Mommy Khawatir Jika Sikecil Hanya Mau Minum Susu Dari Pada Makan? Lalu Bagaimana?

Senin, 16 November 2020 | 09:45 WIB Penulis :


Moms alami anak hanya mau minum susu saja? Jika ya, pernahkah Moms khawatir apakah itu normal atau tidak?

Ya Moms, si kecil bisa dalam sehari mengonsumsi susu hingga 5-6 kali, bahkan tidak ingin makan asupan yang lain. Ini yang perlu Moms waspadai!

Sebab jika Si Kecil punya kecenderungan terlalu banyak  minum susu tanpa ada penyeimbang gizi lain, ia berpotensi obesitas.

Moms, meski sedang dalam masa pertumbuhan, anak dibawah usia lima tahun tidak dianjurkan mengonsumsi susu terlalu banyak.  

Menurut ahli gizi, Dr. Marudut, anak yang terus menerus minum susu berbahaya jika tidak didampingi oleh panganan lain dan susu tidak diberikan sesuai dengan takarannya.

“Jika banyak minum susu pasti makannya kurang, itu ngga boleh juga. Takarannya harus jelas seperti yang terdapat pada label yang sudah dikaji oleh BPOM.

Jangan karena dia senang, lalu dia tidak makan yang lain. Pertumbuhannya tidak akan baik karena tidak mungkin semua dipenuhi dari susu.

PERMENKES (Peraturan Mentri Kesehatan) No. 41 tahun 2014 soal pedoman gizi seimbang, jenis makanan ada, jenis susu pun ada itu harus tetap dijalankan." ujar Dr Marudut kepada Nakita.id dalam acara diskusi yang diadakan Frisian Flag Indonesia di Jakarta Pusat.

 

Susu memang memiliki kandungan gizi yang banyak, tapi yang dibutuhkan oleh si kecil tidak hanya bersumber dari susu Moms.

Asupan untuk si kecil juga harus bersumber dari buah dan sayur agar nutrisi dan gizi tercukupi dengan sempurna.

Lalu, bagaimana Moms menghentikan kebiasaan ini jika si kecil sampai tidak mau menerima asupan lain selain susu?

Ganti aktifitas lain

Moms bisa mengganti aktifitas lain seperti bermain dan mengajaknya keluar rumah agar keinginannya minum susu dapat teralihkan.

Buat peraturan "Makan dulu baru minum susu yaa.."

Trik ini dapat dicoba agar anak mau menerima asupan lain selain susu.

Si kecil pasti akan termotivasi untuk mengonsumsi makanan yang disediakan.

Namun Moms harus ingat, takaran susu yang diberikan setelah makan dikurangi setengah dari takaran biasa agar Si Kecil tidak kelebihan lemak.

 

Buat jadwal minum susu

Dalam sehari si kecil hanya boleh minum susu sebanyak 3 kali, Moms.

Waktu pemberian susu ini juga harus diatur, jangan terlalu dekat dengan waktu makan sebelumnya ya Moms.

Bukan hanya jadwal minum susu tapi jangan lupa mengatur jam makannya.

Buatkan makanan yang bervariatif

Agar Si Kecil mau makan dan mengurangi minum susu yang berlebih, Moms perlu memberi makan yang bervariatif untuk Si Kecil seperti sayur-sayuran yang dibentuk karakter binatang, atau bentuk lainnya. 

 

Source: nakita.grid.id

Artikel Lainnya

Tak terasa libur akhir tahun sudah datang dan inilah pertanda bagi Moms dan keluarga untuk berlibur. Setelah menghabiskan banyak waktu untuk bekerja, tak ada salahnya Moms dan keluarga ...

Setelah berpuasa selama lebih dari 12 jam, Mom tentu tak sabar untuk segera membayar rasa haus dengan minum minuman yang segar dan sehat saat buka puasa nanti. Begitu pun bagi si kecil, menu...

Purebaby adalah brand yang menciptakan produk bayi yang dikembangkan dengan standart formulasi terbaik “Pharmaceutical Formulation” yang lebih teruji keamanannya dan keefektifitasannya den...

Pembentukan karakter anak dimulai dari didikan orang tua dan lingkungan di sekitarnya. Salah satunya lewat momen yang dihabiskan bersama-sama anak di meja makan. Dengan kata lain, obrolan sa...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................