan pada anak bisa menyebabkan tubuh anak mengalami intoleran terhadap makanan tersebut. Sehingga sebaiknya anak diperkenalkan setiap jenis makanan agar tubuh dapat mengenal dan beradaptasi.

"Memang (melarang makanan tertentu) banyak orang tua yang ngelarang gitu. Padahal anak juga sedang masa pertumbuhan.
Selain dapat menyebabkan intoleran, membatasi makanan juga dapat menghambat tumbuh kembang sang anak. Sebab anak bisa mengalami kekurangan protein yang seharusnya ia peroleh.
Nah, akibatnya pola asuh tersebut anak bisa menjadi seorang yang pemilih dan sulit makan. Oleh karena itu dalam kesempatan yang sama.

"Ubah dulu pola pikir orang tua. Biasanya orang tua kan kalau ngelarang anak ini itu bukan karena kasian tapi takut panik kalau anak sakit.

Selanjutnya, orang tua dapat memberitahu anak seperti 'kamu boleh lho makan ini, ibu ternyata baru baca'. Nah dengan begitu perlahan-lahan anak akan mulai mencoba memberanikan diri mencoba makanan tersebut.


Artikel Lainnya

tes

...

Liburan bersama anak tentu menjadi salah satu momen yang sudah dinantikan oleh Bunda dan si kecil. Kebayangkan seunya bermain air di pantai, menikmati udara segara pegunungan, atau sekadar mencicipi h...

Sering kita mendapati kulit tiba-tiba merasa gatal, bentol, dan kemerahan tanpa tahu jenis serangga yang menyebabkannya. Padahal, jenis gigitan serangga yang berbeda terkadang membutuhkan penanganan...

Salah satu penyebab terjadinya resistensi antibiotik adalah penggunaan antibiotik yang berlebihan atau tidak sesuai. Misalnya, minum antibiotik saat sakit batuk, pilek, diare tanpa darah, dan muntah. ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................