Menilik Manfaat Minyak Ikan Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Senin, 04 November 2019 | 13:34 WIB Penulis : Erni Wulandari


Apa itu minyak ikan?


Ibu tentu sudah familiar dengan nutrisi minyak ikan. Saat ini dipasaran telah banyak ditemukan produk-produk yang menjual suplemen minyak ikan. Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh minyak ikan memang baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak. Namun terkadang ibu kesusahan untuk memberikan pada anak karena aromanya yang amis sehingga enggan untuk mengonsumsinya.

Nah, minyak ikan itu sendiri berasal dari hati ikan Cod yang difermentasikan. Tahukah Ibu ketika jaman dahulu, minyak ikan Cod ini digunakan oleh para peternak di Inggris utara untuk sumber makan hewan ternaknya. Hasilnya hewan ternak mereka begitu sehat. Kemudian para petani tersebut mengonsumsi untuk dirinya sendiri untuk meningkatkan kesehatan. Sampai sekarang minyak ikan Cod kemudian di produksi secara professional untuk dapat dikonsumsi secara massal.

Minyak ikan produksi pabrik biasanya berbentuk cair, dan dilapisi oleh gel lembut yang larut ketika masuk ke dalam tubuh. Para produsen memberikan inovasi dengan memberikan aroma buah-buah seperti lemon untuk mengurangi rasa amis yang ada pada minyak ikan, meskipun rasa amis tersebut masih bisa dirasakan.

Bagaimana manfaat kandungan Omega 3 pada minyak ikan?
Minyak ikan memiliki berbagai macam kandungan yang bermanfaat seperti Omega 3, vitamin A, vitamin D dan zat besi. Nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk anak-anak yang sedang melalui masa pertumbuhan. Omega 3 menjadi salah satu tujuan utama mengonsumsi minyak ikan karena dipercaya memiliki beragam manfaat untuk Ibu dan seluruh anggota keluarga. Nah, Omega 3 yang terkandung pada minyak ikan merupakan lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh si Kecil. Omega 3 memiliki manfaat untuk perkembangan otak si Kecil dan memaksimalkan pertumbuhan.

Lalu apa saja manfaat mengonsumsi minyak ikan bagi tumbuh kembang si Kecil?

 

  • Minyak ikan baik untuk perkembangan kognitif dan motorik

Kandungan DHA yang tinggi pada minyak ikan dapat membantu perkembangan sel-sel otak pada si Kecil sehingga membantu meningkatkan kecerdasan. Selain itu, zat besi dan vitamin yang terkandung dapat membantu pertumbuhan organ dan otot sekaligus menghindarkan tubuh dari kekurangan sel darah merah atau anemia.

  • Asam lemak Omega 3 dapat membantu mengurangi risiko jantung coroner karena kandungan trigleresida dapat mengurangi tekanan darah tinggi.
  • Terhindar dari resiko kandungan merkuri.

Jenis ikan yang bisa dimanfaatkan minyak ikannya sebagian besar adalah ikan-ikan yang rawan terkena merkuri. Dengan mengonsumsi minyak ikan yang telah diolah dapat mengurangi resiko tersebut karena telah melewati berbagai proses penyaringan. Meskipun begitu ibu perlu tetap berhati-hati dalam memilih produk minyak ikan.

  • Mempertajam visual

Minyak ikan dengan kandungan DHA dan vitamin A yang tinggi dapat membantu meningkatkan fungsi pengelihatan pada si Kecil.

  • Memperkuat Pertumbuhan Tulang

Pada masa pertumbuhan, si Kecil memerlukan berbagai asupan nutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Minyak ikan dengan kandungan vitamin D dapat membantu menjaga kepadatan tulang si Kecil.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh bayi

Kandungan asam lemak pada minyak ikan juga mengambil andil dalam peningkatan sistem imun si Kecil. Dengan mengonsumsi minyak ikan dapat melindungi tubuh dari serangan virus penyebab flu dan batuk.

  • Dapat mencegah eksim Si Kecil dengan kulitnya yang masih sensitive terkadang sering terkena masalah kulit, salah satunya adalah eksim. Penyakit eksim ini memberikan gangguan pada tubuh bayi berupa rasa gatal. Dengan menggunakan minyak ikan, dapat mengurangi gejala eksim pada si Kecil.

Perhatikan kebutuhan minyak ikan secara tepat

Suplemen minyak ikan tergolong aman untuk si Kecil, bahkan sejak dalam kandunganpun si Kecil sudah membutuhkan nutrisi Omega 3. Meski demikian, ada baiknya jika sebelum memberikan minyak ikan kepada si Kecil, berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis professional. Sebaiknya memberikan suplemen minyak ikan secara langsung setelah melewati usia 1 tahun atau sesuai dengan anjuran medis. Hindarkan memberikan minyak ikan untuk anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah dan alergi terhadap ikan.

Nah, demikianlah manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi minyak ikan. Ibu bisa mempertimbangkan untuk memberikan konsumsi minyak ikan tersebut disesuaikan dengan kondisi tubuh si Kecil ya.

 

Source: https://www.susubendera.com/

Artikel Lainnya

Rambut dapat menunjukkan kepribadian dan gaya seorang anak. Jadi ketika rambut tiba-tiba berubah menjadi tampak kusam dan rapuh, ada baiknya untuk segera diatasi. Rambut kering muncul ketika rambut ti...

Sebagai makhluk sosial, kita butuh berinteraksi dengan orang lain. Nah, agar hubungan kita dengan orang lain berjalan baik, tentu dibutuhkan sopan santun. Sopan santun harus ditanamkan pada anak sejak...

Balita usia 1-2 tahun sudah mampu mengucapkan kata-kata sederhana, namun sering tidak jelas sehingga membuat Bunda kebingungan apa yang ia mau. Ini yang sebaiknya Bunda lakukan untuk mengatasinya. ...

Mengajak anak ke museum menjadi tantangan tersendiri ya, Moms. Jangankan anak-anak, tampaknya orang dewasa saja mudah bosan kalau pergi ke museum. Padahal penting mengajak Si Kecil ke museum kare...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................