Mengenal Istilah Anyang-Anyangan Pada Wanita

Kamis, 01 Februari 2024 | 13:59 WIB Penulis :


Anyang-anyangan adalah kondisi di mana buang air kecil terasa sakit atau tidak nyaman. Kondisi ini juga dikenal bernama disuria dalam terminologi medis, dan kondisi ini sering kali berkaitan dengan gangguan pada saluran kemih.

 

Meskipun bukan penyakit, anyang-anyangan  merupakan indikator dari beberapa masalah kesehatan, seperti infeksi kandung kemih atau peradangan prostat. Untuk memahami lebih lanjut tentang anyang-anyangan dan penyebabnya, berikut adalah penjelasannya.

 

Apa itu Anyang-anyangan?
 

Anyang-anyangan atau dikenal juga dengan disuria adalah kondisi ketika timbul rasa ingin buang air kecil terus-menerus disertai rasa terbakar atau nyeri saat buang air kecil. Kondisi ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari penggunaan produk organ intim yang tidak tepat hingga sejumlah kondisi medis tertentu.

 

Penyebab Anyang-anyangan
 

Gejala anyang-anyangan atau disuria sering kali disalah artikan sebagai infeksi saluran kemih. Sebenarnya, kondisi ini merupakan salah satu tanda ISK. Dengan kata lain, disuria bukanlah suatu penyakit, melainkan salah satu gejala. Beberapa kondisi medis lain yang dapat menyebabkan disuria atau anyang-anyangan adalah sebagai berikut:

 

1. Infeksi Saluran Kemih
 

Infeksi saluran kemih adalah salah satu penyebab paling umum dari disuria. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri pada saluran kemih. Bakteri dapat berasal dari lubang anus yang masuk ke saluran kemih akibat proses pembersihan yang salah. Selain itu, bakteri juga dapat berkembang akibat sering menunda buang air kecil. Infeksi tersebut kemudian menyebabkan radang pada saluran kemih dengan gejala berupa nyeri saat buang air kecil.

 

2. Batu Ginjal
 

Disuria juga bisa menjadi salah satu tanda seseorang mengalami batu ginjal. Batu ginjal berasal dari endapan mineral dan garam yang mengeras. Batu ini terkadang berada pada area yang sama dengan mengalirnya urine ke kandung kemih sehingga menimbulkan disuria.

 

3. Kista Ovarium
 

Kista pada salah satu atau kedua sisi ovarium berpotensi menekan kandung kemih, sehingga penderitanya mengalami disuria. Selain disuria, beberapa gejala kista ovarium lainnya adalah nyeri pada perut bagian bawah, mengalami masalah pencernaan, dan perubahan pada siklus menstruasi.

 

4. Infeksi Prostat
 

Penyebaran infeksi bakteri atau peradangan dapat menyebabkan terjadinya infeksi prostat atau prostatitis pada pria. Kondisi ini sering kali menimbulkan gejala anyang-anyangan disertai kesulitan ejakulasi dan nyeri pada kandung kemih, testis, serta penis.

 

5. Infeksi Menular Seksual (IMS)
 

Selain ISK, infeksi menular seksual juga bisa menjadi penyebab anyang-anyangan. Pasalnya, beberapa penyakit IMS, seperti klamidia, gonore, dan herpes dapat memengaruhi saluran kemih. Selain disuria, penderita IMS biasanya akan mengalami gatal dan sensasi terbakar pada kemaluan, keputihan abnormal, atau luka/lepuhan di kulit.

 

6. Cystitis
 

Cystitis atau sindrom nyeri kandung kemih adalah kondisi yang menimbulkan iritasi pada kandung kemih. Selain nyeri saat buang air kecil, gejala lain dari cystitis adalah urine berwarna keruh dan berbau menyengat.

 

 

Source : https://www.siloamhospitals.com/

Artikel Lainnya

Pola asuh orangtua bisa mencerminkan bagaimana masa depan anak. Itulah kenapa, banyak orangtua yang akan mencoba memberikan yang terbaik, sekalipun itu tidak mudah. Salah satu pengasuhan yang populer ...

Seorang Bunda mengeluh mengalami alergi makanan sejak hamil anak pertamanya. Mulanya sakit perut setelah makan telur, padahal tidak pernah alergi telur sebelumnya. Lalu, saat makan kacang tanah dan al...

Ketahui penyebab tangisan dan tetap tenang saat mengatasinya Bayi dapat menangis karena beberapa hal, seperti merasa bosan, lapar, atau tidak nyaman. Dengan mengetahui penyebab bayi menangis yan...

Tak selalu berjalan mulus, seringkali proses kehamilan harus dilalui dengan beberapa kondisi yang menimbulkan risiko tinggi, termasuk perdarahan. Salah satu kondisi risiko tinggi tersebut yakni plasen...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................