5 Buah yang mampu turunkan demam anak

Selasa, 14 April 2020 | 16:54 WIB Penulis :


Selain mengonsumsi obat, rupanya ada beberapa cara alami untuk meredakan panas anak. Terdapat beberapa jenis buah penurun panas anak yang bisamom berikan saat pertolongan pertama.

Demam sendiri bisa terjadi karena banyak hal ya, mom. Mulai dari penyebab ringan seperti tumbuh gigi, hingga beberapa kondisi serius seperti terserang penyakit akibat virus dan bakteri.

Tentu kita harus mewaspadai demam anak yang sudah berada pada suhu di atas 38 derajat dan berlangsung selama beberapa hari, khususnya pada anak yang masih kecil.

Namun bila dirasa demam cukup ringan, mom bisa memberikan beberapa buah berikut yang bisa membantu menurunkan panasnya.

1. Buah Semangka

Siapa yang tak mengenal buah segar satu ini. Rupanya semangka cukup direkomendasikan untuk menurunkan demam pada anak.

Semangka membantu tubuh si kecil tetap terhidrasi dan mempercepat proses metabolisme energi dalam tubuh. Mekanisme inilah yang membuat semangka bisa lebih cepat menurunkan demam pada anak.

Mom bisa memberikan potongan semangka secara langsung atau memberikan si kecil salad buah maupun jus agar sikecil tidak bosan.

2. Apel

Apel menjadi buah yang cukup familiar dan bersahabat pada banyak kondisi, tak terkecuali saat anak demam. Buah satu ini kaya akan antioksidan, yakni setara dengan 1.500 MG Vitamin C yang berguna untuk detoksifikasi tubuh.

Kandungan flavonoidnya pun bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga cukup efektif dalam mengurangi demam. Selain bisa mengurangi demam, buah ini juga bisa mencegah penyakit berbahaya, seperti kanker.

Berikanlah jus apel pada si kecil setiap kali ia merasa demam. Bila anak juga mengalami muntah, biarkan dulu perutnya beristirahat selama 2 jam, lalu berikanlah jus biah ini setelahnya.

3. Pisang

Ketika si kecil mengalami demam, biasanya tubuh mereka akan kehilangan banyak kalori. Buah satu ini bisa membantu mengatasinya.

Rata rata dalam satu buah pisang mengandung 105 kalori serta mikronutrien yabg tinggi, mulai dari potasium, magnesium serta gula alami.

Sebaiknya, hindari memberikan pisang dalam bentuk diolah seperti digoreng atau dalam bentuk keripik. Mom cukup memberikan buah pisang dalam bentuk utuh.

4. Jeruk

Berada pada wilayah tropis, kita seringkali menjumpai berbagai jenis jeruk dari beragam daerah. Menurut beberapa penelitian, jeruk jenis apapun rupanya direkomendasikan untuk menurunkan demam pada anak.

Jeruk mengandung banyak flavonoid penting seperti citacridone,citbrasine dan sebagainya. Kandungan kandungan inilah yang bisa membantu dalam menyembuhkan demam anak.

Mom bisa memberikannnya secara langsung mauoun membuatkan si kecil infuse water agar lebih banyak variasi minuman saat ia sakit.

5. Anggur

Anggur kaya akan serat dan zat gizi penting yang dibutuhkan, khusunya saat sedang demam. Buah satu ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan produksi sel T Gamma dan delta dalam tubuh.

Mekanisme inilah yang bisa membantu tubuh secara efektif mengatasi demam. Selain demam, buah satu ini juga efektif untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung.

Nah mom, yuk berikan 5 jenis buah diatas saat si kecil demam. Namun bila lemam berlanjut segera bawa ke dokter ya.

Source: theAsianparent Indonesia

 

 

 

 

 

Artikel Lainnya

Apakah si kecil sering menggunakan kekerasan untuk menunjukan emosi dan amarahnya ? Apa si kecil mudah memukul teman ? Ada banyak penyebab jika anak suka memukul. Salah satu alasan utama yang kerap te...

Sungguh wajar bila bayi merasa takut saat melihat atau bertemu orang asing atau orang yang baru pertama kali dikenal. Ia belum familiar dengan orang tersebut. Namun, seiring kemampuan kognitif yang me...

Wacana membuka sekolah di zona hijau dan kuning penyebaran virus Covid-19 ditentang banyak pihak. Terutama dari kalangan medis dan epidemiolog. Hal ini karena sejumlah penelitian mengungkap kalau a...

Anak akan merasa nyaman dan diperhatikan, saat ia memiliki kedekatan dengan orang tuanya. Sayangnya, banyak orang tua yang tak punya banyak waktu untuk anak karena sibuk bekerja. Meski Mom sibuk ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................