Hati-hati memilih pengasuh! Kenali 5 tanda pengasuh yang buruk berikut ini!

Kamis, 15 Februari 2018 | 10:27 WIB Penulis : Erni Wulandari


Apabila Bunda tidak mampu mengurus anak sendirian, memiliki bantuan tambahan dari pengasuh atau baby sitter adalah hal wajar. Namun demikian, kita harus berhati-hati dalam memilih pengasuh. Waspadai tanda pengasuh yang buruk, jangan sampai kita menerimanya bekerja untuk menjaga anak kita.

Anak adalah harta berharga orangtua, kitapun tidak bisa dengan mudah mempercayakannya pada orang lain. Bunda harus memastikan betul bahwa orang yang dipekerjakan sebagai pengasuh bisa menjaga dan mengurus anak dengan baik. Pintar memilih dan memperhatikan perilaku calon pengasuh adalah salah satu caranya.

 

Waspadai tanda pengasuh yang buruk untuk anak.

5 Tanda pengasuh yang buruk dan harus Bunda waspadai

1. Dia tidak mau menerima kritik

Pengasuh baik akan selalu terbuka menerima saran dan kritik dari orang yang mempekerjakannya. Bukankah yang dia asuh adalah anak Bunda? Tentu Bunda memiliki hak penuh menentukan mana yang baik dan mana yang tidak untuk anak Bunda.

Jika pengasuh menolak saran dan kritik dari Bunda, dan bersikeras menggunakan caranya sendiri, ini adalah tanda pengasuh yang buruk. Enggan menerima kritik menunjukkan bahwa dia bukan komunikator yang baik, dan tidak bisa bekerjasama untuk mengasuh anak dengan baik.

2. Tidak menjawab pertanyaan dengan jelas

Jika dia selalu memberikan jawaban tidak jelas dari pertanyaan yang Bunda ajukan, bisa jadi dia sedang menyembunyikan sesuatu. Bunda juga perlu berhati-hati jika dia malah semakin defensif dan terlihat membela diri saat Bunda mencoba mendapat jawaban yang rinci.

Bila perilakunya sudah seperti itu dan hal itu terjadi berulang kali, ada baiknya Bunda bersiap-bersiap untuk mencari penggantinya.

3. Dia berusaha mengecilkan otoritas Bunda sebagai ibu

tanda pengasuh yang buruk 2

 

Tanda pengasuh yang buruk, akan mengkritik metode parenting yang Bunda lakukan.

Meskipun dia bermaksud baik, namun seringkali dia melampaui batas dengan mengecilkan otoritas Bunda terhadap anak. Boleh saja dia mengemukakan pendapatnya, namun bila dia terus-terusan mengabaikan metode parenting Bunda dan menggunakan metodenya sendiri, ini adalah pertanda masalah.

Pastikan otoritas Bunda tidak dipertanyakan, supaya dia juga bisa menghormati Bunda sebagai orangtua yang punya hak memutuskan apa yang terbaik bagi anak.

4. Dia sering terlihat bingung atau tidak fokus

Perhatian pengasuh mudah teralihkan, atau tidak mampu untuk fokus? Ini adalah tanda pengasuh yang buruk, karena dia belum cukup dewasa dan matang untuk mengurus anak. Hal ini bisa membahayakan anak Bunda.

Bila pengasuh belum mampu berpikir dewasa, dia tidak akan punya rasa tanggung jawab besar untuk menjaga keselamatan anak Bunda. Dia mudah teralihkan saat sedang bersama si kecil, hingga lalai dengan keamanan dan keselamatan anak.

5. Anak sering terlihat kelelahan atau mudah marah

pengasuh yang buruk

 

Bila anak suka marah-marah dan merasa tidak nyaman itu tanda pengasuh yang buruk telah Bunda pekerjakan.

Salah satu tugas penting dari seorang pengasuh adalah memastikan anak makan dengan baik dan istirahat cukup. Jika anak terlihat mudah marah atau kelelahan, bisa jadi disebabkan oleh pengasuh yang tidak menjalankan tugasnya.

Selain itu, pengasuh yang baik akan memberikan pengaruh terhadap perilaku anak. Maka itu Bunda harus benar-benar jeli dalam melihat tanda pengasuh yang buruk atau baik. Tentu kita tidak mau anak berada di tangan orang yang tidak cakap dalam pekerjaannya bukan.

***

Semoga artikel tentang tanda pengasuh yang buruk ini, bisa membantu Bunda memilih pengasuh yang terbaik untuk anak.

Apakah Bunda punya pengalaman dengan pengasuh yang buruk? Bagikan di kolom komentar ya Bunda ....

 

Sumber : theaseanparents

 

Artikel Lainnya

Berdasarkan teori Charles Shubin, profesor pediatrik dari Universitas Maryland, Amerika Serikat, yang dilansir dari Parenting Indonesia, setiap anak lahir ke dunia dengan sistem kekebalan yang be...

“Anaknya 2 tahun? Sudah bisa ngomong belum? Oh, speech delay? Sama donk seperti anak saya. Gapapa nanti usia 3 tahun juga bisa sendiri.” Obrolan di atas sepertinya sudah menjadi obrolan...

Rasa fennel (adas) sering disebut mirip dengan rasa black licorice. Fennel essential oil (minyak esensial/minyak atsiri adas) dikenal sebagai bahan yang mampu meningkatkan kesehatan pencernaan. ...

Susah sekali membujuk anak-anak minum obat. Pertama, karena rasanya tidak enak. Kedua, aromanya juga tidak enak. Ketiga, karena anak yang sakit tidak berada dalam kondisi mood yang baik, sehingga lebi...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................