Mommy Khawatir Jika Sikecil Hanya Mau Minum Susu Dari Pada Makan? Lalu Bagaimana?

Senin, 16 November 2020 | 09:45 WIB Penulis :


Moms alami anak hanya mau minum susu saja? Jika ya, pernahkah Moms khawatir apakah itu normal atau tidak?

Ya Moms, si kecil bisa dalam sehari mengonsumsi susu hingga 5-6 kali, bahkan tidak ingin makan asupan yang lain. Ini yang perlu Moms waspadai!

Sebab jika Si Kecil punya kecenderungan terlalu banyak  minum susu tanpa ada penyeimbang gizi lain, ia berpotensi obesitas.

Moms, meski sedang dalam masa pertumbuhan, anak dibawah usia lima tahun tidak dianjurkan mengonsumsi susu terlalu banyak.  

Menurut ahli gizi, Dr. Marudut, anak yang terus menerus minum susu berbahaya jika tidak didampingi oleh panganan lain dan susu tidak diberikan sesuai dengan takarannya.

“Jika banyak minum susu pasti makannya kurang, itu ngga boleh juga. Takarannya harus jelas seperti yang terdapat pada label yang sudah dikaji oleh BPOM.

Jangan karena dia senang, lalu dia tidak makan yang lain. Pertumbuhannya tidak akan baik karena tidak mungkin semua dipenuhi dari susu.

PERMENKES (Peraturan Mentri Kesehatan) No. 41 tahun 2014 soal pedoman gizi seimbang, jenis makanan ada, jenis susu pun ada itu harus tetap dijalankan." ujar Dr Marudut kepada Nakita.id dalam acara diskusi yang diadakan Frisian Flag Indonesia di Jakarta Pusat.

 

Susu memang memiliki kandungan gizi yang banyak, tapi yang dibutuhkan oleh si kecil tidak hanya bersumber dari susu Moms.

Asupan untuk si kecil juga harus bersumber dari buah dan sayur agar nutrisi dan gizi tercukupi dengan sempurna.

Lalu, bagaimana Moms menghentikan kebiasaan ini jika si kecil sampai tidak mau menerima asupan lain selain susu?

Ganti aktifitas lain

Moms bisa mengganti aktifitas lain seperti bermain dan mengajaknya keluar rumah agar keinginannya minum susu dapat teralihkan.

Buat peraturan "Makan dulu baru minum susu yaa.."

Trik ini dapat dicoba agar anak mau menerima asupan lain selain susu.

Si kecil pasti akan termotivasi untuk mengonsumsi makanan yang disediakan.

Namun Moms harus ingat, takaran susu yang diberikan setelah makan dikurangi setengah dari takaran biasa agar Si Kecil tidak kelebihan lemak.

 

Buat jadwal minum susu

Dalam sehari si kecil hanya boleh minum susu sebanyak 3 kali, Moms.

Waktu pemberian susu ini juga harus diatur, jangan terlalu dekat dengan waktu makan sebelumnya ya Moms.

Bukan hanya jadwal minum susu tapi jangan lupa mengatur jam makannya.

Buatkan makanan yang bervariatif

Agar Si Kecil mau makan dan mengurangi minum susu yang berlebih, Moms perlu memberi makan yang bervariatif untuk Si Kecil seperti sayur-sayuran yang dibentuk karakter binatang, atau bentuk lainnya. 

 

Source: nakita.grid.id

Artikel Lainnya

Kasus kejahatan seksual terhadap anak bukan hal baru. Belakangan ini, kasus yang terungkap oleh kepolisian dan meresahkan masyarakat, yaitu grup Facebook Loly Candy’s, yang memuat konten pornogr...

ichael Ungar, ahli psikolog dari Dalhousie universitas Kanada, menyarankan agar orang tua memberikan tugas dan tanggung jawab sederhana kepada anak seiring pertambahan usia. Kemungkinan besar banyak o...

Keterlibatan Ayah dalam pengasuhan anak-anaknya sejak lahir sangat penting, karena bisa mendorong tingkat kecerdasan, tumbuh kembang dan kemampuan sosial mereka. Anak-anak yang Ayahnya ikut terlibat d...

Ciuman merupakan bagian dari wujud kasih sayang yang dapat diberikan pada seseorang termasuk pada anak. Ciuman juga menjadi cara untuk mengekspresikan perasaan orangtua pada anak. Beberapa orang tua m...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................