Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Kamis, 24 Desember 2020 | 11:02 WIB Penulis :


Cegukan umumnya akan berhenti dengan sendirinya. Namun, durasinya memang tidak bisa ditentukan. Jika orang dewasa yang mengalammi cegukan, tentu banyak cara mengatasi cegukan yang bisa dilakukan. Tapi, bagaimana dengan bayi? Seperti apa cara mengatasi cegukan pada bayi?

Terlebih, rasanya kasihan ya Moms melihat Si Kecil terus menerus cegukan. Tidak ada salahnya kita cari tahu cara mengatasi cegukan pada bayi.

Ternyata, ada beberapa cara mengatasi cegukan pada bayi yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya.

1. Perhatikan Cegukan Bayi Terlebih Dahulu

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang pertama adalah perhatikan terlebih dahulu. Meskipun hanya cegukan, Moms harus mengatasinya dengan telaten. Bila perlu, Moms harus mencatat kapan cegukan pada bayi terjadi. Misalnya, cegukan hanya terjadi setelah menyusui bayi, atau ketika Moms membaringkannya di posisi tertentu.

Mengapa perlu dicatat? Hal ini nantinya akan membantu Moms menyesuaikan dengan kondisi anak, seperti bagaimana cara untuk menghentikannya dan apa yang harus Moms lakukan. Moms juga jadi tahu kapan waktu tepat memberi anak makan dan seberapa banyak.

2. Bantu Bayi Bersendawa

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah bantu bayi bersendawa. Istirahat dari menyusui, biarkan Si Kecil bersendawa, sehingga bisa membantu menghilangkan cegukan, karena bersendawa dapat menghilangkan kelebihan gas yang mungkin menyebabkan cegukan pada bayi.

Posisikan bayi dengan tegak, bersendawa akan membantu meredakan cegukannya. American Academy of Pediatrics menyarankan sendawakan bayi yang diberi susu botol setiap ia menghabiskan sekitar 60-90 ml.

Jika bayi menyusui langsung, maka sendawakan setelah perpindahan payudara.

Gosok atau tepuk lembut punggung bayi kembali ketika mereka mengalami cegukan. Pastikan jangan terlalu kencang ya Moms agar bayi juga merasa nyaman.

3. Gunakan Dot atau Empeng

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah gunakan dot atau empeng. Cegukan pada bayi tidak selalu dimulai dari menyusui. Saat bayi mulai cegukan dengan sendirinya, coba biarkan mereka mengisap dot atau empeng, karena ini akan membantu merilekskan diafragma dan dapat membantu menghentikan serangan cegukan.

4. Biarkan Berhenti Sendiri

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah biarkan berhenti sendiri. Seringkali cegukan pada bayi akan berhenti dengan sendirinya. Jika cegukan tersebut tidak mengganggu Si Kecil atau ia tetap nyaman, maka biarkan cegukan berhenti sendiri.

Tapi, jika cegukan berlangsung sangat lama dan tidak berhenti meskipun kita sudah melakukan berbagai macam cara, maka konsultasikan dengan dokter. Meskipun jarang, cegukan yang berlangsung lama mungkin bisa menjadi tanda masalah medis yang lebih serius.

5. Susui dengan Benar

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah susui dengan benar. Posisi menyusui yang tepat benar bisa membuat diafragma Si Kecil lebih rileks sehingga cegukan bisa teratasi dengan cepat. Biasanya cegukan pada bayi yang terjadi saat menyusu bisa jadi posisi menyusui kita tidak benar, maka coba ubah posisi menyusui dan terus susui sampai cegukan hilang.

 

6. Buat Bayi Merasa Hangat

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah buat bayi merasa hangat. Cegukan bisa menjadi penyebab bayi kedinginan. Kita bisa mencoba membuat ruangan hangat, coba matikan kipas ataupun AC dalam ruangan atau bawa ke ruangan yang lebih hangat, jika terjadi pada pagi hari kita bisa menjemurnya pastikan kita menggendong dengan mendekap dan mengusap-ngusap punggungnya dengan lembut.

Setelah itu, jika ia tertidur, maka selimuti tubuh bayi agar ia merasa lebih hangat dan nyaman.

7. Atasi dengan Gripe Water

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah atasi dengan gripe water. Pernahkah Moms mendengar tentang grip water? Ini adalah ramuan herbal yang dibuat dari campuran bumbu dan air saja. Fungsinya untuk mengobati sakit perut dan masalah perut lainnya pada anak. Ramuan ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional.

Biasanya bahan yang dimasukan ke gripe water adalam rempah-rempah seperti jahe, adas, chamomile, dan kayu manis.

Nah, ramuan ini mungkin tidak bisa selalu diberikan pada bayi. Namun jika cegukan pada bayi disebabkan oleh masalah perut, gripe water ini dipercaya dapat membantu meredakannya. Namun, saat ini tidak ada bukti ilmiah yang mendukung perawatan ini.

Tidak ada salahnya dicoba kan Moms, karena menggunakan bahan-bahan alami yang aman.

8. Menggosok Punggung Bayi

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah dengan menggosok punggung bayi. Menggosok punggung dan menggoyangkan bayi ke depan dan belakang dapat membantunya untuk rileks. Ini dapat menghentikan kejang yang menyebabkan cegukan.

 

Source: orami.co.id

Artikel Lainnya

Cuaca yang kurang bersahabat mengakibatkan banyak beredar virus di udara. Beberapa di antaranya bisa membuat anak jatuh sakit. Ini beberapa kemungkinan jenis penyakit karena virus yang bisa menyerang:...

Musim hujan merupakan kabar baik bagi kuman, pembawa bibit penyakit. Sebab, perubahan suhu menyebabkan bibit penyakit mudah berkembang biak, sehingga dapat  menyerang setiap saat, utamanya anak y...

Bermain bersama, merupakan salah satu kesempatan balita untuk belajar mengenai keterampilan sosial. Namun, terkadang tidak dapat berjalan lancar karena pasti ada saja drama yang terjadi. Seperti bereb...

Vaksin influenza biasanya memiliki rekam jejak yang baik dan diketahui tidak memiliki terlalu banyak efek samping. Namun, dalam beberapa kasus, ada beberapa efek samping umum yang mungkin Mama amati d...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................