Bagaimana Mengamalkan Sumpah Pemuda Kepada Sikecil? Berikut Beberapa Cara-nya!

Senin, 28 Oktober 2019 | 11:50 WIB Penulis : Erni Wulandari


Moms, sebentar lagi sikecil akan menjadi Pemuda dan Pemudi Indonesia Loh! Tetapi mulai sekarang harus mulai ditanamkan makna dari Sumpah Pemuda sendiri. Simak artikel dibawah ini !

Belajar Berbagai Budaya yang Ada di Indonesia.

Poin pertama Sumpah Pemuda yang dirumuskan Kongres Pemuda Kedua berbunyi, “Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia”.

Ini sesuai dengan semboyan atau moto bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”. Berbeda-beda, tapi tetap satu. So, apapun suku, agama, dan bagaimanapun keanekaragaman kita, jangan sampai kita para Calon pemuda dan pemudi Indonesia jadi terpecah belah.

Justru, banyak hal seru dan menyenangkan yang bisa sikecil lakuin lho, untuk belajar menghargai perbedaan, sambil belajar tentang berbagai macam budaya Indonesia yang kaya.

Punya teman yang berbeda agama, suku, sampai bahasa daerah? Kamu bisa cari tahu dan belajar banyak hal baru nih soal kebiasaan-kebiasaan si teman yang sebelumnya tidak pernah kamu lakukan. Bisa main ke rumah teman saat Lebaran dan ikutan makan ketupat, bisa ikutan minta angpau, main-main ke museum dan mempelajari sejarah tentang budaya-budaya Indonesia, sampai bisa nambah kemampuan bahasa daerah lain seperti bahasa Jawa, Sunda, dan masih banyak lagi. Seru banget, kan!

 

Banggakan Indonesia dengan Jadi Anak Berprestasi

Bung Karno pernah menyampaikan, “Beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncang dunia!”. Moms terbayangkah gimana hebatnya bangsa Indonesia jika seluruh pemuda dan pemudi bersatu untuk mengharumkan nama bangsa?

Sebagai tumpuan dan masa depan Indonesia, sudah saatnya kita para anak-anak mengamalkan dan memenuhi sumpah pemuda dengan mengharumkan nama bangsa, nih. Caranya bisa macam-macam, sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.

Sikecil berprestasi di bidang akademik? Jika kamu mendapatkan kesempatan untuk belajar di luar negeri, jangan lupa untuk kembali ke Indonesia dan mengamalkan ilmu serta pengetahuan yang kamu dapatkan.

Berbakat di bidang lain seperti olahraga, seni, atau apapun? Jangan ragu untuk berkarya, berjuang, dan mewujudkan mimpimu. Untuk diri sendiri, keluarga, dan pastinya bangsa.

Semua anak punya prestasi dan perannya masing-masing untuk memajukan Indonesia. Dan jangan lupa juga untuk mendukung anak-anak Indonesia yang berprestasi. Sesuai dengan poin kedua dalam isi sumpah pemuda, “Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.”

 

Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Tidak ada salahnya kita mahir berbahasa asing. Justru menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Jerman, atau lainnya bikin kita jadi bibit unggul dan akan berguna banget untuk masa depan.Tapi, jangan sampai kita justru melupakan bahasa kita sendiri nih, yaitu Bahasa Indonesia. Nah, apakah kita sebagai

Calon pemuda-pemudi Indonesia sudah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar? Apakah kita sudah tahu banyak mengenai bahasa kita sendiri?

Jadi, selain belajar berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan bahasa asing yang kita kuasai, yuk kita juga mencoba membiasakan diri menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Jangan-jangan malah banyak nih kosakata dalam bahasa Indonesia yang kita tidak tahu sebelumnya. Coba deh sering-sering membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan kamu akan menemukan banyak kata-kata baru yang bisa kamu gunakan sehari-hari. Seru banget!

Banyak hal yang bisa sikecil lakukan untuk merayakan dan mengamalkan Hari Sumpah Pemuda. Karena ini adalah hari spesial untuk kita para anak, yuk isi dengan hal-hal yang bukan cuma positif, tapi juga menyenangkan. Selamat Hari Sumpah Pemuda! 

 

Source: Quipper.com

Artikel Lainnya

Meningitis adalah kondisi pembengkakan selaput otak karena infeksi. Pembengkakan selaput otak karena infeksi, penyebabnya bisa jadi karena bakteri, virus, jamur atau patogen-patogen lain. Pada an...

Saat anak memasuki usia 1 tahun, biasanya akan terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Untuk mendukung pertumbuhannya, anak membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Pemilihan menu MPASI...

Si Kecil bosan dengan mainannya yang itu-itu aja? Coba ajak membuat pesawat terbang dari botol yuk, Ma! Pertama siapkan botol plastik ukuran sedang, kardus bekas, cutter, pensil, penggaris, gunting...

Usai makan siang, si kecil masih ngemil pisang goreng di atas meja. Tak lama ada tukang kue cubit dan dia minta dibelikan. Sorenya, si kecil kembali menyantap es krim hingga dua skop. Lalu di malam ha...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................