Kecerdasan anak menurun dari Ibu? Mitos/Fakta Ya?

Selasa, 19 Maret 2024 | 14:33 WIB Penulis :


Sekitar 40-60% Kecerdasan Anak Menurun Dari Ibunya, Benar Nggak Ya?

Jika mengutip dari The Independent gen kecerdasan anak menurun memang didominasi oleh kromosom X. Di mana kromosom X merupakan kromosom utama pada wanita.

Apalagi, wanita punya kelebihan khusus yakni memiliki dua kali lipat kromosom X yang mendominasi. Sementara laki-laki hanya memiliki satu kromosom X saja.

Hal ini pula yang pada akhirnya sangat memengaruhi kecerdasan anak menurun dari sang Ibu. Belum lagi, secara emosional selama 7 tahun setelah lahir, anak-anak kebanyakan lebih dekat dengan Ibunya yang sangat memengaruhi kebutuhan intelektualnya.

Belum cukup sampai disitu saja ya Bu, ikatan emosional antara Ibu dan anak sangat penting untuk pertumbuhan beberapa bagian otak yaitu hippocampus yang berhubungan dengan memori. Nah, hippocampus ini akan membantu manusia mengenali objek, mengingat, memahami bahasa yang didengar, dan respon terhadap emosi.

Dengan kata lain, selain genetik, faktor ikatan emosi yang kuat antara Ibu dan anak pun berperan dalam membantu anak memecahkan masalah, serta mereka mencapai potensinya. Hal ini makin memperkuat teori bahwa, kecerdasan anak menurun dari Ibunya ya Bu.

 

Jangan khawatir, Gen Ayah juga punya peranan kok!

Kalau kecerdasan anak menurun dari Ibu, bagaimana dengan gen sang Ayah nih? Mengutip dari Times of India penelitian menunjukkan bahwa serangkaian sifat lain yang ditentukan gen seperti intuisi dan emosi yang dapat diwariskan dari Ayah.

Selain itu, studi juga mengungkap bahwa pentingnya peran Ayah dalam pengasuhan anak, ternyata juga dapat membantu kecerdasan anak baik secara emosional maupun intelektual.

Jadi berdasarkan penjelasan studi yang pernah dilakukan ilmuwan, gen Ibu dan Ayah sama-sama bisa menghasilkan kecerdasan anak menurun dari orang tuanya. Hanya saja memang potensi kecerdasan anak menurut yang lebih tinggi diturunkan oleh Ibu.

Ibu mungkin mempunyai peran yang lebih besar dalam menjadikan anak mereka pintar, namun bukan berarti ayah tidak melakukan apa pun. Kecerdasan adalah konsep yang luas dan secara keseluruhan dipengaruhi oleh banyak faktor.

Apalagi, sekitar 40-60% kecerdasan yang kita peroleh jelas merupakan faktor keturunan, namun sisanya ditentukan oleh faktor lingkungan tertentu, termasuk seberapa baik hubungan emosional antara orang tua dan anak.

 

 

Source : www.ibupedia.com

Artikel Lainnya

Beberapa kegiatan di bawah ini bisa jadi opsi. Selain produktif, kegiatan ini juga akan mengasah kreativitas, melatih kemampuan fisik serta kecerdasannya. Tidak usah berpanjang lebar, yuk Mums simak s...

Seorang ibu sudah banyak diakui sebagai sosok yang tangguh dan kuat. Bukti pertama adalah perjuangan antara hidup dan mati ketika melahirkan buah hati. Meski lebih menonjolkan sisi perasaan dan mudah ...

Seribu hari pertama kehidupan buah hati sangat menentukan tumbuh kembang anak. Pada momen yang disebut periode emas ini, pertumbuhan fisik maupun otak bayi sedang pesat-pesatnya. Karena itu, Mom harus...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................