Bayi Tidak Suka Tummy Time, Ini Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Senin, 24 Mei 2021 | 15:17 WIB Penulis :


Bayi tidak suka tummy time adalah hal wajar. Bisa jadi memang karena tidak terbiasa.

Tummy time adalah memposisikan bayi di posisi tengkurap ketika ia bangun dan diawasi oleh orang dewasa.

Dikutip dari Pathways, tummy time penting untuk bayi karena bisa mengembangkan kekuatan otot leher, punggung, bahu dan juga lengan sehingga tahapan perkembangan anak selanjutnya bisa tercapai dengan baik.

Tummy time bisa segera dilakukan setelah bayi pulang ke rumah dan prosesnya disetiap usia bayi berbeda. Misalnya pada bayi 0 bulan, kegiatan ini bisa dilakukan di atas tubuh ibu atau ayah sambil melakukan kontak skin-to-skin.

Tummy time ini bisa dilakukan selama 2-5 menit selama beberapa kali sehari.

Penyebab Bayi Tidak Suka Tummy Time

Seiring bertambahnya usia bayi, tummy time bisa dilakukan di tempat yang datar seperti di atas playmat yang tidak terlalu empuk. Bisa dimulai dalam waktu yang sangat singkat, dan perlahan waktu tummy time ditambahkan hingga anak merasa nyaman.

Tidak perlu memaksa anak untuk melakukan tummy time dalam tempo waktu yang lama, tapi bisa dilakukan sebentar-sebentar sesering mungkin. Pemaksaan justu membuat bayi tidak suka kegiatan ini lebih dari sebelumnya.

Meskipun tummy time itu penting dan ada banyak cara membuat bayi nyaman ketika melakukan tummy time, terkadang ada saja bayi yang tidak nyaman dan menolak tummy time. Kira-kira kenapa ya bayi tidak suka tummy time? Yuk, cari tahu!

1. Masalah Sensori

Penyebab bayi tidak suka tummy time yang pertama adalah masalah sensori. Anak yang memiliki gangguan sensori terutama indera peraba bisa jadi menolak kegiatan ini karena ia tidak suka dengan sensasi sentuhan pada kulitnya.

Baik berupa sensasi dingin lantai atau sensasi yang ditimbulkan dari kain alas ia melakukan itu. Hal ini karena mereka belum terbiasa dan mengenal benda-benda baru di sekitarnya.

Moms bisa mengganti alas tummy time bayi dengan alas yang disukai oleh bayi dan dengan perlahan menstimulasi indera perabanya.

2. Jarang Tummy Time

Penyebab bayi tidak suka tummy time yang selanjutnya adalah karena jarang tummy time. Bayi yang jarang diajak untuk melakukan tummy time secara berkala tidak terbiasa dengan proses tummy time.

Tummy time bisa diawali dengan skin to skin dengan orang tua dan juga digendong posisi upright.

Hindari menggendong posisi tiduran secara terus menerus karena tidak melatih kekuatan otot leher bayi, sehingga bayi merasa tidak kuat dan tidak nyaman dengan kegiatan ini.

3. Bayi Lapar

Tak hanya orang dewasa yang murah marah ketika sedang lapar, penyebab bayi tidak suka tummy time yang selanjutnya adalah karena ia lapar. Ketika melakukan tummy time, pastikan bayi dalam kondisi prima dan tidak dalam keadaan rewel.

Bayi yang tengah lapar atau kekenyangan bisa menolak tummy time karena kebutuhannya tidak terpenuhi ketika lapar dan ketika kekenyangan ia bisa saja muntah.

Lakukan merangkak di jam ia sedang bersantai, misalnya sebelum waktu tidur atau waktu ia bermain di pagi hari.

4. Pertama Kali

Penyebab bayi tidak suka tummy time yang selanjutnya adalah karena ini adalah pertama kalinya ia tummy time. Segala sesuatu yang dilakukan pertama kali bisa membuat bayi tidak nyaman.

Moms harus ekstra sabar ketika mengenalkan sesuatu pada bayi saat kali pertamanya dan jangan berekspektasi tinggi bahwa bayi Moms akan suka dan pasti bisa.

Kenalkan proses tummy time secara perlahan dan bertahap, jangan langsung memaksa dalam durasi yang lama.

Jangan berkecil hati jika bayi Moms tidak menunjukkan suka tummy time, pelan-pelan saja nanti anak akan terbiasa. Namun jika dirasa bayi Moms mengalami gangguan perkembangan, Moms bisa berkonsultasi dengan ahlinya, ya.

Source: orami.co.id

Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona

 

Artikel Lainnya

Dalam Childhood Allergies, DR.Dawn Lim, dokter anak yang fokus di bidang alergi, menjelaskan bahwa anak-anak yang mengalami eksim akan merasakan gatal-gatal, ruam merah yang muncul dan ...

Ketika bayi berusia sekitar enam bulan, tingkat antibodi yang diturunkan dari Moms mulai turun, yang mengubah sistem kekebalan mereka. Seiring dengan kecenderungan untuk memasukkan s...

Mom termasuk orang yang senang mengonsumsi teh setiap hari bahkan ketika hamil? Bila mom menanyakan keamanannya, jawabannya ya, namun ada resiko ibu hamil minum teh berlebihan yang perlu di waspadai. ...

Mengguncang atau mengayun bayi dengan cara yang tidak benar dapat berbahaya bagi keselamatan bayi. Disengaja atau tidak, guncangan yang terlalu keras saat mengayun bayi  dapat menyebabkan kerusak...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................