Manfaat Anak Yang Gemar Makan Bayam

Rabu, 22 Maret 2017 | 10:16 WIB Penulis : Erni Wulandari


Bayam menjadi salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi. Selain enak dinikmati jadi sayur bening, bayam juga sangat mudah di racik menjadi campuran omlete untuk si kecil.
Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan si kecil saat rutin konsumsi bayam.

1. Lancarkan pencernaan 
Bayam tinggi akan serat dan kandungan air. Keduantya sama-sama dapat menunjang kesehatan pencernaan. Untuk memberikan bayam pada si kecil yang lebih bergizi, olah saja jadi sup atau sayur bening dengan campuran potongan wortel dan jagung.

2. Tingkatkan kesehatan tulang

Rendahnya asupan vitamin K dalan tubuh berhubungan langsung dengan tingginya risiko patah tulang. Selain susu, si kecil sejak dini juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalsium.

Bayam mengandung vitamin K yang sangat penting untuk kesehatan dan juga sebagai penunjang jaringan protein tulang dan tingkatkan penyerapan kalsium. Sehingga bayam bisa jadi pelengkap makanan sumber kalsium untuk si kecil.

3. Cegah asma 
Salah satu meningkatkan resiko asma adalah dikarenakan rendahnya seseorang konsumsi makanan bergizi. Salah satu kangungan nutrisi yang terpenting adalah beta karoten yang terkandung dalam bayam. Selain bayam ada juga beberapa sayuran lain yang kaya akan betakaroten seperti brokoli, labu kuning dan juga wortel.

4. Tinggi akan zat besi
Zat besi merupakan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Sel darah merah ini sangat penting, karena dapat sebabkan rendahnya daya tangkap si kecil, lambatnya pertumbuhan motorik, daya tangkap sikecil, lambatnya pertumbuhan motorik, kelemahan otot, lesu, mudah terkena infeksi, flu hingga sakit kepala. Sayuran berdaun hijau seperti sawi, brokoli dan bayam bisa jadi pilihan makanan tinggi zat besi. Setengah cangkir bayam mengandung 3 mg zat besi. Jangan lupa tambahkan kacang-kacangan dan sayuran ke dalam telur dadar untuk tingkatkan kadar zat besi dalam makanan.

Artikel Lainnya

Apa yang Menjadi Penyebab Mutism? Masih belum diketahui secara pasti apa yang menjadi faktor SM tersebut. Namun para ahli perkembangan anak dan peneliti yang tergabung dalam APA berpendapat bahwa k...

Apa yang menyenangkan dari jalan-jalan di alam bersama anak-anak? Berlari-lari dengan bertelanjang kaki dan bermain bola di pasir? Menginjak rumput basah? Melihat matahari terbenam? Mendaki sampai ke ...

Perawatan gigi si kecil harus dimulai sejak dini. Anak dengan gigi bersih dan sehat kelak cenderung lebih percaya diri saat mengajukan pertanyaan pada gurunya dan berdiskusi langsung dengan dirinya. K...

Jakarta - Membuat anak tumbuh cerdas enggak cuma dengan memberikan asupan yang bergizi, Bun. Mereka juga butuh stimulasi, salah satunya dengan mainan. Nah, ternyata mainan bisa membuat anak tumbuh cer...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................