Sering Lupa? Mengapa Terjadi Pada Sikecil?

Jumat, 27 Desember 2019 | 09:19 WIB Penulis : Erni Wulandari


Anak yang cenderung pelupa umumnya memang akan mendapati hambatan dalam melakukan berbagai aktivitas, terutama di sekolah. Pelupa sebenarnya bisa menjadi sesuatu yang klinis jika frekuensi kemunculannya makin sering.


Dalam buku Diagnostic Criteria from DSM IV yang umum digunakan oleh psikolog untuk mendiagnosis gejala psikologis dikatakan bahwa: Lupa adalah salah satu indikasi adanya gangguan konsentrasi dan hiperaktivitas (ADHD tipe Inatensi). Apabila kemunculannya terjadi selama 6 bulan berturut-turut, terjadi tidak hanya di sekolah namun juga dibeberapa situasi lain, dan munculnya sebelum usia 7 tahun. Jika tidak ada intervensi, biasanya perilaku menguat akan tampak pada anak-anak yang sudah menginjak usia sekolah formal.

Pelupa biasanya berkorelasi dengan sulit konsentrasi sehingga cenderung kurang terorganisir dalam melakukan kegiatannya.
Ini dia penyebabnya: 


1.    Anak memang terindikasi mengalami gangguan pemusatan perhatian atau ADD/ADHD tipe Inatensi. Biasanya akan berkorelasi dengan perilaku hiperaktivitas
2.    Stres atau banyaknya tekanan dan tuntutan dari lingkungan umumnya akan mempengaruhi keadaan psikologisnya. Misalnya saja tuntutan akademik yang terlalu tinggi, sehingga anak akan mudah cemas dan panik. Apalagi jika tidak ada kesempatan untuk bermain.
3.    Fungsi intelektual yang terbatas, biasanya juga akan menghambat anak dalam menunjukkan kinerjanya. Misalnya daya ingat rendah atau karena anak tergolong anak lambat belajar sehingga membutuhkan waktu untuk mempelajari dan mengingat informasi dalam waktu yang lama.
4.    Ketiadaan minat pada suatu kegiatan atau mata pelajaran tertentu juga mempengaruhi anak, sehingga cenderung melupakan hal-hal yang tidak menjadi minatnya.
 
Cek cara mengatasinya
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua untuk mengatasi sikap pelupanya.
1.    Cek fungsi psikologisnya, karena ada kemungkinan anak memang mengalami gangguan konsentrasi sehingga cenderung pelupa terhadap hal-hal yang perlu dan harus ia lakukan.
2.    Cek keadaan biologisnya, apakah ada kemungkinan anak mengalami gangguan fungsi saraf atau kekurangan zat besi sehingga menyebabkan adanya masalah pada konsentrasinya.
3.    Membantu anak untuk lebih teroganisasi, misalnya membuat table atau jadwal rutinitas harian yang harus dilakukan anak. Ajari anak juga untuk membuat catatan disebuah buku khusus agar anak dapat melakukan pencatatan mengenai apa yang harus ia lakukan.
4.    Evaluasi kegiatan harian, dilakukan pada malam hari untuk melakukan cek dan ricek mengenai tugas atau tanggung jawab yang harus ia kerjakan.
5.    Hindari untuk bersikap “mengancam” anak atau menghukum anak ketika ia lupa apa yang harus ia lakukan.
6.    Mengarahkan anak untuk mengikuti kegiatan olahraga tertentu yang akan merangsang konsentrasinya misalnya berenang atau bersepeda.
7.    Berikan kesempatan anak untuk bermain, karena hal itu juga akan mengurangi kecemasan dan perasaan tertekan karena banyaknya tugas yang harus dikerjakan.
Kerja sama dengan pihak sekolah
Hal yang paling memungkinan bisa dilakukan oleh orang-orang yang ada disekitar anak untuk mengatasi anak yang pelupa, terutama di sekolah adalah mengingatkan anak untuk melakukan cek dan ricek. Guru sebaiknya mengulang kembali secara personal mengenai hal-hal yang harus ia lakukan dengan melakukan refleksi kepada anak, menempatkan anak di posisi duduk yang dekat dengan guru agar memudahkan guru dalam berinteraksi dengan anak.

Waspada!
Orangtua perlu bersikap waspada jika mendapati anak yang kerap lupa melakukan hal-hal berikut ini:
•    Kemunculkan perilaku lupa makin sering setiap harinya, terutama untuk hal-hal yang seharusnya menjadi rutinitasnya.
•    Anak sering kali lupa dengan barang-barang personalnya sendiri misalnya alat tulis, kotak makan, tempat minum dan lain sebagainya. Dan ketika ditanya anak sulit untuk mengingat kembali dimana ia meletakkan barang-barang tersebut.
•    Jika nilai-nilai akademiknya menurun dengan cukup signifikan.
•    Banyak melamun atau “bengong” terutama ketika sedang belajar.

Jika kemunculannnya semakin kuat maka ada beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan fokus anak. Ajak anak Anda untuk menemui psikolog atau terapis di klinik psikologi maupun tumbuh kembang anak. Biasanya si kecil akan diajak menjalani terapi Sensory Integrasi, Hydrotherapy atau Problem Solving Therapy. Amati dan dukung terus si kecil ya! 

 

Source: Anakku

Artikel Lainnya

 Rumput laut kaya akan nutrisi misalnya vitamin, mineral dan serat. Makanan ini banyak dipakai oleh masakan Cina lebih dari 2000 tahun dan sebagai salah satu makanan yang kaya nutrisi. Nah, ...

Moms, pernahkah menemukan perilaku anak di rumah dan di sekolah sangat berbeda? Saat di sekolah, si kecil adalah sosok yang manis bahkan penurut. Tapi, saat di rumah, duh mulai deh mereka be...

Ooops…! Lihatlah Si Kecil tidak sengaja melukai wajahnya sendiri. Ternyata kukunya sudah panjang dan perlu dirapikan, Moms. Inilah saatnya Si Kecil mendapatkan perawatan kuku pertamanya. Namun ...

Nilai Antioksidan Cengkeh Menempati posisi kedua setelah sumac bran, bubuk cengkeh memiliki nilai ORAC sebesar 290.283 unit! Nilai itu berarti per gram bubuk cengkeh mengandung 30x le...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................