Jalan-Jalan di Alam Mencerdaskan Anak

Selasa, 26 Februari 2019 | 09:10 WIB Penulis : Erni Wulandari


Apa yang menyenangkan dari jalan-jalan di alam bersama anak-anak? Berlari-lari dengan bertelanjang kaki dan bermain bola di pasir? Menginjak rumput basah? Melihat matahari terbenam? Mendaki sampai ke puncak? Atau memancing di danau? Selain menyenangkan, jalan-jalan di alam ternyata dapat mencerdaskan anak, lho, Moms.
 
Profesor Jaak Panksepp, ahli syaraf dari Washington State University, AS, menyatakan bahwa bermain di lingkungan terbuka dapat meningkatkan perkembangan otak anak-anak. Panskepp memperkenalkan istilah play system dan seeking system di dalam limbic otak yang menurutnya aktif bekerja saat anak-anak berada di lingkungan terbuka. Play system dan seeking system dapat terlatih dengan melalui eksplorasi dan belajar interaktif.
 
Play system akan terlatih ketika Mommy membiarkan anak mengubur kakinya dalam pasir, mengajak mereka berendam, atau menggelitik mereka dengan ranting pohon. Artinya, Mommy sedang memberikan stimulus pada sensorinya. Sedangkan seeking system akan terlatih setiap kali Anda mengajak anak-anak untuk mengeksplorasi hutan, pantai, pedesaan, atau kota tua. Kedua sistem ini akan mudah untuk menjadi tidak terlatih bila anak-anak hanya berdiam diri saja di dalam rumah.
 
Menurut Panskepp, ketika Mommy membawa anak-anak berlibur di alam, play & seeking system akan terlatih dengan baik. Hasilnya, otak akan mengalami pertumbuhan dan pematangan di lobus depan, bagian otak yang paling penting dalam fungsi kognitif dan kecerdasan sosial.
 
Tak hanya itu, mengeksplorasi alam juga dapat meningkatkan IQ anak-anak. Seorang psikoterapis anak di London, Dr. Margot Sunderland mengatakan bahwa lingkungan alam menawarkan berbagai pengalaman sosial, fisikal, kognisi, dan sensorik. Ia mengatakan, “Otak anak-anak yang biasa dirangsang dengan alam cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi.”
 
Margot menjelaskan bahwa saat anak mengeksplorasi alam, maka ia akan mengaktifkan otak untuk lebih berkonsentrasi, membuat perencanaan, dan meningkatkan kemampuan untuk memahami. Dengan begitu, berada di alam dapat menjadi modal positif bagi pembelajaran anak-anak.
 
20 Menit di Alam
Dilansir dari telegraph.co.uk, menghabiskan waktu selama 20 menit di alam dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi anak-anak. Selain itu, pemandangan hijau juga dianggap sebagai obat yang baik untuk anak-anak dengan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), gangguan perkembangan motorik anak-anak yang menyebabkan aktivitas mereka cenderung berlebihan atau tidak lazim.
 
Siapkan koper Mommy sekeluarga, dan bersiaplah menjelajah alam!

 

 

 

 

Sumber : parenting

Artikel Lainnya

Kesehatan gigi dan mulut yang terjaga sejak dini dapat memberikan dampak besar pada kehidupan Si Kecil. Selain tumbuh lebih sehat karena berkurangnya risiko terjangkit penyakit-penyakit tertentu, kond...

Manfaat mengajari anak berbagai bahasa, Bunda bisa mengenalkan bahasa asing pada si kecil mulai dari usia 3 tahun. Menurut Erika Levy. Ph.D, asisten Profesor Patologi Bahasa dan Bicara dari Columbia U...

Mendidik anak agar tumbuh dengan karakter baik sering dianggap susah oleh sebagian besar orang tua. Banyak orangtua juga melarang anaknya untuk bergerak bebas dengan alasan yang menurut kacamata orang...

Tidak masalah membawa bayi mudik, yang penting persiapkan jauh-jauh hari. Dengan begitu, mudik dengan bayi bisa nyaman. Bila ingin naik angkutan umum, jauh-jauh hari sebelum hari H, alangkah bijakn...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................