Inilah Mengapa Vitamin C Berguna Untuk Masa Perkembangan Anak

Senin, 25 Februari 2019 | 08:38 WIB Penulis : Erni Wulandari


Ketika anak sakit, dokter pasti memberikan suplemen atau vitamin untuk membantu mempercepat penyembuhan si kecil. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam tubuh memang berpotensi melawan penyakit ketika si kecil sedang dalam keadaan sakit atau kondisi tubuhnya lemah.

Tapi tahukah Moms, selain untuk kesehatan dan daya tahan tubuh, vitamin C juga penting untuk masa perkembangan anak? Mengapa kebutuhan vitamin C sangat penting bagi masa perkembangan anak?

Perlu diketahui nih Moms, mengutip dari health.clevelandclinic.org, Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah vitamin yang ditemukan dalam sumber makanan tertentu, seperti buah jeruk, berry, kentang, dan paprika. Kita juga dapat menemukan Vitamin C sebagai suplemen makanan. Didalam tubuh, vitamin C penting dalam pembentukan kolagen, pembuluh darah, tulang rawan dan otot, dan karenanya membantu menjaga integritas banyak jaringan tubuh, termasuk kulit.

Neurotransmitter, bahan kimia yang penting untuk pensinyalan dalam sistem saraf.  Carnitine, bahan kimia yang mendukung transportasi dan pemecahan asam lemak untuk menghasilkan energi. Selain itu, vitamin C sangat penting untuk pemeliharaan kesehatan tubuh secara keseluruhan, dan terlihat dalam konsentrasi tinggi dalam sel-sel kekebalan tubuh. Dengan ini  vitamin C adalah agen penambah kekebalan tubuh.

Tubuh manusia tidak dapat membentuk atau memproduksi vitamin C secara langsung, maka, kita perlu konsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C untuk anak kita. Misalnya menyajikan menu anak dengan sayuran. Ada beberapa pilihan untuk mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin C seperti, tomat, paprika, brokoli, dan kiwi, adalah sumber vitamin C terbaik. Tidak hanya pada makanan, Vitamin C juga tersedia dalam bentuk obat atau suplemen oral.

Tetapi Moms, kita harus teliti dan jeli memilih obat-obatan yang mengandung vitamin C apalagi akan dikonsumsi secara rutin untuk anak kita. Jika perlu, mintalah bantuan dokter atau apoteker untuk memilih suplemen yang tepat dan aman untuk anak kita.

 

 

 

 

Sumber : nakita

Artikel Lainnya

Kata siapa memiliki hewan peliharaan hanya bikin kita repot? Jangan salah, ternyata ada banyak manfaat merawat dan memiliki hewan peliharaan, lho. Memiliki hewan peliharaan di rumah ternyata ada ba...

Di era dengan akses internet yang cukup mudah seperti ini,  tantangan sebagai orangtua semakin bertambah banyak. Apa yang menjadi tantangan bagi orangtua milenial? Psikolog Anak dan ...

Bolehkah meminta anak membantu mengerjakan tugas di rumah? Mengapa tidak? Selain Bunda dapat tenaga ekstra, kegiatan ini bisa memberikan banyak manfaat buat anak, seperti mengasah keterampilan motorik...

 Rumput laut kaya akan nutrisi misalnya vitamin, mineral dan serat. Makanan ini banyak dipakai oleh masakan Cina lebih dari 2000 tahun dan sebagai salah satu makanan yang kaya nutrisi. Nah, ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................